6 Manfaat Berbuka Puasa dengan Air Kelapa bagi Ibu Hamil

Salah satu minuman yang bisa menjaga tubuh mama tetap terhidrasi adalah air kelapa

27 April 2021

6 Manfaat Berbuka Puasa Air Kelapa bagi Ibu Hamil
Pixabay/Gadini

Saat Mama memutuskan untuk berpuasa di bulan Ramadan, maka Mama harus memastikan tubuh tetap terhidrasi. Apabila Mama mengalami dehidrasi, kondisi tersebut dikhawatirkan bisa membahayakan pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. 

Salah satu minuman yang bisa menjaga tubuh mama tetap terhidrasi adalah air kelapa. Mama bisa mengonsumsi air kelapa saat berbuka puasa atau sahur.

Selain menyegarkan, air kelapa ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan, terutama ibu hamil. Popmama.com telah merangkum enam manfaat berbuka puasa dengan air kelapa untuk ibu hamil. 

1. Mengontrol kalori

1. Mengontrol kalori
Pixabay/Felixgeronimo1

Meski sedang berpuasa, Mama tetap harus mengontrol pola makan agar kadar kolesterol tidak naik. Mama sebaiknya Mama menghindari konsumsi gorengan atau minuman terlalu manis saat berbuka puasa karena makanan dan minuman itu bisa meningkatkan gula dan kadar kolesterol dalam darah. 

Bila Mama terlalu banyak mengonsumsi gorengan saat berbuka puasa, Mama bisa menyeimbangkan kadar gula darah dengan mengonsumsi air kelapa. Air kelapa termasuk minuman rendah kalori yang bisa menyerap glukosa dan mencegahnya masuk ke pembuluh darah. 

2. Melancarkan sistem pencernaan

2. Melancarkan sistem pencernaan
Freepik/serhii_bobyk

Saat berpuasa, Mama juga rentan mengalami sembelit, terutama bila Mama kurang minum air putih. Selain mengembalikan cairan yang hilang selama berpuasa, air kelapa juga dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan. 

Kandungan serat dalam air kelapa mampu mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit. Dengan mengonsumsi air kelapa, energi mama juga kembali pulih setelah seharian berpuasa. 

Editors' Picks

3. Menjaga kesehatan jantung

3. Menjaga kesehatan jantung
Freepik/www.slon.pics

Rutin minum air kelapa saat berbuka puasa bisa membantu meningkatkan kadar kalium, magnesium, dan asam laurat yang dapat mengatur tekanan darah. Air kelapa juga meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh dan memerangi kolesterol jahat. 

Tentu kondisi itu menguntungkan Mama yang sedang hamil. Dengan mengonsumsi air kelapa, kesehatan jantung tetap terjaga sekaligus membantu pertumbuhan dan perkembangan organ tubuh janin dalam kandungan. 

4. Meredakan asam lambung

4. Meredakan asam lambung
Freepik

Saat hamil, hormon progesteron dapat melemaskan katup perut sehingga asam lambung cepat naik hingga kerongkongan. Kondisi itu tentu menyakitkan bagi Mama yang sedang berpuasa.

Oleh karena itu, Mama sebaiknya mengonsumsi air kelapa saat berbuka puasa untuk meredakan asam lambung yang naik. Apabila asam lambung mama terus naik selama puasa, sebaiknya batalkan puasa demi menjaga kesehatan diri sendiri dan janin dalam kandungan. 

5. Menstabilkan berat badan

5. Menstabilkan berat badan
Freepik/v.ivash

Metabolisme tubuh yang tidak sehat dapat menyebabkan berat badan naik atau turun secara drastis. Itulah sebabnya, Mama membutuhkan air kelapa untuk mempercepat metabolisme yang lambat serta mengontrol nafsu makan. 

Ketika Mama memilih mengonsumsi air kelapa terlebih dahulu saat berbuka puasa, maka itu bisa mengurangi nafsu makan mama. Artinya, Mama tidak akan makan secara berlebihan.

Makan secara berlebihan selama hamil bisa memengaruhi kenaikan berat badan hingga meningkatkan risiko terserang diabetes gestasional. 

6. Menjaga kelembaban kulit

6. Menjaga kelembaban kulit
Freepik/sri_sakorn42

Terakhir, air kelapa dapat mengatasi kulit kering dan rusak akibat dehidrasi selama puasa. Kandungan sitokin dalam air kelapa mampu melembapkan kulit sekaligus mengurangi pigmentasi dan jerawat di bagian wajah. 

Air kelapa juga bagus untuk menyehatkan kulit kepala dan membuat rambut tampak sehat dan kuat. 

Itulah beberapa manfaat berbuka puasa dengan air kelapa untuk ibu hamil. Mama sebaiknya tetap mengonsumsi makanan bergizi seimbang selama berpuasa agar tubuh tetap sehat dan tidak mudah lelah saat beraktivitas.

Yuk, siapkan air kelapa untuk berbuka puasa, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.