Ini Dia Alasannya Kenapa Mama Tidak Suka Makanan Favorit Saat Hamil

Makanan favorit Mama jadi tidak menarik lagi saat hamil ternyata karena ini!

24 Mei 2020

Ini Dia Alasan Kenapa Mama Tidak Suka Makanan Favorit Saat Hamil
freepik.com/senivpetro

Ketidaksukaan pada makanan tertentu dan ngidam makanan biasanya mencapai puncaknya selama paruh pertama kehamilan, tapi hal ini juga bisa bertahan selama sembilan bulan dan bahkan hingga melahirkan. Perubahan tubuh yang terjadi selama kehamilan turut memicu Mama jadi tidak menyukai makanan tertentu, termasuk juga makanan yang selama ini jadi makanan favorit mama.

Popmama.com sudah merangkum beberapa alasan kenapa Mama jadi tidak doyan makan dan bahkan cenderung membenci makanan favorit Mama, seperti dilansir dari Webmd.com.

1. Morning sickness

1. Morning sickness
freepik.com/comzeal

Penyebab Mama jadi tidak suka makanan tertentu termasuk makanan favorit Mama saat hamil salah satunya adalah morning sickness. Gejala ini membuat Mama mual dan muntah yang bisa Mama rasakan tidak hanya pada pagi hari, melainkan juga pada siang dan malam hari. Biasanya hal ini terjadi pada trimester pertama kehamilan sehingga membuat Mama mual saat melihat makanan tertentu.

Editors' Picks

2. Hormon HCG (Human Chorionic Gonadotropin)

2. Hormon HCG (Human Chorionic Gonadotropin)
freepik.com/vgstockstudio

Menurut penjelasan Dr. Anjali Kaimal, seorang dokter spesialis kandungan di Rumah Sakit Umum Massachusetts, Boston, Amerika Serikat, penyebab awal ibu hamil jadi tidak suka makanan tertentu adalah karena hormon HCG.

Hormon ini memainkan peran penting selama kehamilan dan hormon ini cenderung memuncak pada trimester pertama atau saat kehamilan memasuki usia 11 minggu. Pada saat inilah seorang wanita hamil juga merasakan mual dan muntah pada puncaknya.

3. Meningkatnya air liur

3. Meningkat air liur
freepik.com/ronnachaipark

Ibu hamil memproduksi lebih banyak air liur yang terjadi karena perubahan hormon saat hamil. Bagi sebagian ibu hamil air liur yang meningkat ini rasanya seperti logam yang pahit sehingga menyebabkan ibu hamil jadi tidak mau makan dan cenderung tidak suka makanan tertentu.

Peningkatan air liur juga terjadi agar mulut ibu hamil tidak kering karena morning sickness dan untuk mencegah terjadinya radang gusi dan mulut.

Apakah Tidak Nafsu Makan saat Hamil Berbahaya bagi Mama dan Janin?

Apakah Tidak Nafsu Makan saat Hamil Berbahaya bagi Mama Janin
freepik.com/user14699452

Kondisi mama yang tidak nafsu makan dan jadi tidak suka makanan tertentu selama hamil cenderung tidak berbahaya bagi Mama dan si Kecil dalam kandungan.

“Yang paling penting adalah memastikan penolakan ibu hamil terhadap makanan tidak menyebabkan sang ibu menghindari nutrisi tertentu yang dibutuhkan selama kehamilan,” kata Dr. Kaimal. 

Mama mungkin juga menghindari makanan yang baik untuk kesehatan kehamilan mama, tapi Mama tetap harus mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi baik bagi kehamilan mama.

Jika Mama menolak makan makanan untuk mendapatkan cukup nutrisi selama hamil, seperti menolak kebutuhan protein dari ikan dan makanan laut, atau menolak zat besi dari daging merah, Mama bisa minum minyak ikan dan suplemen zat besi untuk menggantikan makanan tersebut.

Namun, sebelum mengonsumsi suplemen saat Mama hamil, konsultasikan dulu ke dokter kandungan mama untuk mendapatkan saran terbaik dari dokter. Yang terpenting Mama harus tetap memenuhi kebutuhan nutrisi untuk Mama dan juga si Kecil dalam kandungan Mama.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.