Kabar Baik, Pfizer Uji Coba Vaksin Covid-19 ke 4.000 Ibu Hamil

Ibu hamil memiliki risiko komplikasi lebih tinggi ketika terserang Covid-19

22 Februari 2021

Kabar Baik, Pfizer Uji Coba Vaksin Covid-19 ke 4.000 Ibu Hamil
Freepik

Ada kabar baik bagi Mama yang tengah hamil dan ingin mendapatkan vaksin Covid-19. Perusahaan farmasi Pfizer mulai uji coba vaksin untuk ibu hamil. Pfizer dan BionNTech tengah memulai studi dan uji coba vaksin Covid-19 terhadap 4.000 ibu hamil. 

Mereka yang mengikuti uji coba vaksin adalah ibu hamil dalam kondisi sehat dan berusia lebih dari 18 tahun. 

“Kami bangga memulai penelitian ini pada ibu hamil untuk terus mengumpulkan bukti tentang keamanan dan kemanjuran untuk mendukung vaksin oleh subpopulasi ini (ibu hamil),” kata Wakil Presiden Penelitian dan Pengembangan Klinik Vaksin Pfizer, William Gruber MD dilansir dari laman APNews, Kamis (18/2/2021). 

Untuk mengetahui informasi lengkap mengenai uji coba vaksin tersebut, simak rangkuman dari Popmama.com berikut ini. 

Editors' Picks

1. Uji coba terhadap ibu hamil dengan usia kehamilan 24 minggu

1. Uji coba terhadap ibu hamil usia kehamilan 24 minggu
Freepik/pikisuperstar

Seperti dijelaskan sebelumnya, uji coba vaksin Covid-19 dilakukan terhadap 4.000 ibu hamil. Mereka tinggal di Amerika Serikat, Kanada, Argentina, Brasil, Chili, Mozambik, Afrika Selatan, Spanyol, dan Inggris. 

Ibu hamil yang diperbolehkan mengikuti uji coba vaksin Covid-19 adalah mereka yang usia kehamilannya antara 24 sampai 34 minggu. Mereka juga harus dalam keadaan sehat dan berusia lebih dari 18 tahun. 

2. Terima 2 dosis vaksin Covid-19

2. Terima 2 dosis vaksin Covid-19
Freepik

Gruber menjelaskan, ibu hamil yang dijadikan sukarelawan vaksin Covid-19 akan menerima dua dosis vaksin dengan interval jarak tiap dosis adalah tiap minggu. Setelah pemberian vaksin, kondisi kesehatan mereka akan dipantau selama tujuh hingga 10 bulan. 

Tujuannya adalah melihat seberapa efektif dan aman vaksin tersebut untuk ibu hamil. Sementara itu, ibu hamil yang ikut serta dalam uji coba vaksinasi Covid-19 itu akan diberi kesempatan mendapatkan vaksin setelah melahirkan sambil tetap menjadi bagian dari penelitian tersebut. 

3. Tujuan uji coba vaksin untuk ibu hamil

3. Tujuan uji coba vaksin ibu hamil
Pexels/Nataliya Vaitkevich

Menurut Gruber, ibu hamil memiliki risiko komplikasi lebih tinggi ketika terserang Covid-19. Oleh karena itu, Pfizer melakukan studi mengenai pemberian vaksin untuk ibu hamil. 

“Oleh karena itu sangat penting bagi kami untuk mengembangkan vaksin yang aman dan efektif untuk populasi ini (ibu hamil),” ujar Gruber. 

Uji coba vaksin Covid-19 tersebut juga bertujuan untuk meneliti seberapa efektif vaksin terhadap kekebalan tubuh bayi. Penelitian dilakukan selama enam bulan dengan mencari tahu apakah bayi mendapatkan transfer antibodi dari sang Mama.

Selanjutnya, Pfizer dan BioNTech juga berencana melakukan uji coba vaksin Covid-19 untuk anak-anak pada akhir tahun 2021. 

“Sekarang saatnya untuk mengambil langkah berikutnya dan mengambil program klinis ke populasi rentan lainnya seperti ibu hamil dan anak-anak untuk melindungi mereka dan generasi mendatang,” kata Kepala Petugas Medis BioNTech, Özlem Türeci. 

Demikian informasi mengenai uji coba pemberian vaksin Covid-19 pada ibu hamil. Semoga ada kabar baik dari uji coba tersebut ya, Ma.

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.