Inilah Bahan Alami untuk Mengatasi Jerawat saat Hamil

Gunakan bahan alami untuk mengatasi jerawat saat hamil yuk Ma!

17 September 2019

Inilah Bahan Alami Mengatasi Jerawat saat Hamil
rd.com

Pada saat trimester pertama dan kedua, banyak perempuan hamil yang mengeluh wajahnya menjadi berjerawat.

Munculnya jerawat saat hamil merupakan pengaruh dari perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan, namun banyak Mama yang merasa kurang percaya diri dengan adanya jerawat yang muncul.

Saat tidak hamil, mungkin Mama bebas menggunakan berbagai macam obat jerawat, namun begitu hamil, penggunaan obat jerawat tidaklah bisa sembarangan.

Obat jerawat yang mengandung isotretinoin, retinoid, tretinoin, docycline, asam salisilat, memang sebaiknya dihindarkan karena bisa membahayakan kesehatan Mama dan janin dalam kandungan.

Mama harus mempertimbangkan bahan alami untuk mengatasi jerawat saat hamil agar jerawat teratasi dan keamanannya tetap terjaga.

Berikut beberapa bahan alami yang bisa Mama manfaatkan:

1. Madu bisa jadi obat jerawat terbaik

1. Madu bisa jadi obat jerawat terbaik
Pixabay/fancycrave1

Mama rupanya bisa menjadikan madu sebagai obat jerawat. Caranya cukup mudah kok Ma, Mama hanya perlu mengoleskan madu murni ke wajah yang berjerawat dan diamkan setidaknya selama 30 menit lalu bilas dengan air.

Madu dapat dijadikan sebagai obat jerawat karena bersifat anti-inflamasi sehingga mampu menyembuhkan jerawat yang meradang.

Baca juga: Wow! Ini dia 6 Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil Trimester Kedua

2. Tomat kaya vitamin untuk kulit

2. Tomat kaya vitamin kulit
Unsplash/ Prakasit Khuansuwan

Si buah masam ini rupanya dapat dijadikan bahan alami untuk mengatasi jerawat saat hamil Ma. kandungan vitam A, B, C, E dan likopen yang terdapat di tomat berbilang baik untuk kesehatan kulit.

Mama yang ingin mencoba mengatasi jerawat dengan tobat cukup menempelkan irisan tomat ke area kulit yang berjerawat dan diamkan salaam 30 menit hingga 1 jam. Setelahnya, bilas dengan air bersih.

Editors' Picks

3. Lemon bisa menjadi obat jerawat alami

3. Lemon bisa menjadi obat jerawat alami
Unsplash/ Abigail Lynn

Lemon memang menjadi salah satu bahan alami yang kerap terkandung pada produk kecantikan Ma. Mama yang ingin jerawatnya teratasi dengan baik saat hamil dapat memanfaatkan lemon sebagai “obat jerawat”.

Caranya celupkan kapas ke dalam perasan lemon segar dan oleskan pada area kulit yang berjerawat dan diamkan hingga kering.

Nah untuk Mama yang memiliki kulit sensitif, hindari penggunaan perasan lemon ke wajah secara langsung. Mama mungkin harus mencampurkan perasan lemon dengan air terlebih dahulu untuk mencegah terjadinya iritasi kulit.

Baca juga: Menyegarkan! Ini Dia Manfaat Air Lemon Bagi Kehamilan

4. Baking soda bersifat antiradang

4. Baking soda bersifat antiradang
FreepiK/Prostooleh

Mama yang suka membuat kue tentu memiliki stok baking soda di dapur bukan? Nah, tak hanya untuk membuat kue saja Ma, baking soda juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat.

Karena bersifat antibakteri dan antiradang, baking soda mampu menyerap minyak di kulit dan mampu mempercepat proses penyembuhan jerawat.

Cara memanfaatkan baking soda sebagai obat jerawat cukup mudah Ma. Campurkan satu sendok makan baking soda dnegan satu sendok makan air dan aduk hingga tercampur sempurna. Lalu, oleskan ke area yang berjerawat, tunggu hingga kering dan bilas dengan air bersih.

Mama disarankan untuk melakukannya sebanyak 2-3 kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Minyak kelapa murni buat wajah lebih lembap dan bebas jerawat

5. Minyak kelapa murni buat wajah lebih lembap bebas jerawat
moneycontrol.com

Karena memiliki zat antijamur dan antibakteri, minyak kelapa murni bisa menjadi salah satu bahan alami untuk mengatasi jerawat saat hamil.

Mama bisa mengoleskan minyak kelapa murni pada area wajah yang telah dibersihkan dan diamkan semalaman.

Khasiat dari minyak kelapa murni lain yang juga bisa Mama dapat adalah kulit menjadi lebih lembap dan halus.

6. Timun bisa mengatasi jerawat

6. Timun bisa mengatasi jerawat
Freepik

Masker alami yang terbuat dari campuran timun dan oatmeal juga dapat mengatasi jerawat saat hamil Ma.

Caranya cukup masukan potongan timun dan oatmeal secukupnya ke dalam blender dan haluskan. Setelah membentuk pasta, aplikasikan ke wajah berjerawat selama 10 hingga 15 menit atau hingga kering.

Dengan rutin menggunakan masker ini, jerawat akan teratasi dan semakin mengecil. Nah Ma, sekarang Mama sudah mendapatkan enam bahan alami untuk mengurangi jerawat pada masa kehamilan. Cara yang dianjurkan untuk mengaplikasikannya pada wajah juga mudah, kan?

Baca juga:

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.