TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Apakah Aman Duduk Bersila di selama Kehamilan?

Ketahui mitos dan faktanya, Ma

13 Agustus 2022

Apakah Aman Duduk Bersila selama Kehamilan
Freepik/lookstudio

Saat hamil, Mama mungkin mudah lelah dan merasakan beberapa ketidaknyamanan. Ini normal kok, Ma. Selain itu, Mama juga harus berhati-hati dengan apa yang dilakukan, salah-salah bisa mengganggu perkembangan janin atau membuat Mama sakit.

Salah satu yang perlu diperhatikan adalah posisi duduk. Posisi duduk yang salah bisa menyebabkan sakit punggung. Bahkan ada yang menyebutkan, salah posisi duduk bisa membuat kepala janin menjadi rata. Misalnya posisi duduk bersila.

Posisi duduk bersila merupakan salah satu posisi duduk yang nyaman dilakukan di saat santai atau sedang makan lesehan. Namun apakah aman duduk bersila selama kehamilan? Jika Mama termasuk yang suka duduk bersila saat hamil, yuk, simak penjelasannya pada ulasan Popmama.com berikut ini.

Mitos Seputar Ibu Hamil Duduk Bersila

Mitos Seputar Ibu Hamil Duduk Bersila
Freepik/Unaihuiziphotography

Ada beberapa mitos tentang duduk bersila saat hamil. Ibu hamil disarankan untuk menghindari posisi ini karena dapat:

  • membuat kepala janin jadi rata,
  • menjerat tali pusar,
  • menyebabkan ketidaknyamanan pada janin yang sedang tumbuh.

Namun tidak ada bukti yang mendukung pernyataan tersebut.

Editors' Picks

Apakah Ibu Hamil Boleh Duduk Bersila?

Apakah Ibu Hamil Boleh Duduk Bersila
Freepik/lookstudio

Secara umum, ya. Mama bisa duduk bersila selama masa kehamilan selama terasa nyaman.

Duduk bersila adalah kebiasaan yang sering dilakukan saat masih kecil. Bahkan saat berkunjung ke rumah makan lesehan, tamu biasanya makan sambil duduk bersila. Saat melakukan pekerjaan rumah tangga atau sedang bersantai, bersila mungkin menjadi posisi duduk yang paling nyaman.

Duduk bersila juga merupakan posisi yang disukai untuk sebagian besar upacara keagamaan, yoga, dan meditasi.

Manfaat Duduk Bersila saat Hamil

Manfaat Duduk Bersila saat Hamil
Freepik/onlyyouqj

Selain nyaman, duduk bersila ternyata juga bermanfaat bagi ibu hamil, lho. Sebagian ibu hamil mungkin disarankan untuk duduk bersila. Ini berasal dari kepercayaan umum lainnya, bahwa posisi tersebut membantu janin masuk ke posisi yang menguntungkan untuk persalinan.

Setiap posisi yang membuka panggul dapat membantu membuka panggul yang siap untuk melahirkan. Namun tidak ada penelitian dilakukan untuk mengamati soal duduk bersila dan kelancaran persalinan.

Pose Baddha Konasana, di mana telapak kaki bersentuhan, mirip dengan pose duduk bersila. Posisi ini direkomendasikan oleh fisioterapis untuk membantu hal berikut:

  • membuka panggul dan mengendurkan sendi pinggul siap untuk persalinan,
  • memperbaiki postur dan mengurangi ketegangan di punggung bawah.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Hal Perlu Diperhatikan
Pixabay/tawnyNina

Meski nyaman dan bermanfaat, duduk dalam posisi bersila tidak dianjurkan bagi ibu hamil yang menderita:

  • nyeri korset panggul (PGP),
  • disfungsi simfisis pubis (SPD).

Pasalnya, posisi tersebut cenderung menempatkan panggul pada posisi asimetris. Posisi ini dapat menyebabkan distribusi berat pada kaki tidak merata. Ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan ketegangan.

Selain itu, duduk bersila untuk waktu yang lama memberi tekanan pada kaki dan pergelangan kaki. Sehingga dapat membatasi sirkulasi, menyebabkan pembengkakan (edema) atau varises.

Mama juga perlu mengingat bahwa duduk dalam waktu lama dalam posisi apa pun (tidak hanya bersila saja) dapat menyebabkan ketegangan punggung. Memiringkan panggul dapat meredakan ketegangan punggung yang disebabkan oleh duduk atau berdiri dalam waktu lama.

Saat duduk, perlahan-lahan gerakkan panggul maju mundur, membuat punggung merosot ke bawah dan kemudian melengkung.

Bagaimana pun, penting untuk mendengarkan tubuh dan mengubah posisi jika Mama mengalami sakit punggung, ketidaknyamanan, kesemutan atau mati rasa. Tidak ada salahnya untuk melaporkan setiap sakit dan nyeri ke dokter yang mengetahui Riwayat kehamilan Mama.

Mama mungkin juga memperhatikan bahwa saat kehamilan berlanjut dan saat perut membesar, Mama pun tidak segesit sebelumnya. Mama mungkin merasa duduk di lantai atau bangun dari posisi duduk tidak nyaman dan agak sulit. Jika ini terjadi, pertimbangkan untuk duduk di kursi yang nyaman atau bangku rendah.

Nah itu penjelasan tentang apakah aman duduk bersila selama kehamilan. Selama Mama merasa nyaman, posisi duduk ini aman dan diperbolehkan untuk ibu hamil. Namun, pastikan untuk bergerak setiap beberapa saat untuk mengurangi kesemutan atau mati rasa.

Semoga informasi ini bermanfaat, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk