Kenali Kandungan Nutrisi dan Manfaat Biji Wijen untuk Ibu Hamil

Beberapa orang percaya bahwa mengonsumsi biji wijen saat hamil bisa menyebabkan keguguran

1 Maret 2021

Kenali Kandungan Nutrisi Manfaat Biji Wijen Ibu Hamil
Freepik/whatwolf

Saat hamil, Mama tak bisa sembarang mengonsumsi makanan demi menjaga kesehatan janin dalam kandungan. Tidak hanya makanan pokok, Mama juga lebih selektif dalam memilih bumbu masakan. Salah satu bumbu masakan yang banyak diperdebatkan adalah biji wijen. 

Beberapa orang percaya bahwa mengonsumsi biji wijen saat hamil bisa menyebabkan keguguran. Tentu saja itu hanya mitos belaka karena faktanya biji wijen mengandung banyak manfaat untuk ibu hamil. 

Biji wijen atau dalam bahasa ilmiah disebut sesamun indicum memiliki cita rasa yang unik dengan beragam warna, seperti putih, hitam, kuning, dan merah. Perbedaan warna tersebut dipengaruhi oleh asal tanaman wijennya. Perlu diketahui bahwa biji wijen adalah tanaman biji minyak tertua yang sudah dikenal luas sejak 3500 tahun lalu.

Lalu, apa saja manfaat biji wijen untuk ibu hamil? Simak penjelasan dari Popmama.com di bawah ini agar Mama tak percaya mitos lagi tentang risiko konsumsi biji wijen. 

Kandungan Nutrisi Dalam Biji Wijen

Kandungan Nutrisi Dalam Biji Wijen
Pixabay/ulleo

Dilansir dari American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), 100 gram biji wijen mengandung sekitar 989 mg kalsium. Sementara itu, kebutuhan kalsium ibu hamil adalah 1.000 mg per hari. Itulah sebabnya, Mama bisa menggunakan biji wijen sebagai bumbu masakan untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian. 

Kemudian, 100 gram biji wijen mengandung 14,8 mg zat besi. Sedangkan kebutuhan zat besi ibu hamil adalah 27 mg. Dengan jumlah tersebut, Mama bisa mengonsumsi biji wijen untuk memenuhi kebutuhan zat besi. 

Dilansir dari Livestrong, satu sendok biji wijen mengandung 51 kalori, dua gram protein, dua gram karbohidrat, satu gram serat, dan empat gram lemak. Artinya, biji wijen mengandung nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan Mama selama kehamilan. Apa manfaat lainnya dari biji wijen?

Editors' Picks

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

1. Meningkatkan daya tahan tubuh
Freepik/yanalya

Selain nutrisi yang telah disebutkan di atas, biji wijen juga mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh selama kehamilan. Apabila Mama dalam keadaan sehat, itu artinya janin dalam kandungan juga sehat.

Sistem imunitas yang bagus juga membantu melindungi Mama dari serangan penyakit demam dan flu. 

2. Melancarkan sistem pencernaan

2. Melancarkan sistem pencernaan
Freepik

Seperti dijelaskan sebelumnya, satu sendok biji wijen mengandung satu gram serat. Serat dibutuhkan tubuh mama untuk memproses makanan dan melancarkan pembuangan makanan tersebut. Selama hamil, Mama akan mengalami perubahan hormon yang bisa menimbulkan sembelit. 

Itulah sebabnya, dengan mengonsumsi biji wijen, sistem pencernaan mama menjadi lebih lancar sehingga Mama bisa terhindar dari sembelit. 

3. Membantu perkembangan bayi

3. Membantu perkembangan bayi
Freepik/Dashu83

Sebuah penelitian kesehatan menyebut bahwa biji wijen bisa menurunkan risiko gula darah tinggi selama kehamilan, terutama Mama yang memiliki riwayat penyakit diabetes. Apabila Mama memiliki gula darah yang stabil, maka risiko bayi dengan keadaan diabetes juga bisa dicegah. 

Dalam biji wijen juga terkandung asam folat, asam amino, potasium, kalsium, dan vitamin B yang dibutuhkan si Kecil untuk mendukung tumbuh kembangnya. Apabila Mama mengonsumsi biji wijen, maka Mama membantu memperkuat tulang si Kecil dan tulang panggul mama jelang persalinan. 

4. Menambah energi

4. Menambah energi
Freepik/Yanalya

Kandungan kalori dalam biji wijen memang cukup tinggi, namun itulah yang dibutuhkan Mama selama kehamilan, terutama Mama yang mudah lelah dan merasakan pegal di seluruh tubuh. Peneliti menyebut biji wijen bisa digunakan sebagai alternatif untuk menambah energi saat hamil. 

Mama dapat memasak biji wijen dalam bentuk saus wijen, tambahan makanan untuk meningkatkan nilai gizi, dan bahan dasar masakan.

Itulah manfaat biji wijen untuk ibu hamil. Meskipun begitu, bagi Mama yang memiliki riwayat alergi terhadap biji-bijian, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum memutuskan konsumsi biji wijen. 

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.