Janin Anak Ketiga Tidak Berkembang, Shanty Istri Denny Cagur Dikuret!

Shanty sempat menangis 2 hari setelah janinnya dinyatakan tidak berkembang

16 Oktober 2019

Janin Anak Ketiga Tidak Berkembang, Shanty Istri Denny Cagur Dikuret
Instagram.com/dennycagur,Youtube.com/Shanty Denny

Setelah program bayi tabungnya sukses, pasangan selebriti Denny Cagur dan Shanty Widihastuti pun mengumumkan kehamilan anak ketiganya pada (7/8/19) yang lalu.

Namun malang, pada Senin (14/10/19) kemarin, kabar duka harus menyelimuti pasangan yang satu ini.

Pada akun YouTube pribadi mereka, Shanty Denny mengumumkan kabar bahwa Shanty harus dikuret lantaran janin anak ketiganya tidak berkembang.

Mengetahui kabar tersebut, tim Popmama.com pun berusaha mencari tahu lebih dalam lagi terkait penyebab dan alasan mengapa perempuan yang sudah pernah memiliki anak lebih sulit untuk memiliki anak kembali.

Untuk itu, berikut Popmama.com merangkum ulasannya secara lengkap.

1. Usia kehamilan Shanty, Istri Denny Cagur saat dikuret

1. Usia kehamilan Shanty, Istri Denny Cagur saat dikuret
Instagram.com/shantydenny

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Istri Denny Cagur diketahui harus dikuret usai janin calon anak ketiganya dinyatakan tidak berkembang. Hal tersebut dilakukan pada usia kehamilannya yang ke 7 minggu.

"Di video ini aku mau ngasih kabar yang agak kurang baik, jadi di tanggal 4 Oktober terkahir aku kontrol, dokter bilang kalau janinnya tidak berkembang. Itu di usia kehamilan aku yang ke 7 minggu," ungkap Shanty dengan wajah sedihnya.

Usia kehamilan 7 minggu berarti Shanty baru saja memasuki trimester pertamanya.

Editors' Picks

2. Dokter sempat memberikan kesempatan untuk menunggu janinnya berkembang

2. Dokter sempat memberikan kesempatan menunggu janin berkembang
Youtube.com/Shanty Denny

Meski janin calon anak ketiganya dinyatakan tidak berkembang pada 4 Oktober yang lalu, namun dokter tetap meminta Shanty agar memberikan waktu 1 minggu untuk melihat perkembangan janinnnya.

"Dokter menyarankan untuk kuret karena embrionya tidak berkembang, tapi dokter masih memberikan kesempatan selama 1 minggu. Saat dikasih tahu itu, aku down banget, kecewa, nggak tahu harus ngapain, aku cuma bisa nangis selama 2 hari. Tapi alhamdulillah aku punya suami dan keluarga yang dukung aku, akhirnya aku ikhlas buat nerima semuanya karena aku yakin rencana Allah pasti yang terbaik," ujar Shanty.

Setelah dinyatakan janinnya tak berkembang, Shanty pun masih tetap menunggu 1 minggu untuk melihat kondisi perkembangan janinnya.

"Setelah 1 minggu tepatnya tanggal 11 kontrol lagi, keadaannya tidak berkembang akhirnya hari itu juga malamnya aku dikuret. Jadi tanggal 11 hari rabu malam aku dikuret, dan sekarang sudah pulih," ungkapnya lagi.

"Sekali lagi terima kasih semuanya yang sudah dukung aku, yang lagi program jangan nge-down karena lihat aku, harus tetap semangat." tambahnya.

3. Penyebab janin Istri Denny Cagur tidak berkembang

3. Penyebab janin Istri Denny Cagur tidak berkembang
Youtube.com/Shanty Denny

Dalam video yang diunggah di YouTube-nya tersebut, Shanty juga mengungkapkan alasan kenapa janin calon anak ketiganya tersebut tidak berkembang.

