TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Artis yang Pernah Keguguran saat Hamil Muda, Ada yang Sampai Trauma

Ada yang keguguran karena kelelahan sampai kelainan kromosom janin

6 September 2022

10 Artis Pernah Keguguran saat Hamil Muda, Ada Sampai Trauma
Instagram.com/dindahw & Instagram.com/vickyprasetyo777

Keguguran menjadi kata yang menakutkan ketika pasangan akhirnya mendapatkan kehamilan. Apalagi jika kehamilan tersebut merupakan sebuah penantian panjang sebelumnya.

Namun, kita sebagai manusia juga tak bisa melawan takdir. Karena sebaik apapun direncanakan, kadang takdir Tuhan memang tak bisa ditebak sama sekali.

Ada banyak faktor yang menyebabkan keguguran terjadi pada ibu hamil. Mulai dari stres dan kelelahan, kelainan hormon hingga faktor kromosom. Untuk pulih setelah mengalami keguguran pun tidak mudah karena faktor fisik dan mental yang kadang masih down.

Meski begitu, deretan artis ini bisa melewati masa-masa itu dengan baik. Meskipun ada artis yang mengaku sempat mengalami trauma saat awal-awal setelah keguguran.

Berikut Popmama.com rangkum deretan artis pernah keguguran saat hamil muda.

1. Paula Verhoeven

1. Paula Verhoeven
Instagram.com/paula_verhoeven

Istri dari Baim Wong, Paula Verhoeven sebelum akhirnya punya dua anak ternyata pernah mengalami keguguran. Sebelum Kiano lahir, Paula sempat hamil dengan usia kandungan 1,5 bulan tetapi keguguran. 

Baim Wong mengaku saat itu kalau sang Istri keguguran karena aktivitas yang padat. Saat itu, Baim dan Paula honeymoon dengan berkeliling ke beberapa negara menggunakan pesawat terbang.

Cerita keguguran Paula Verhoeven ini diceritakan Baim dan istrinya pada beberapa wawancara. Namun, tak butuh waktu lama keduanya langsung diberi kepercayaan anak pertama, yaitu Kiano Tiger Wong.

2. Bella Shofie

2. Bella Shofie
Instagram.com/bellashofie_rigan

Aktris Bella Shofie juga pernah keguguran saat hamil muda. Saat itu baru dua minggu pasca dirinya mengumumkan berita bahagia itu ke publik. Namun, takdir berkata lain karena Bella dan suaminya harus kehilangan anak mereka.

Saat itu detak jantung anak mereka sudah tidak terdeteksi lagi di trimester pertama. Bella sempat larut dalam kesedihan saat itu karena kehilangan sang Jabang bayi.

Hingga akhirnya Bella dan suami memutuskan untuk program bayi tabung. Takdir bahagia Tuhan masih menghampiri pasangan ini yang akhirnya dikaruniai anak laki-laki bernama Danillo Prince Rigan.

3. Atiqah Hasiholan

3. Atiqah Hasiholan
Instagram.com/Atiqahhasiholan

Atiqah Hasiholan juga pernah mengalami keguguran pada tahun 2013 lalu. Istri dari Rio Dewanto kehilangan sang Janin dalam kandungan di usia 8 minggu.

Aktris tersebut mengaku sempat mengalami trauma karena keguguran anak pertamanya. Hingga akhirnya pada tahun 2017, ia mengumumkan ke publik tentang kehamilannya yang berjenis kelamin perempuan.

4. Aurel Hermansyah

4. Aurel Hermansyah
Instagram.com/aurelie.hermansyah

Aurel Hermansyah sempat heboh karena tak lama dari pernikahannya ia langsung hamil. Namun, kehamilan pertamanya itu tak berjalan mulus karena anak Anang Hermansyah itu harus mengalami keguguran.

Kandungan pertama Aurel tidak berkembang. Dokter pun memutuskan Aurel harus menjalani kuret di usia kehamilannya yang masih 7 mingguan. Namun, pasca kejadian keguguran itu Aurel kembali hamil dengan cepat.

