Sering Terjadi, Ini Cara Menghentikan Flek saat Hamil Muda

Sering bikin panik, flek saat hamil muda juga bisa dihentikan segera, Ma

13 Juni 2021

Sering Terjadi, Ini Cara Menghentikan Flek saat Hamil Muda
Freepik

Setelah menikah, banyak pasangan yang ingin segera diberikan momongan. Melihat hasil tes kehamilan yang menandakan positif tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi setiap pasangan.

Namun kebahagiaan akan hasil tersebut bisa langsung berubah menjadi kesedihan sekaligus kepanikan ketika tiba-tiba sang calon Mama alami flek atau bercak darah yang menempel di celana dalam.

Meski selalu membuat panik, namun nyatanya flek saat hamil ini memang umum dialami pada calon Mama dengan usia kandungan sampai 12 minggu pertama, Ma.

Walaupun flek saat hamil muda sering dialami oleh ibu hamil, namun bukan berarti ini bisa disepelekan begitu saja ya, Ma. Ada baiknya Mama segera memeriksakan hal ini pada dokter guna mengetahui apakah terdapat kondisi yang membahayakan atau tidak.

Lantas bisakah flek saat hamil muda dihentikan? Untuk mengetahui jawabannya, yuk, simak informasi yang sudah Popmama.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini.

1. Penyebab terjadinya flek saat hamil muda

1. Penyebab terjadi flek saat hamil muda
Freepik/Jcomp

Flek atau perdarahan saat hamil memang sering kali terjadi pada seorang Mama yang baru memasuki trimester pertama atau trimester akhir.

Kondisi flek di awal kehamilan disebut sebagai keadaan yang normal dan umum terjadi, Ma. Meski begitu, ada pula penyebab yang menimbulkan flek saat hamil muda. 

Dilansir dari American College of Obstetricians and Gynecologists, flek yang terjadi pada usia kandungan awal sering terjadi pada sekitar 15-25 persen ibu hamil.

Adanya flek ini umumnya terjadi 1-2 minggu setelah pembuahan, di mana saat sel telur dibuahi dan ditanamkan pada lapisan rahim. Terjadi flek juga mungkin terjadi karena adanya perubahan pembuluh darah yang semakin berkembang selama kehamilan.

Adapun penyebab flek saat hamil muda atau pada trimester pertama ialah sebagai berikut:

  • Perubahan hormon,
  • tanda adanya infeksi,
  • setelah berhubungan seks,
  • perubahan serviks, ketika leher rahim terbuka ke rahim yang berada di atas vagina,
  • implantasi, ketika sel telur yang dibuahimenempel pada lapisan rahim dan mulai tumbuh.

Editors' Picks

2. Cara menghentikan flek saat hamil muda

2. Cara menghentikan flek saat hamil muda
Pexels/ketut-subiyanto

Bagi Mama yang alami flek di usia kehamilan yang masih muda, American Pregnancay menyarankan cara menghentikan flek saat hamil muda kepada seluruh Mama untuk menjalani kehamilan yang sehat sebagai berikut:

  • Bed rest atau perbanyak istirahat baik di siang maupun malam hari
  • Mengistirahatkan kaki, usahakan jangan terlalu banyak jalan maupun berdiri
  • Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan banyak minum air putih
  • Kurangi kegiatan yang membuat fisik mama lebih mudah lelah
  • Bisa meletakan kaki sesekali ke atas atau pada bagian yang lebih tinggi
  • Hindari mengangkat barang-barang yang berat

3. Kenali flek di trimester pertama sebagai tanda masalah yang serius

3. Kenali flek trimester pertama sebagai tanda masalah serius
Freepik/freepic.diller

Sebagaimana disebutkan, flek di usia hamil muda memang umum terjadi, namun kondisi seperti ini juga bisa menjadi tanda masalah serius jika dibiarkan, Ma. Adapun masalah yang akan dihadapi antara lain:

  • Keguguran. Hampir semua ibu hamil yang alami keguguran di trimester pertama akan mengalami perdarahan atau flek terlebih dahulu. Sehingga perlu lebih diperhatikan dan diperiksa oleh dokter sebagai penanganan awal
  • Kehamilan ektopik, di mana akan terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi berada di luar rahim dan mulai tumbuh. Kondisi ini bisa menjadi permasalahan serius dan membahayakan ibu hamil, sehingga perlu memeriksakannya kepada dokter kandungan
  • Kehamilan molar. Meski menjadi kondisi yang jarang terjadi, namun kehamilan molar perlu diwaspadai karena kondisi ini terjadi ketika massa jaringan terbentuk di dalam rahim

4. Kapan harus mengunjungi dokter ketika mengalami flek?

4. Kapan harus mengunjungi dokter ketika mengalami flek
Freepik/serhii_bobyk

Saat alami flek berkepanjangan pada trimester pertama, sebaiknya Mama segera memeriksakan kondisi ini pada dokter kandungan terdekat atau penyedia layanan kesehatan lainnya.

Selain itu, Mama juga perlu mengunjungi dokter ketika alami flek yang diiringi adanya jaringan keluar dari vagina atau mengalami perdarahan vagina yang disertai dengan sakit perut, alami kram, hingga demam atau menggigil.

Itulah informasi cara menghentikan flek saat hamil muda. Sekali lagi, meski sering terjadi pada ibu hamil di trimester pertama, tetapi sebaiknya segera periksakan kondisi ini guna menghindari masalah yang lebih serius pada kehamilan mama.

Semoga informasinya bermanfaat, serta Mama dan calon bayi yang dikandung selalu diberi kesehatan hingga persalinan nanti ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.