Mengapa Tidak Terlihat Kantung Janin padahal Hasil Testpack Positif?

Kantung janin memang salah satu tanda pertama kehamilan yang bisa dilihat melalui pemeriksaan USG

18 Mei 2021

Mengapa Tidak Terlihat Kantung Janin padahal Hasil Testpack Positif
Unsplash/Daiga Ellaby

Hamil adalah momen yang paling ditunggu oleh setiap pasangan yang telah menikah. Untuk memastikan kehamilan, Mama bisa melakukan pemeriksaan menggunakan test pack. Selain test pack, Mama tentunya bisa merasakan beberapa gejala kehamilan seperti kram perut hingga keluar flek. 

Setelah hasil test pack menunjukkan positif hamil, Mama akan pergi ke dokter untuk memeriksakan kondisi kehamilan. Dokter pun akan melakukan pemeriksaan USG guna mengetahui kondisi kehamilan mama. 

Namun, dalam beberapa kondisi, hasil pemeriksaan USG justru tidak menunjukkan adanya kantung janin. Apakah hal itu tergolong normal bagi ibu hamil muda? Agar Mama tidak bingung dengan kondisi tersebut, Popmama.com telah merangkum penjelasan mengenai kantung janin atau kantung kehamilan. 

Apa itu Kantung Janin?

Apa itu Kantung Janin
Pixabay/PublicDomainPictures

Kantung janin memang salah satu tanda pertama kehamilan yang bisa dilihat melalui pemeriksaan USG. Kantung janin atau kantung kehamilan berisi cairan ketuban yang berfungsi membungkus janin. 

Kantung janin terbentuk sejak hamil muda dan bisa terlihat melalui pemeriksaan USG pada minggu ketiga atau keempat kehamilan. 

Editors' Picks

Alasan Kantung Janin Tidak Terlihat saat USG

Alasan Kantung Janin Tidak Terlihat saat USG
Pixabay/medical prudens

Dalam beberapa kondisi, kantung janin justru tidak muncul saat pemeriksaan USG padahal hasil test pack menunjukkan positif hamil. Saat Mama mengalami kondisi tersebut, Mama sebaiknya tidak perlu khawatir. Sebab, ukuran kantung janin pada minggu ketiga atau keempat kehamilan biasanya masih relatif kecil. Sehingga kantung janin tersebut tidak dapat terlihat saat pemeriksaan USG.

Oleh karena itu, Mama sebaiknya kembali memeriksakan kandungan ke dokter pada minggu keenam saat ukuran kantung janin sudah mulai besar dan lebih mudah untuk ditemukan. 

Kemungkinan Kehamilan Ektopik

Kemungkinan Kehamilan Ektopik
Pixabay/karlajara

Selain usia kehamilan yang masih muda, kantung janin yang tidak terlihat juga bisa menandakan Mama sedang mengalami kehamilan ektopik atau kehamilan di luar rahim. Kehamilan ektopik terjadi apabila kadar hCG antara 1.500 dan 2.000. 

Kehamilan ektopik ditandai dengan kantung janin yang berada di mulut rahim, bisa juga di dekat indung telur, di saluran penghubung antara rahim dan indung telur, atau rongga perut. Untuk memastikan penyebab kantung janin tidak terlihat hingga minggu keenam, Mama sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. 

Kemungkinan Kantung Janin Tidak Berkembang

Kemungkinan Kantung Janin Tidak Berkembang
Freepik

Kantung janin yang tidak terlihat juga bisa menjadi tanda kantung janin tidak berkembang. Penyebab utama kantung janin tidak berkembang umumnya masalah pada plasenta yang menyebabkan janin berhenti tumbuh dan berkembang. 

Penyebab lainnya adalah Mama terserang penyakit ginjal, anemia, atau diabetes. 

Itulah beberapa kemungkinan yang menyebabkan kantung janin tidak terlihat meskipun hasil test pack menunjukkan positif hamil. Oleh karena itu, Mama sebaiknya rutin konsultasi ke dokter agar bisa mengetahui kondisi kandungan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.