Kabar Gembira, Bansos BLT untuk Ibu Hamil Kembali Cair Juli Ini

Ibu hamil akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 3 juta dalam setahun

22 Juli 2021

Kabar Gembira, Bansos BLT Ibu Hamil Kembali Cair Juli Ini
Pexels

Pemerintah melalui Kementerian Sosial kembali menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) program keluarga harapan (PKH) kepada para keluarga terdampak pandemi Covid-19. Pemberian PKH tertuang dalam Surat Keputusan Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Nomor 02/3/BS.02.02/01/2020. 

Tak hanya menyasar keluarga yang terdampak pandemi atau keluarga kurang mampu, PKH juga menyasar ibu hamil dan balita. Bantuan tersebut diharapkan bisa membantu ibu hamil memenuhi kebutuhan dasar sekaligus mencegah stunting. 

Kapan bansos untuk ibu hamil cair? Berikut informasinya yang dirangkum Popmama.com dilansir dari unggahan di akun Instagram Kemensos @kemensosri.

Editors' Picks

Jenis Bansos dari Kemensos

Jenis Bansos dari Kemensos
Pexels.com

Pemerintah menetapkan dua komponen dalam keluarga yang berhak mendapatkan bansos PKH. Komponen pertama adalah ibu hamil, anak usia dini, lansia, dan disabilitas.

Sementara itu, komponen lainnya adalah bantuan pendidikan untuk anak usia sekolah SD sampai SMA. Menteri Keuangan Sri Mulyani sebelumnya mengatakan, bansos PKH akan disalurkan kepada 10 juta kepala keluarga atau setara 40 juta orang. Penyaluran bansos itu akan menggunakan APBN sebesar Rp 28,31 triliun. 

Besaran Bansos untuk Ibu Hamil

Besaran Bansos Ibu Hamil
Pexels

Ibu hamil akan mendapatkan bantuan sosial sebesar Rp 3 juta dalam setahun. Bantuan tersebut akan diberikan empat kali dalam setahun, artinya masing-masing ibu hamil akan mendapatkan bantuan tunai sebesar Rp 750.000 per triwulan. 

Sementara itu, balita juga mendapatkan bantuan sebesar Rp 3 juta per tahun atau setara dengan Rp 750.000 per triwulan. Kemudian, anak usia dini mendapatkan bantuan senilai Rp 3 juta per tahun, anak usia SD mendapatkan bantuan senilai Rp 900.000 per tahun. 

Selanjutnya, anak usia SMP mendapatkan Rp 1,5 juta per tahun, dan anak usia SMA mendapatkan Rp 2 juta per tahun. 

Pencairan Bantuan di Bulan Juni

Pencairan Bantuan Bulan Juni
Popmama.com/Onic Metheany
This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Dilansir dari akun Instagram Kemensos, bantuan senilai Rp 3 juta untuk ibu hamil akan kembali cair pada bulan Juli ini. Bantuan akan disalurkan langsung ke rekening penerima yang tergolong rekening himpunan bank milik negara (HIMBARA) yakni BNI, BRI, Mandiri, atau BTN. 

“Penyaluran tahap III dicairkan di bulan Juli 2021 melalui himpunan bank BUMN atau HIMBARA,” tulis akun Instagram Kemensos. 

Itulah informasi singkat seputar bantuan sosial untuk ibu hamil yang akan cair bulan Juli ini. Semoga bantuan tersebut bisa meringankan pemenuhan kebutuhan hidup ya, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.