Bolehkah Ibu Hamil Mengonsumsi Sarang Burung Walet?

Pernahkah Mama mencoba sarang burung walet?

22 Oktober 2020

Bolehkah Ibu Hamil Mengonsumsi Sarang Burung Walet
newsurban.id

Sarang burung walet telah lama diketahui sebagai salah satu makanan dengan harga jual tinggi. Seperti namanya, makanan ini berasal dari air liur burung walet yang telah mengeras dengan sendirinya. Air liur burung walet umumnya berfungsi sebagai perekat sarang ke langit-langit goa karena burung walet suka hidup di dalam goa. 

Walaupun dijual cukup mahal, masih ada sebagian orang yang ragu untuk mengonsumsinya khususnya saat hamil. Padahal, menurut beberapa penelitian, sarang burung walet bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Apakah ibu hamil boleh mengkonsumsi sarang burung walet?

Simak penjelasan lengkap dari Popmama.comberikut ini mengenai konsumsi sarang burung walet saat hamil. 

Editors' Picks

1. Sarang burung walet baik untuk kesehatan mama

1. Sarang burung walet baik kesehatan mama
fruitylogic.com

Seperti yang sudah diketahui, sarang burung walet dapat dikonsumsi oleh Mama saat hamil Walaupun terbuat dari air liur burung walet. Sebab, air liur tersebut bukan seperti air liur hewan pada umumnya. Air liur burung walet mengandung protein, kalsium, zat besi, kalium, dan magnesium. 

Oleh sebab itu, sarang burung walet aman dikonsumsi ketika Mama sedang hamil, ya. Sarang burung walet juga mengandung asam folat yang bermanfaat untuk tumbuh kembang janin dalam kandungan. 

2. Dapat diolah menjadi sup

2. Dapat diolah menjadi sup
orami.co.id

Pada umumnya, sarang burung walet diolah menjadi sup. Ada pula yang mengolahnya menjadi makanan penutup dan minuman. 

Tak hanya bermanfaat untuk memenuhi asupan nutrisi selama masa kehamilan, sejumlah penelitian kesehatan dari China juga menunjukkan jika sarang burung walet bermanfaat untuk pembentukan sel dan jaringan si Kecil. Sarang burung walet juga bisa digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah terserang kanker. 

3. Baik Dikonsumsi hingga melahirkan

3. Baik Dikonsumsi hingga melahirkan
Unsplash/Camylla Battani

Mama yang sedang hamil dianjurkan mengonsumsi sarang burung walet sejak usia kehamilan menginjak dua bulan hingga bayi dilahirkan. Sarang burung walet mampu menghubungkan sel-sel otak si Kecil sehingga berpengaruh pada pembentukan memori jangka panjang. 

Sarang burung walet juga mengandung asam sialat yang mampu menjaga dan meningkatkan kecerdasan otak si Kecil. Kemudian, liur burung walet ini juga mengandung vitamin D dan asam amino tirosin yang bisa mempercepat pemulihan setelah melahirkan. 

Tak kalah penting juga, sarang burung walet mengandung mineral yang bisa membantu pertumbuhan tulang, melancarkan proses metabolisme, dan menurunkan kadar kolesterol. Mineral tembaga dalam sarang burung walet juga bisa menjaga kestabilan tekanan darah. 

Walaupun memiliki segudang manfaat, pastikan Mama mengonsumsi sarang burung walet atas persetujuan dokter. Sebab, kondisi kehamilan setiap mama berbeda-beda sehingga membutuhkan asupan nutrisi yang berbeda pula. 

Itulah informasi mengenai keamanan mengonsumsi sarang burung walet saat hamil. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma.

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.