5 Tipe Suami saat Menemani Mama Periksa ke Dokter Kandungan

Apakah Papa suka menemani Mama memeriksakan kandungan ke dokter?

11 Juni 2021

5 Tipe Suami saat Menemani Mama Periksa ke Dokter Kandungan
Freepik/Wavebreakmedia

Tidak hanya Mama, Papa ternyata juga harus memiliki persiapan jelang kelahiran calon buah hati. Persiapan tersebut perlu dilakukan agar Papa bisa menjadi suami siaga saat Mama lelah mengurus buah hati. 

Salah satu tahap awal untuk mempersiapkan diri menyambut kehadiran si Kecil adalah mendampingi Mama saat memeriksakan kandungan ke dokter. Papa bisa ikut memantau perkembangan calon Bayi dan menanyakan hal-hal yang perlu disiapkan jelang persalinan. 

Namun, tidak semua Papa akan aktif bertanya tentang kondisi kehamilan istrinya. Dilansir dari Instagram dr. NB Donny AM, Sp.OG, seorang spesialis kebidanan dan kandungan, di Brawijaya Hospital Saharjo, RSU Hermina Kemayoran, dan RSUD Kemayoran, ada lima tipe Papa saat mendampingi istrinya periksa ke dokter kandungan. 

Berikut rangkuman dari Popmama.com tentang tipe suami saat mendampingi Mama periksa ke dokter kandungan. 

1. Tipe diam tapi kepo

1. Tipe diam tapi kepo
Freepik/lookstudio

Tipe pertama adalah suami memilih diam saat Mama menjalani pemeriksaan, termasuk pemeriksaan USG. Papa tidak mengajukan pertanyaan apapun seputar kehamilan mama. Padahal Papa seharusnya menanyakan perkembangan janin dalam kandungan ataupun cara berhubungan seks yang aman selama kehamilan. 

Selama pemeriksaan berlangsung, tipe Papa yang pertama ini hanya memantau hasil pemeriksaan USG dari layar monitor atau sesekali memerhatikan penjelasan dokter. 

Editors' Picks

2. Tipe seksi dokumentasi

2. Tipe seksi dokumentasi
Freepik/bristekjegor

Tipe suami yang kedua adalah selalu mendokumentasikan proses pemeriksaan kehamilan. Papa tipe ini biasanya akan mengunggah hasil pemeriksaan, penjelasan dokter, hingga foto USG calon Bayi. Namun, ada pula yang mendokumentasikan proses pemeriksaan untuk dokumentasi pribadi. 

Bagi Papa yang ingin mendokumentasikan proses pemeriksaan kehamilan, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu ke dokter kandungan. Sebab, ada hal-hal yang boleh didokumentasikan dan dibagikan ke media sosial dan ada pula hasil pemeriksaan yang bersifat rahasia. 

3. Tipe suka ngobrol dan ngadu kelakuan istri

3. Tipe suka ngobrol ngadu kelakuan istri
Freepik/gpointstudio

Tipe Papa satu ini mungkin bisa membuat Mama jengkel. Pasalnya, Papa akan menghabiskan waktu lebih banyak untuk berbincang dengan dokter kandungan. Papa akan membicarakan segala sesuatu tentang kehamilan mama, mulai dari persiapan persalinan, hubungan seksual selama kehamilan, hingga pantangan bagi Mama. 

Papa bahkan bisa mengadukan perilaku-perilaku mama selama hamil yang mungkin bisa membahayakan kesehatan janin dalam kandungan. Meski suka berbincang dengan dokter, jangan lupa untuk tetap memerhatikan waktu konsultasi ya, Pa. 

4. Tipe banyak tanya

4. Tipe banyak tanya
Freepik/master1305

Tipe selanjutnya adalah Papa yang suka mengajukan pertanyaan seputar kehamilan mama. Papa akan mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk menjawab rasa penasarannya tentang perkembangan janin dalam kandungan. 

Pertanyaan yang dianjurkan untuk ditanyakan adalah perkembangan janin, ada atau tidaknya masalah kesehatan pada janin, peran Papa selama kehamilan hingga proses persalinan, dan asupan nutrisi yang harus dikonsumsi Mama untuk menunjang tumbuh kembang janin. 

Jangan mengajukan pertanyaan di luar topik kehamilan ya, Pa, karena bisa menghabiskan waktu lebih lama untuk konsultasi. 

5. Tipe sibuk sendiri

5. Tipe sibuk sendiri
Freepik/pressfoto

Tipe Papa yang terakhir ini mungkin hampir sama dengan tipe Papa yang pertama. Tipe Papa yang sibuk sendiri akan membuat Papa tidak menyimak penjelasan dokter seputar kehamilan mama. Papa memilih mengurus pekerjaan atau hal-hal lain di luar topik kehamilan. 

Nah itulah lima tipe suami saat menemani ke dokter kandungan. Saat menemani Mama konsultasi ke dokter, Papa sebaiknya ikut menyimak penjelasan dokter agar bisa menjadi suami siaga. 

Jadi, Papa termasuk tipe yang mana saat menemani Mama konsultasi ke dokter kandungan?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.