7 Alternatif Sehat untuk Memuaskan Rasa Ngidam saat Hamil

Berlebihan memuaskan ngidam tidak baik untuk kesehatan, ganti dengan alternatif yang lebih sehat yuk

25 Mei 2021

7 Alternatif Sehat Memuaskan Rasa Ngidam saat Hamil
Freepik/andreycherkasov

Ngidam makanan tertentu sering dialami oleh ibu hamil. Keinginan makan ini dapat muncul kapan saja, termasuk di malam hari saat Mama sudah siap tidur. Meski aman, namun ngidam ini dapat menjadi masalah jika Mama melakukannya tanpa henti. Terutama ketika Mama mengonsumsi makanan tinggi kalori dan tidak bernutrisi. Alih-alih memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan, berat badan mama pun justru bisa naik dengan cepat. Kenaikan berat badan berlebih saat hamil dan konsumsi makanan tidak sehat berisiko bagi kehamilan.

Untuk menghindari konsumsi berlebihan dan kelebihan berat badan, ganti camilan yang memungkinkan Mama memuaskan semua keinginan makan asin, renyah, dan lembut dengan makanan yang bernutrisi.

Jika lain kali Mama tergoda untuk mengambil toples kue, tukarlah dengan alternatif makanan yang lebih sehat ini.

Apa saja yang alternatif makanan saat ngidam yang dapat diganti? Simak ulasannya di Popmama.com berikut ini, Ma.

1. Dendeng untuk mengganti camilan kenyal

1. Dendeng mengganti camilan kenyal
Pixabay/Zichrini

Mulut mama mungkin tidak dapat berhenti mengunyah. Meski sudah kenyang, ada keinginan untuk terus mengunyah sesuatu. Mama dapat mengganti camilan tinggi kalori dengan dendeng yang mengandung sedikit gula dan natrium.

Daging kering merupakan sumber protein rendah lemak, ini dapat dijadikan solusi cerdas untuk memenuhi keinginan ngemil.

2. Selai kacang dalam bentuk porsi kecil

2. Selai kacang dalam bentuk porsi kecil
Freepik/Azerbaijan-stockers

Saat Mama menginginkan sesuatu yang lembut seperti selai kacang, alih-alih mengudap setoples selai kacang, Mama dapat menyiapkan selai dalam bentuk porsian.

Meski kacang baik untuk kesehatan, namun mengudap setoples selai kacang bisa meningkatkan berat badan dengan cepat, Ma. Karena itu, Mama dapat mengontrol porsi yang Mama makan dengan menyiapkan selai kacang per porsi. Cukup konsumsi satu porsi kecil setiap muncul keinginan untuk mengonsumsi selai.

Selai kacang, seperti almond dan kacang tanah, menyediakan perpaduan protein dan lemak sehat yang baik untuk mengatasi perut lapar dan menghentikan episode mengunyah tanpa henti yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan saat hamil yang berlebihan.

Meskipun selai kacang mengandung banyak protein, jika Mama memilih jenis almond, Mama akan mendapatkan lebih banyak mineral seperti kalsium dan magnesium untuk membangun tulang yang lebih kuat bagi Mama dan janin.

Editors' Picks

3. Kacang panggang untuk mengganti camilan renyah

3. Kacang panggang mengganti camilan renyah
Freepik/azerbaijan_stockers

Saat Mama ingin mengonsumsi snack renyah, ganti dengan kacang panggang. Snack, biasanya tinggi kalori dan tidak mengandung banyak nutrisi. Selain itu, rasanya yang asin dapat memicu tekanan darah tinggi yang harus dihindari oleh ibu hamil.

Selain membantu menahan rasa lapar dan mencegah perubahan gula darah, diet tinggi serat bisa sangat membantu untuk menghilangkan sembelit kehamilan yang sangat dibenci itu. Kacang juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk perkembangan janin.

4. Cokelat bubuk untuk mengganti cokelat yang tinggi kadar gula

4. Cokelat bubuk mengganti cokelat tinggi kadar gula
Pixabay/sabrina_ripke_fotografie

Tidak ada yang salah dengan menikmati sepotong cokelat di sore hari. Namun Mama juga harus memerhatikan kandungan gula pada cokelat yang Mama makan.

Sebagai alternatif, Mama dapat menyiapkan segelas susu cokelat hangat. Cokelat bubuk adalah cara mudah untuk memberikan esensi cokelat pada makanan atau minuman mama tanpa menimbulkan rasa bersalah.

Hindari bubuk cokelat yang sudah dicampur dengan banyak gula agar tidak meningkatkan risiko diabetes gestasional.

5. Anggur beku untuk mengganti es krim

5. Anggur beku mengganti es krim
Freepik/azerbaijan_stockers

Sebagian besar makanan ringan beku dapat dengan cepat mengubah rencana diet sehat sembilan bulan mama. Camilan beku, seperti es krim, mengandung  campuran lemak tidak sehat dan pemanis. Untuk sementara, Mama dapat menggantinya dengan anggur beku.

Meski beku, anggur memiliki konsistensi mirip dengan es loli anggur dalam versi yang lebih sehat. Anggur juga mengandung vitamin K yang mendukung perkembangan tulang janin. Selain itu, kandungan antioksidan juga baik untuk tubuh.

6. Keripik apel untuk mengganti camilan manis

6. Keripik apel mengganti camilan manis
Pexels/andres-ayrton

Berikut adalah cara untuk memuaskan hasrat akan makanan manis dan renyah secara bersamaan: keripik apel. Namun pastikan Mama mengonsumsi keripik apel panggang, bukan yang digoreng.  

Ini adalah cara yang bagus dan mudah untuk menambahkan serat ekstra ke dalam makanan untuk meredakan fluktuasi gula darah dan rasa lapar. Selain itu, gula alami dalam apel belum pernah dikaitkan dengan gangguan kesehatan yang disebabkan oleh gula tambahan. Ini membuat paket keripik apel dapat dijadikan pilihan saat Mama menginginkan sesuatu yang manis dan renyah.

7. Rumput laut kering untuk mengganti keripik asin dan gurih

7. Rumput laut kering mengganti keripik asin gurih
Freepik/Holiday.photo.top

Saat Mama ingin keripik dan camilan asin lainnya, paket camilan rumput laut bisa menjadi penyelamat. Dengan rasa asin alami tanpa garam, lembaran persegi yang berasal dari laut ini dikemas dengan rasa umami. Mama dapat mengonsumsinya tanpa perlu memikirkan soal kalori.

Karena pilihan camilan asin ini dapat membantu mengurangi asupan garam, hal ini dapat meminimalkan retensi dan pembengkakan saat hamil. Rumput laut dianggap menyerap nutrisi dan antioksidan penting yang dapat meningkatkan kesehatan.

Ngidam adalah hal yang sering dialami oleh setiap ibu hamil. Namun Mama juga harus berhati-hati saat mengonsumsi makanan tertentu dan tetap memerhatikan kebutuhan nutrisi. Mengganti makanan tertentu dengan makanan lain yang lebih sehat dapat menjadi solusinya.

Makanan apa yang Mama idamkan saat hamil?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.