Bahaya Terlalu Banyak Makan Es Krim Saat Hamil

Tergoda es krim saat hamil, jangan kebanyakan ya!

14 Agustus 2019

Bahaya Terlalu Banyak Makan Es Krim Saat Hamil
Paxels/Lukas

Saat hamil, mengidam menjadi salah satu hal yang wajar dirasakan oleh ibu hamil muda.

Namun saat mengidam, penting untuk memikirkan nutrisi yang cukup untuk ibu hamil. Ibu hamil sering mengalami mengidam makanan manis, seperti permen, cokelat, dan es krim.

Es krim adalah makanan beku yang dimaniskan, biasanya terbuat dari produk susu dengan buah atau rasa. Es krim menawarkan kelezatan yang dicintai saat dinikmati oleh kebanyakan orang.

Tetapi pertanyaan yang umum adalah bisakah ibu hamil makan es krim? Jawabannya iya. Ibu hamil dapat mengonsumsi es krim, dengan perawatan dasar dan perhatian pada faktor-faktor kebersihan, riwayat alergi, dan masalah medis seperti batuk, pilek, diabetes serta obesitas.
 

Manfaat Nutrisi dari Es Krim

Manfaat Nutrisi dari Es Krim
Paxels/Oleksandr Pidvalnyi

Pada es krim terdapat beberapa nutrisi esensial yang halus seperti kalsium, vitamin dan mineral. 

100 gram es krim vanilla mengandung 47% lemak, 70% di antaranya adalah lemak jenuh atau tidak diinginkan, hampir 42% karbohidrat dan sekitar 6-7% protein sebagai konstituen utamanya.

Dari segi kalori, sendok 100 g tipikal menghasilkan 207 kalori. Akhir-akhir ini, es krim memiliki versi yang lebih sehat, dengan 'es krim ringan' yang bebas lemak dan bebas yogurt tersedia.

Selain itu, es krim juga menyediakan vitamin seperti Vitamin A dan Vitamin B12 dalam jumlah sedang.

Tubuh mendapatkan 20% RDA fosfor dan 17% kalsium esensial dari sendok 100 gram, ini cukup penting untuk kesehatan tulang, persendian, jaringan muskuloskeletal lainnya, dan berfungsinya jantung dengan baik.

Berapa Banyak Es Krim yang Dapat Dinikmati Ibu Hamil dalam Sehari?

Berapa Banyak Es Krim Dapat Dinikmati Ibu Hamil dalam Sehari
Freepik/tirachardz

Jawabannya, jangan terlalu banyak ya. Sebaiknya konsumsi kurang dari 50 gram sehari.

Es krim tinggi lemak dan menurunkan suhu tubuh. Mengonsumsi es krim terlalu banyak dapat menghambat metabolisme tubuh dan mengganggu sistem pencernaan.

Es krim rasa yang populer hari ini, seperti kopi dan teh hijau mengandung kafein. Kadar kafein hampir dapat diabaikan, tetapi kamu harus menahan diri untuk tidak mengonsumsi terlalu banyak saat hamil.

Editors' Picks

Risiko Makan Es Krim saat Hamil

Risiko Makan Es Krim saat Hamil
Pexels/Adrienn

Jika terlalu banyak mengonsumsi es krim, ibu hamil dapat mengalami beberapa permasalahan, seperti:

1. Infeksi
Kamu dapat terkena infeksi tertentu dari es krim, seperti listeria, karena bakteri ini dapat hidup pada suhu yang sangat rendah. Infeksi bisa ditimbulkan dari bakteri pada mesin pembuat es krim dan susu juga dapat menimbulkan risiko.

Infeksi sangat mengganggu selama kehamilan karena dapat memengaruhi pertumbuhan plasenta, cairan ketuban, dan menyebabkan infeksi bawaan sejak lahir pada bayi. Infeksi akibat bakteri ini dapat menyebabkan kelahiran prematur, lahir mati, dan keguguran.

2. Penambahan berat badan
Kandungan kalori tinggi dapat menyebabkan penambahan berat badan berlebih, yang pada bisa menyebabkan komplikasi dalam pengiriman.

3. Risiko diabetes kehamilan
Es krim mengandung jumlah gula yang tinggi, yang dapat membuat tubuh rentan terhadap toleransi glukosa dibatas wajar.

4. Sinusitis dan infeksi pernapasan pada ibu hamil
Selama kehamilan, sistem kekebalan tubuh ibu akan mudah terpengaruh. Terlalu banyak mengonsumsi es krim dapat meningkatkan risiko masalah sinus dan pernapasan. 
 

Tips Menikmati Es Krim untuk Ibu Hamil

Tips Menikmati Es Krim Ibu Hamil
Freepik

Es krim yang terbuat dari susu pasteurisasi benar-benar aman dan dapat dinikmati ibu hamil.

Disarankan untuk membeli es krim tersebut dari merek-merek terkenal dan dari toko-toko terkenal yang memastikan kebersihan dan mengikuti tanggal kadaluwarsa.

Hindari makan es krim dari warung dan pameran karena kebersihan dan sanitasi di tempat-tempat perlu dipertanyakan.

Ingatlah bahwa bakteri dapat tumbuh bahkan dalam es krim yang disimpan dalam freezer.

Ibu Hamil yang sadar kesehatan dapat memilih produk es krim 'rendah lemak' atau 'ringan' yang tersedia saat ini, misalnya, yogurt beku.
 

Mitos Mengenai Es Krim Saat Hamil

Mitos Mengenai Es Krim Saat Hamil
Pexels/Vincenzo Giove

Selain manfaat dan risiko es krim dalam kehamilan, terdapat mitos tertentu yang terkait dengannya, misalnya, es krim dingin dapat memengaruhi otak bayi.

Tidak ada data atau studi ilmiah yang tersedia untuk membuktikan fakta ini. Pilek tidak dapat memengaruhi janin kecuali pola makan dan gaya hidup Mama yang biasanya disebabkan oleh cuaca dan makanan dingin.

Untuk ibu hamil, diet sehat yang terdiri dari makanan bergizi tentu memungkinkan konsumsi es krim sesekali.

Penting untuk mematuhi tindakan pencegahan seperti kebersihan, jumlah yang dikonsumsi, dan lakukan konsultasi pada dokter kandungan tentang berapa banyak es krim yang bisa dikonsumsi.

Makan es krim bisa menghilangkan tekanan atau stres saat hamil. Nikmati saja, tetapi awasi jumlahnya.

Baca juga:

Topic:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;