Maya Vorderstrasse Ungkap Perasaaan Hamil Anak Ketiga

Pernah mengalami hal serupa nggak, Ma?

5 Agustus 2019

Maya Vorderstrasse Ungkap Perasaaan Hamil Anak Ketiga
Instagram/mayavorderstrasse

Maya Vorderstrasse, seorang blogger yang namanya terkenal karena selalu menceritakan parenting ini pasti sudah tidak asing lagi ya, Ma?

Seringkali membagikan foto lucu hingga konyol selama masa kehamilan, merawat kedua anaknya, hingga mengabadikan perjuangan saat memberikan ASI, Maya selalu dibanjiri pujian warganet akan ceritanya yang banyak menginspirasi orangtua diluar sana.

Seperti yang diungkapkan Tim, suami Maya beberapa minggu lalu mengenai kehamilan anak ketiga mereka. Kali ini Maya juga mengungkap perasaan yang tidak stabil selama trimester pertama kehamilannya tersebut.

Maya mengalami perasaan yang tidak stabil tentu juga sering dirasakan oleh kebanyakan ibu hamil trimester pertama. Seperti apa ya? Berikut Popmama.com telah merangkumnya.

1. Sama seperti Mama, Maya juga alami berbagai nyeri saat hamil muda

1. Sama seperti Mama, Maya juga alami berbagai nyeri saat hamil muda
Freepik/vgstockstudio

Saat masa kehamilan trimester pertama, ibu hamil seringkali mengeluhkan perasaan sakit yang dirasakan mulai dari sakit perut, nyeri punggung, hingga rasa mual yang dialami.

Jika mual adalah perasaan normal yang seringkali terjadi pada kehamilan trimester pertama, sama halnya dengan nyeri punggung yang ibu hamil rasakan dimasa tersebut.

Rasa sakit yang dirasa pada punggung biasanya akan disertai dengan pegal-pegal pada bagian leher dan kaki yang mulai terlihat membengkak. Mama pernah merasakan hal serupa?

Untuk mengatasi kondisi seperti itu, yang diperlukan adalah istirahat yang lebih dan melakukan berendam air hangat untuk mengurangi rasa pegal yang dirasakan. Tetapi, hindari melakukan pijatan, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter dan ahli pijat khusus ibu hamil.

Kondisi seperti ini umumnya akan hilang dengan sendirinya, tetapi tidak sedikit juga yang mengeluhkannya hingga usia kehamilan trimester akhir. Mungkin dengan bantuan olahraga khusus ibu hamil akan membantu meringankan kondisi sakit yang Mama rasakan.

2. Lelah dan mood swing

2. Lelah mood swing
Instagram/mayavorderstrasse

Perasaan lelah dan kondisi mood yang mudah berubah juga menjadi hal wajar saat masa kehamilan trimester pertama. Biasanya mood swing disebabkan karena adanya perubahan hormon yang membuat perasaan akan mudah berubah setiap saat.

Jika sudah merasa seperti itu, kadang berefek membuat ibu hamil akan malas melakukan aktivitas apapun setiap harinya. Sama halnya seperti yang Maya rasakan pada masa kehamilan trimester pertama anak ketiganya.

Harus merawat dan mengurus kedua anaknya serta mengurus keperluan rumah tentu membuat Maya merasa lelah dan mudah mengalami perubahan mood yang tak menentu.

I don’t care about wrappers on the floor. I don’t care that I’ve reached the uncomfortable underwear in the pile because everything else is dirty.

Pernah mengalami hal sama seperti Maya? Tidak memperdulikan bagaimana kacaunya suasana rumah, jika ibu hamil merasakan hal seperti itu, yang bisa ia lakukan hanyalah berbaring dan bermalas-malasan ditempat tidur. 

Jika Mama mengalami hal serupa, coba ceritakan kepada orang terdekat. Seperti suami Maya yang selalu mengatakan dirinya melakukan kerja bagus meskipun yang sebenarnya ia lakukan hanya bernafas dan bermalas-malasan.

Dengan menceritakan apa yang sedang dialami, itu bisa membuat perasaan nyaman selama masa kehamilan lho, Ma.

Editors' Picks

3. Tetap merasa bahagia

3. Tetap merasa bahagia
Instagram/timvmusik

Mengalami hormon kehamilan yang mudah berubah pada ibu hamil ternyata bisa diatasi nih, Ma.

Coba bayangkan sesuatu yang membuat perasaan senang selama hamil dengan cara yang mudah yaitu tertawa.

Walaupun sederhana, dengan tertawa dapat membantu memeprbaiki suasana hati yang mudah berubah, dapat mengurangi gejala depresi selama masa kehamilan, dan menjaga kekebalan tubuh menjadi lebih sehat.

Meskipun perasaan sakit dan lelah sering dirasakan ibu hamil, dengan membayangkan ada janin yang sedang dikandung akan membuat masa kehamilan menjadi lebih menyenangkan.

Pregnancy is so beautiful and painful and exhausting and the smallest price to pay to be able to hold the missing puzzle piece of our family. 

Meskipun menyakitkan, masa kehamilan tentu menjadi anugerah terindah yang ditunggu para orangtua. Terlebih ketika menjelang masa persalinan, perasaan bahagia akan bertemu sang buah hati menjadi luar biasa meningkat, bukan?

Agar bisa lebih berpikir positif dan memperkuat sistem kekebalan tubuh selama hamil, Mama juga bisa melakukan senam hamil yang ternyata baik dilakukan selama masa kehamilan. Berikut manfaat yang didapat dari senam hamil yang Mama lakukan.

Senam Ibu Hamil Dapat Meredakan Berbagai Masalah

Senam Ibu Hamil Dapat Meredakan Berbagai Masalah
Freepik/yanalya

Masa kehamilan muda bukan berarti Mama harus berhenti melakukan olahraga. Dengan olahraga selama masa kehamilan ternyata dapat membawa manfaat yang baik untuk tubuh Mama dan janin yang dikandung.

Ada pilihan yang bisa Mama lakukan yaitu senam hamil dirumah yang bisa dilakukan kapan saja dan lebih bebas, atau bisa mengikuti kelas senam hamil yang saat ini sudah banyak tersedia.

Jika memutuskan senam hamil dirumah, pastikan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai gerakan apa saja yang boleh atau tidak boleh dilakukan. Namun, jika melakukan senam hamil di kelas hamil, tentu akan lebih mendapatkan kebugaran dan panduan yang tepat dari ahlinya.

Selain menambah kesehatan dan kebugaran ibu hamil dan janinnya, dengan melakukan senam hamil ternyata dapat membantu melenturkan dan menguatkan otot-otot yang akan mempermudah proses saat persalinan nanti. 

Dengan senam hamil, ada banyak manfaat lain yang diperoleh ibu hamil jika dilakukan secara teratur, diantaranya:

  • Meredakan nyeri dan sakit yang dirasakan di masa kehamilan.
  • Mengencangkan otot.
  • Memperkuat jantung dan paru.
  • Membuat tidur lebih nyenyak.
  • Membantu menghindari pertambahan berat badan berlebihan.
  • Meringankan nyeri akibat pertambahan beban pada tulang belakang.
  • Memperkuat sendi.

Sering merasa lelah dan sakit saat masa kehamilan masih muda, mungkin dengan melakukan senam hamil bisa membuat Mama berpikir lebih positif dan akan lebih siap menghadapi persalinan nanti. Semoga Mama dan kandungan sehat selalu ya.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;