Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Artis yang Keguguran di Tahun 2022, Ada Dinda Hauw

Sebagian besar disebabkan karena janin tidak berkembang

9 Desember 2022

5 Artis Keguguran Tahun 2022, Ada Dinda Hauw
Instagram.com/dindahw

Keguguran adalah pengalaman pahit bagi kebanyakan ibu hamil, terlebih jika momen kehamilan ini sudah sangat dinanti-nanti. Keguguran bisa dialami oleh setiap ibu hamil.

Sepuluh hingga dua puluh lima persen kehamilan yang dikonfirmasi secara klinis dapat mengalami keguguran, menurut situs web American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG). Planned Parenthood memperkirakan bahwa satu hingga dua kehamilan dari setiap sepuluh mengakibatkan keguguran.

Beberapa artis tanah air juga pernah membagikan pengalaman keguguran mereka. Berikut Popmama.com daftar artis yang keguguran di tahun 2022.

1. Dinda Hauw

1. Dinda Hauw
Instagram.com/dindahw

Dinda Hauw mengalami keguguran saat mengandung anak kembar dari pernikahannya bersama Rey Mbayang. Dinda membagikan kabar suka tersebut melalui postingan di Instagram pribadi.

Foto yang diunggah menampilkan hasil USG Dinda. Artis yang memiliki nama asli Nyimas Khodijah Nasthiti Adinda juga menceritakan awal kehamilannya hingga keguguran pada unggahan tersebut.

Dinda mengungkapkan kebahagiannya usai melihat hasil USG saat pertama kali mengetahui hamil anak kembar. Namun, kemudian ia mengetahui bahwa satu dari dua kantung janinnya tidak berkembang atau kosong.

Satu minggu setelahnya, Dinda mengaku merasa sakit perut dan mengalami pendarahan. Setelah berkonsultasi, dokter menyatakan bahwa  jantung janin di dalam kandungan Dinda sudah tidak berdetak.

Editors' Picks

2. Asmirandah

2. Asmirandah
Instagram.com/jonas.rivanno

Asmirandah juga mengalami keguguran saat hamil anak kedua. Melalui postingan Instagram, sang suami, Jonas Rivanno, merinci kronologi keguguran yang dialami istrinya yang sedang hamil tujuh minggu. 

Jonas mengatakan bahwa ia dan keluarganya sempat mengalami Covid-19. Kala itu, usia kandungan Asmirandah sudah memasuki usia 7 minggu.

"Tapi, di minggu ke-7 kehamilan istriku... Kami sekeluarga terserang Covid-19 itu yang menurutku agak nggak enak. Karena sekeluarga akhirnya harus isoman di rumah," ungkapnya.

Akhirnya, Asmirandah baru bisa melakukan pemeriksaan kembali ketika kehamilannya menginjak usia 11 minggu. 

Saat melakukan pemeriksaan, dokter mengatakan kalau kandungan Asmirandah sudah tidak mengalami perkembangan sejak usia 9 minggu. Jantung janinnya pun sudah tidak berdetak.

3. Annisa Pohan

3. Annisa Pohan
Instagram.com/annisayudhoyono

Annisa Pohan, istri Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, juga mengalami keguguran di tahun 2022.

Annisa menyampaikan berita duka ini ketika usia kandungan Annisa memasuki pekan ke-7 melalui akun Instagram pribadinya. Ibu satu anak itu mengunggah foto yang menampilkan hasil USG.

Annisa menyebutkan bahwa kondisi janinnya tidak berkembang dan detak jantungnya tidak berdetak sehingga janinnya tidak dapat dipertahankan.

"Namun Qadarullah, mungkin Allah punya rencana lain yang lebih baik. Kehamilan saya dinyatakan tidak berkembang di usia 7 minggu, ukuran babynya terlalu kecil dan tidak ada detak jantungnya, sehingga tidak dapat dipertahankan," tulis Annisa pada caption unggahan di Instagram pribadi.

4. Widi Mulia

4. Widi Mulia
Instagram.com/widimulia

Widi Mulia mengumumkan kabar dukanya melalui unggahan di akun Instagram pribadinya pada 25 Juli lalu. Widi mengaku usia kehamilannya sudah 10 minggu. 

"Setelah pemeriksaan USG terakhir di tgl 17 Juli, kami sekeluarga harus mengikhlaskan janin calon adik Dru, Widuri, dan Den Bagus yang berhenti berdenyut di umur kehamilan 10 minggu," tulis Widi Mulia dalam unggahannya.

Dalam unggahan tersebut, Widi Mulia juga mengungkapkan rasa terima kasih yang tulus dan mendalam atas doa semua orang untuk janin yang akan Widi beri nama Dinanti itu. Widi mengaku sudah ikhlas dan bersyukur atas kehadiran sang janji di dalam kandungannya.

"Sampai jumpa di kehidupan berikutnya: Dinanti, anak ibu bapak yang belum sempat kami jumpai rupanya. Terima kasih untuk sebulan kehadiranmu dalam rahim ibu yang sudah memberi semangat dan kebahagiaan yang berlimpah. Sampai bertemu di keabadian ya nak. Al-Fatihah," tulisnya.

5. Annisa Trihapsari

5. Annisa Trihapsari
Instagram.com/hapsariannisa29

Terakhir, artis yang keguguran di tahun 2022 adalah Annisa Trihapsari. Artis senior yang juga merupakan istri dari Sultan Djorghi ini mengalami keguguran di kehamilan anak keempatnya.

Annisa menjelaskan keguguran yang dialami terjadi saat usia kandungannya memasuki satu bulan. Meski ada perasaan kehilangan, Annisa tetap bersyukur dan mengambil hikmah dari kejadian tersebut. Annisa Trihapsari diketahui hamil di usia 46 tahun.

Nah itu dia 5 artis yang keguguran di tahun 2022. Kepergian buah hati memang jadi pukulan berat bagi orangtua. Namun percayalah pasti ada hikmah di balik semuanya. Tetap semangat, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk