Bisa Mencerahkan, Ini 7 Masker Wajah Alami untuk Ibu Hamil

Bagi Mama yang sedang hamil, memilih skincare tentu tidak mudah.

4 Juni 2021

Bisa Mencerahkan, Ini 7 Masker Wajah Alami Ibu Hamil
Freepik/User15512728

Memiliki wajah bersih dan bersinar adalah impian setiap perempuan. Maka tak heran jika setiap perempuan rela mengeluarkan banyak biaya untuk membeli skincare perawatan wajah. 

Bagi Mama yang sedang hamil, memilih skincare tentu tidak mudah. Sebab, Mama harus memperhatikan kandungan skincare sebelum menggunakannya agar tidak membahayakan kehamilan. 

Bila Mama takut untuk menggunakan skincare selama hamil, Mama bisa menggunakan masker wajah alami untuk merawat kesehatan kulit wajah. Popmama.com telah merangkum tujuh masker wajah alami untuk ibu hamil yang dapat membantu mencerahkan kulit wajah sekaligus menyamarkan noda hitam. 

1. Lemon

1. Lemon
Freepik/master1305

Lemon selama ini dikenal sebagai buah yang mengandung vitamin C dan flavonoid yang baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Tak hanya menjaga kesehatan, lemon juga mampu mencerahkan kulit dan menyamarkan noda hitam di wajah. 

Mama bisa mendapatkan manfaat tersebut dengan membuat masker lemon. Caranya adalah mencampur perasan air lemon, minyak almond, dan putih telur secukupnya. Kemudian, oleskan masker secara merata ke wajah dan diamkan selama 15 menit. Terakhir, bilas wajah menggunakan air hangat hingga bersih. 

2. Pepaya

2. Pepaya
Freepik/mrsiraphol

Selain bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan, pepaya ternyata mampu mencerahkan wajah. Buah yang mengandung vitamin A dan C ini mampu mencerahkan wajah, membuat wajah tampak lebih bersih, kencang, dan awet muda. 

Selain itu, kandungan enzim papain dan antioksidan dalam buah pepaya mampu memperbaiki kerusakan kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati. Tak heran jika pepaya mampu mengurangi flek atau bintik-bintik cokelat akibat paparan sinar matahari. 

Untuk membuat masker pepaya, Mama hanya perlu menghaluskan ¼ pepaya. Lalu tambahkan madu atau 1 buah pisang yang telah dihaluskan. Aduk masker hingga kental dan oleskan ke permukaan wajah.

Diamkan masker selama 15-20 menit, lalu bilas hingga bersih menggunakan air hangat. Mama bisa menggunakan masker pepaya minimal seminggu sekali untuk mendapatkan hasil maksimal. 

Editors' Picks

3. Kunyit

3. Kunyit
Unsplash/FOODISM360

Kunyit adalah tanaman herbal yang digunakan untuk bumbu masakan. Namun, kunyit juga dikenal sebagai obat alami untuk memudahkan noda hitam pada wajah hingga menghilangkan bekas jerawat. 

Pasalnya, kunyit mengandung zat antiradang, antioksidan, dan antibakteri yang bermanfaat bisa membuat kulit wajah lebih putih dan bersih. Untuk membuat masker kunyit, Mama hanya perlu mencampurkan bubuk kunyit atau parutan kunyit secukupnya dengan yogurt tanpa rasa. 

Aduk hingga kental campuran kunyit dan yoghurt tersebut, lalu oleskan ke permukaan wajah secara merata. Diamkan beberapa saat sebelum membilasnya menggunakan air hangat. 

4. Lidah buaya

4. Lidah buaya
Pixabay/casellesingold

Siapa yang tidak mengenal lidah buaya? Tanaman ini selama ini memang dikenal sebagai masker alami untuk mencerahkan kulit wajah. Lidah buaya dikenal mampu memperbaiki kerusakan kulit wajah, mengangkat sel-sel kulit mati, hingga meredakan peradangan di kulit. 

Mama dapat memperoleh manfaat dari lidah buaya dengan cara mengoleskan gel lidah buaya secara merata ke permukaan wajah. Diamkan selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Mama bisa menggunakan masker lidah buaya setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal. 

5. Beras putih

5. Beras putih
Freepik/pressfoto

Beberapa penelitian kesehatan menunjukkan bahwa beras putih mengandung asam fitat dan antioksidan yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati, mencerahkan kulit, hingga mencegah penuaan dini. Oleh sebab itu, Mama dapat membuat masker beras putih untuk memiliki kulit wajah putih dan cerah alami. 

Air cucian beras bahkan sering digunakan sebagai toner alami wajah untuk mencerahkan kulit. Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Mama dapat membuat masker beras putih dengan mencampurkan tepung beras dengan susu dan madu. Lalu, oleskan masker beras putih secara merata ke wajah, diamkan beberapa menit, dan bilas dengan air hangat. 

6. Teh hijau

6. Teh hijau
Freepik/zirconicusso

Teh hijau mengandung antioksidan seperti polifenol dan flavonoid yang mampu memperbaiki dan mencegah kerusakan kulit wajah, mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit tampak lebih bersih dan bersinar. Selain itu, teh hijau juga mengandung hydroquinone yang bisa memudarkan noda hitam bekas jerawat atau paparan sinar matahari. 

Untuk membuat masker teh hijau, Mama hanya perlu mencampurkan beberapa sendok teh bubuk teh hijau dengan madu, lalu oleskan ke wajah secara merata. Diamkan selama 15-20 menit, kemudian bilas hingga bersih menggunakan air hangat. 

7. Timun

7. Timun
Pixabay/stevepb

Bagi Mama yang ingin memiliki wajah bersih dan tampak kenyal, maka tak ada salahnya untuk menggunakan masker yang terbuat dari timun. Timun diketahui mampu mengikat kolagen di wajah sehingga membuat kulit tampak lebih kencang, kenyal, dan awet muda. 

Timun juga dikenal sebagai sumber antioksidan yang mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A dan C. Kandungan nutrisi tersebut mampu menghidrasi kulit, mengurangi iritasi, hingga menenangkan kulit wajah. Mama tak perlu khawatir tentang efek samping dari timun karena masker timun dapat digunakan oleh seluruh tipe kulit wajah. 

Mama hanya perlu mengoleskan parutan timun ke permukaan wajah secara merata, lalu diamkan selama beberapa menit. Kemudian bilas menggunakan air hangat hingga bersih. 

Jadi, hamil bukan alasan bagi Mama untuk berhenti merawat wajah. Mama tetap bisa merawat wajah menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapat. Apakah Mama sudah siap mencoba masker alami di atas untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih dan putih?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.