7 Buah Terbaik untuk Dikonsumsi Ibu Hamil, Apa Saja Ya?

Serat dalam buah bisa mengurangi keluhan sembelit saat hamil juga

10 Juli 2020

7 Buah Terbaik Dikonsumsi Ibu Hamil, Apa Saja Ya
freepik.com/freepik

Mengonsumsi makanan sehat selama hamil selain bisa membuat Mama dan si Kecil sehat, juga bisa membentuk pola makan sehat sejak si Kecil dalam kandungan. Ada sejumlah buah yang bagus untuk ibu hamil yang dapat Mama konsumsi.

Saat Mama hamil, Mama biasanya akan ngidam sesuatu yang manis dan juga asam, yang bisa membuat Mama merasa lebih segar. Pastikan Mama mengonsumsi makanan yang tetap kaya nutrisi supaya kebutuhan gizi tetap terpenuhi. Mama bisa mengonsumsi buah yang tidak hanya kaya nutrisi, tapi juga kaya serat. Serat dalam buah ini bisa mengurangi keluhan sembelit saat hamil juga lho, Ma.

Lalu buah apa saja yang bagus untuk ibu hamil? Yuk simak informasinya berikut ini seperti yag dilansir dari Healthline.com oleh Popmama.com!

1. Jeruk

1. Jeruk
freepik.com/pablesku

Jeruk membantu Mama tetap terhidrasi dan merupakan sumber asam folat yang baik. Asam folat adalah vitamin B yang membantu mencegah kerusakan otak dan sumsum tulang belakang, atau dikenal juga sebagai cacat tabung saraf.

Jeruk juga sumber vitamin C yang merupakan antioksidan pencegah kerusakan sel. Ini akan membantu tubuh mama untuk menyerap zat besi lebih baik.

2. Mangga

2. Mangga
freepik.com/Racool_studio

Mangga juga sumber vitamin C lain yang baik dan kaya akan vitamin A. Kekurangan vitamin A saat lahir dikaitkan dengan kekebalan tubuh yang rendah dan risiko komplikasi yang lebih tinggi, seperti diare dan infeksi saluran pernapasan.

Menariknya lagi, mangga bisa Mama olah menjadi beragam camilan, dari rujak, jus, hingga puding. Jadi kreasikan mangga menjadi makanan yang Mama suka, ya.

Editors' Picks

3. Alpukat

3. Alpukat
freepik.com/dashu83

Alpukat memiliki lebih banyak folat daripada buah lainnya. Buah ini juga merupakan sumber vitamin C, B, K, serat, kolin, magnesium, dan kalium.

Alpukat juga bisa membantu meringankan mual, karena potasium dan magnesium yang terkandung di dalamnya. Kalium dalam alpukat juga bisa membantu meringankan kram kaki selama hamil. Kram kaki ini biasanya disebabkan karena kalium dan magnesium yang rendah dalam tubuh mama.

Kandungan kolin pada alpukat juga penting untuk perkembangan otak dan saraf si Kecil dalam kandungan. Kekurangan kolin dapat menyebabkan cacat tabung saraf dan kerusakan memori seumur hidup.

4. Lemon

4. Lemon
freepik.com/freepik

Mengonsumsi air lemon atau mengisap lemon bisa membantu meredakan mual selama hamil. Lemon juga kaya vitamin C, dan membantu melancarkan pencernaan karena sembelit selama hamil. Pastikan Mama kumur dengan air putih setelah mengonsumsi lemon ya, karena lemon dapat mengikis enamel gigi.

5. Pisang

5. Pisang
freepik.com/008melisa

Pisang adalah salah satu sumber potasium dan banyak mengandung vitamin B-6, vitamin C, dan serat. Vitamin B-6 bisa membantu untuk meredakan mual dan muntah selama awal kehamilan.

Pisang juga baik untuk dijadikan camilan yang tidak akan menambah berat badan mama secara berlebihan. Mama bisa menambahkan pisang ke dalam smoothies atau mengoleskannya dengan selai kacang.

6. Buah beri

6. Buah beri
freepik.com/jcstudio

Buah beri kaya akan karbohidrat, vitamin C, serat, dan juga folat. Karbohidrat di dalamnya bisa menambah energi mama selama hamil dan juga mudah melewati plasenta untuk menutrisi si Kecil dalam kandungan.

Buah beri yang bisa Mama pilih di antaranya stroberi, blueberry, blackberry, atau raspberry. Pilih yang paling Mama suka dan paling terjangkau.

7. Apel

7. Apel
freepik.com/user12952888

Apel kaya akan vitamin A, C, dan potasium, serta sumber serat yang baik. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil yang makan apel selama kehamilan dapat menurunkan risiko bayi dengan asma dan alergi.

Itulah tujuh rekomendasi buah yang bagus untuk ibu hamil.

Mama bisa mengonsumsi buah 2-4 kali sehari dan sayur empat kali sehari. Pastikan Mama mencuci buah dengan bersih dan buang bagian kotor jika ada pada buah yang akan Mama makan. Simpan buah-buahan di kulkas yang jauh dari daging mentah supaya kualitas buah tetap terjaga. Selamat menikmati makanan sehat, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.