"Itu bisa karena ada macem-macem faktornya, terutama dari embrionya, karena kalau dari cek lab hasil HCGaku bagus, tinggi seperti orang hamil. Tapi karena embrionya ada kelainan kromosom, jadi tidak berkembang seperti semestinya," jelasnya.

Jika diakibatkan oleh kelainan kromosom, pada dasarnya kelainan kromosom sendiri biasanya terjadi akibat adanya kesalahan pada saat fase pembelahan sel ketika masih dalam tahap awal.

4. Shanty masih menyimpan 1 tabungan embrio 

4. Shanty masih menyimpan 1 tabungan embrio 
Youtube.com/Shanty Denny

Meski sempat gagal di program bayi tabung kali ini, namun Shanty mengaku bahwa dirinya masih menyimpan 1 embrio lagi yang nanti akan dikembangkan jika kondisinya memungkinkan.

"Sekarang aku masih punya 1 embrio, sedang diproses, nanti aku akan coba cek lagi embrionya kalau bagus nanti mungkin aku akan melakukannya lagi. Kalau kurang bagus, aku harus ulangin dari awal sampai aku dapat tabungan embrionya," jelas Shanty.

Namun, hingga saat ini ia mengaku bahwa dirinya belum memastikan apakah ia masih ingin mencoba program hamil bayi tabung lagi ataukah tidak.

5. Penyebab perempuan yang sudah pernah punya anak, sulit mendapatkan anak lagi

5. Penyebab perempuan sudah pernah pu anak, sulit mendapatkan anak lagi
Youtube.com/Shanty Denny

Menurut Michael DiMattina, M.D., Direktur Dominion Fertility and Endocrinology, di Arlington, Virginia, dalam hal kesuburan, keberhasilan pada kehamilan sebelumnya tidak menjamin keberhasilan kehamilan berikutnya. 

Untuk itu, berikut adalah beberapa penyebab susah hamil anak kedua:

  • Faktor usia

Ketika usia Mama semakin bertambah terutama setelah 35 tahun, kesehatan rahim dan cadangan sel telur juga mulai berkurang.

Artinya, kualitas dan kuantitas sel telur menurun, yang menyebabkan meningkatnya peluang keguguran.

  • Frekuensi hubungan intim

Semakin meningkatnya usia, ditambah lagi beban pekerjaan, merawat anak pertama dan tingkat stres yang tinggi, menyebabkan frekuensi hubungan intim semakin menurun.

  • Komplikasi struktural

Beberapa faktor penting adalah terkait dengan komplikasi struktur dalam panggul yang meliputi saluran tuba falopi.

Penyumbatan panggul yang disebabkan oleh endometriosis atau bedah caesar sebelumnya bisa menjadi penyebab susah hamil anak kedua.

Selain itu, jika ada komplikasi yang berkembang selama kelahiran pertama dan infeksi rahim, maka akan mengakibatkan perlengketan atau penyumbatan yang berkembang di sekitar saluran tuba falopi.

  • Kesehatan sperma

Perubahan kuantitas dan bahkan kualitas (motilitas) sperma yang disebabkan karena masalah kesehatan atau efek obat dapat membuat susah hamil anak kedua.

Kebiasaan buruk seperti merokok, alkohol, narkoba dan juga suplemen testosteron juga memengaruhi kesehatan sperma.

Sama halnya seperti perempuan, kesuburan laki-laki juga dipengaruhi oleh usia.

  • Masalah gaya hidup

Kebiasaan buruk seperti kebiasaan makan tidak sehat, stres dan kelebihan berat badan juga bisa menjadi pemicunya.

Kelebihan berat badan dapat menyebabkan resistensi insulin, peningkatan hormon laki-laki dan gangguan ovulasi pada perempuan, dan pada laki-laki dapat meningkatkan kadar estrogen dan memengaruhi kualitas sperma.

Nah, itulah 5 informasi penting terkait kabar janin Istri Denny Cagur yang tidak berkembang.

Semoga dapat menjadi pelajaran bagi Mama semua dan Mama Shanty pun dapat segera kembali diberikan keturunan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.