Editors' Picks

5. Kalina Ocktaranny

5. Kalina Ocktaranny
Instagram.com/vickyprasetyo777

Kalina Ocktaranny sempat mengandung janin hasil buah cintanya dengan Vicky Prasetyo. Namun, kehamilan keduanya itu mengalami masalah sehingga Kalina pun harus mengalami keguguran pada Agustus 2021 yang lalu.

Dari keterangan Kalina, ia keguguran karena kelelahan beraktivitas. Saat itu usia kehamilan Kalina masih sekitar 5 mingguan. Vicky mengumumkan kondisi Kalina saat itu memang terbilang rentan, apalagi ia tak pernah hamil setelah kehadiran Azka.

6. Asmirandah

6. Asmirandah
Instagram.com/jonas.rivanno

Pasangan Jonas Rivanno dan Asmirandah pernah berduka karena kehilangan anak kedua mereka. Di Instagramnya, Jonas mengatakan Asmirandah sempat terinfeksi Covid-19 sebelum mengalami keguguran.

Saat itu, ia dan keluarga kecilnya menjalani isolamsi mandiri (isoman) sehingga tidak bisa melakukan pemeriksaan kandungan. Namun, setelah negatif dan memeriksa kandungan ke dokter pasangan ini harus merelakan kepergian sang Janin.

Tepat di usia kandungan 11 minggu Asmirandah harus kehilangan si Kecil dalam perutnya. Dokter menyatakan bahwa detak jantung bayinya diperkirakan sudah tidak ada sejak usia 9 minggu.

7. Tasya Farasya

7. Tasya Farasya
Instagram.com/tasyafarasya

Tasya Farasya juga menjadi artis pernah keguguran saat hamil muda. Ia membagikan kabar dukacita melalui unggahan Instagramnya saat tengah malam.

Istri dari Ahmad Assegaf ini tidak menyebutkan usia janin yang ia kandung. Namun, dari unggahan foto USG calon buah hatinya pada 29 April 2021, diketahui usia kehamilan Tasya saat itu menginjak 4 minggu.

8. Beby Prisillia

8. Beby Prisillia
Instagram.com/onadioleonardo_official

Istri dari aktor dan musisi Onadio Leonardo ini mengumumkan kehamilannya pada Agustus 2021. Belum sebulan mengumumkan kabar baik itu, Beby mengalami keguguran.

Beby mengatakan ia mengalami perdarahan selama 4 hari. Saat itu, alasan kegugurannya karena kandungan Beby tidak berkembang di dalam rahim. Selain itu, bentuk janin dan plasentanya tidak dalam keadaan normal.

9. Dinda Hauw

9. Dinda Hauw
Instagram.com/dindahw

Dinda Hauw juga menjadi artis pernah keguguran saat hamil muda. Ia dan suaminya, Rey Mbayang tak ingin membagikan kabar baik itu sampai usia kandungan janinnya 4 bulan.

Namun, sebelum itu ternyata keduanya harus menelan pil pahit karena keguguran anak mereka yang ternyata kembar. Dinda Hauw mengalami keguguran saat berada di trimester pertama kehamilan.

Dinda Hauw keguguran karena janinnya tidak berkembang. Biasanya ini disebabkan oleh kelainan kromosom yang diakibatkan oleh kesalahan yang terjadi secara kebetulan saat embrio membelah dan tumbuh, bukan masalah yang diwarisi dari orang tua.

    10. Annisa Trihapsari

    10. Annisa Trihapsari
    Instagram.com/djorghisultan

    Annisa Trihapsari juga pernah keguguran saat hamil muda. Keguguran yang dialami Annisa terjadi setelah momen Lebaran Idulfitri. Tepatnya saat kandungannya saat itu baru berusia sebulan. Annisa Trihapsari mengaku keguguran yang dialaminya kemungkinan besar terjadi karena dirinya terlalu lelah. 

    Itulah tadi rangkum deretan artis pernah keguguran saat hamil muda. Meski berat, mereka tetap tegar melewati masa-masa itu dan kembali meniti kehidupan lagi. Bahkan ada yang bisa langsung hamil lagi kok!

    Baca juga:

    Tanya Ahli

    Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

    Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

    Mama CerdAZ

    Ikon Mama CerdAZ

    Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

    Cari tahu yuk