7 Sayuran yang Baik Dikonsumsi saat Hamil Muda

Jangan sepelekan mafaat konsumsi sayuran saat hamil ya Ma!

3 Agustus 2020

7 Sayuran Baik Dikonsumsi saat Hamil Muda
Freepik/Yanalya

Selama hamil, Mama memang harus menjaga pola makan dengan baik agar perkembangan janin dalam kandungan dapat berjalan dengan baik. Sebab jika makan sekadar kenyang namun makanan yang dikonsumsi hanya tinggi kalori namun tidak bergizi, pertumbuhan janin dalam kandungan dapat terganggu, bahkan bisa meningkatkan risiko bayi lahir dengan berat rendah.

Karena itu, selama kehamilan terutama di trimester pertama, Mama disarankan untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan bernutrisi, termasuk sayuran. Ya, sayuran menjadi salah satu makanan bernutrisi yang wajib Mama konsumsi setiap hari.

Berbagai jenis sayuran bisa menjadi pilihan, namun rasanya Mama tidak boleh melewatkan konsumsi tujuh sayuran untuk ibu hamil yang baik dikonsumsi berikut ini. Penasaran apa saja? Popmama.com telah merangkumnya dilansir dari laman The Baby Side:

1. Labu

1. Labu
Pexels/Pixabay

Labu merupakan salah satu sayuran yang baik dikonsumsi perempuan hamil, Ma. Labu mengandung berbagai macam nutrisi mulai dari protein, lemak, karbohidrat, vitamin A, Vitamin C, niasin, kalsium, folat, fosfor, dan zat besi.

Kandungan folat yang terdapat pada labu misalnya, membawa berbagai macam manfaat kesehatan bagi perempuan hamil.

Dilansir dari Magorwoman, kandungan folat bermanfaat dalam mencegah risiko bayi terlahir cacat.  So, mulai masukkan sayuran satu ini yuk, Ma, ke menu makanan yang Mama konsumsi.

2. Tomat

2. Tomat
Freepik/Jcomp

Sayuran yang kerap disajikan sebagai pelengkap makanan dan penguat rasa ini juga menjadi sayuran yang baik dikosumsi saat hamil lho, Ma. Sebab tomat tinggi akan kandungan vitamin C, yang merupakan nutrisi esensial yang dibutuhkan perempuan hamil karena berperan dalam menjaga kesehatan mama dan janin dalam kandungan.

Kandungan lain seperti zat besi pada tomat juga memiliki peranan penting dalam mencegah kelahiran prematur. Sementara kandungan likopen yang terdapat pada tomat mampu menunjang perkembangan sel-sel pada janin.

Karena likopen ini bersifat antioksidan, maka perannya sangat penting dalam meningkatkan suplai oksigen, termasuk dalam menunjang sel otak janin agar dapat berkembang secara maksimal.

Editors' Picks

3. Bit

3. Bit
Freepik/Valeria_aksakova

Bit mengandung zat tertentu yang dapat membantu sirkulasi darah selama masa kehamilan dan berperan melindungi bayi yang sedang berkembang dari segala risiko cacat lahir.

Tak hanya itu saja, konsumsi bit selama kehamilan juga mampu menyehatkan pencernaan mama.

4. Wortel

4. Wortel
Freepik

Ragam nutrisi penting yang terdapat pada wortel membuat sayuran satu ini wajib masuk ke dalam menu makanan yang Mama konsumsi selama kehamilan.

Mengapa begitu penting? Rupanya karena ada beragam macam manfaat yang bisa diperoleh.

Sistem imunitas tubuh perempuan hamil yang cenderung menurun selama kehamilan dapat meningkat jika Mama rutin mengonsumsi wortel.

Selain itu, konsumsi wortel juga dapat membantu menjaga membrane sel dengan baik sehingga Mama tidak rentan untuk terkena infeksi selama kehamilan.

5. Bayam

5. Bayam
Unsplash/Pille-Riin Priske

Tingginya kandungan asam folat pada bayam membuat sayuran satu ini menjadi sayuran yang baik untuk dikonsumsi perempuan hamil.

Sebab konsumsi bayam selama kehamilan dapat menjadi upaya untuk memenuhi kebutuhan asam folat harian. Jika asupan asam folat harian mama tercukupi dengan baik, maka risiko bayi terlahir cacat dapat diminimalisir.

Jadi, mulai perbanyak konsumsi sayuran ini yuk Ma selama kehamilan agar kebutuhan asam folat terpenuhi dengan baik.

6. Lobak

6. Lobak
Pixabay/Hans

Tidak banyak yang tahu bahwa sayuran satu ini juga kaya akan kandungan nutrisi. Lobak kaya akan kandungan vitamin C sehingga bermanfaat dalam meningkatkan imunitas tubuh mama selama kehamilan.

Kandungan vitamin C yang terdapat pada lobak juga berperan dalam mendukung perkembangan paru-paru yang kuat. Jadi konsumsi lobak dengan cukup yuk Ma agar dapat merasakan manfaatnya.

7. Ubi jalar

7. Ubi jalar
Freepik/Dashu83

Ubi jalar kaya akan kandungan vitamin A sehingga baik dikonsumsi perempuan hamil. Selain vitamin A, kandungan kalium yang terdapat pada ubi jalar juga berperan dalam mempersiapkan masa menyusui lho Ma.

Kandungan vitamin B6 yang terdapat pada ubi jalar juga bermanfaat dalam membantu produksi sel darah merah yang mengantarkan oksigen dan nutrisi ke janin. Sementara tingginya serat yang terkandung dalam ubi jalar mampu meminimalisir terjadinya sembelit.

Itulah tujuh jenis sayuran untuk ibu hamil yang baik dikonsumsi, Ma. Meski ketujuh sayuran tersebut kaya akan nutrisi, bukan berarti Mama tidak dapat mengonsumsi sayuran jenis lainnya.

Mama dapat mengombinasikan sayuran yang Mama konsumsi dengan makanan bernutrisi lainnya sesuai dengan selera.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.