Bolehkah Ibu Hamil Minum Teh Herbal? Ini Faktanya!

Teh herbal memberikan beberapa manfaat kesehatan, namun amankah untuk ibu hamil?

25 Mei 2022

Bolehkah Ibu Hamil Minum Teh Herbal Ini Faktanya
Freepik/freepik

Sebagian orang mungkin menikmati teh herbal karena manfaat kesehatan yang bisa diperolehnya. Namun, saat hamil, Mama perlu lebih berhati-hati saat mengonsumsi makanan dan minuman tertentu.

Mengetahui apa yang bisa atau tidak bisa Mama minum atau makan selama kehamilan dapat membingungkan. Jika Mama biasanya suka bersantai dengan secangkir teh herbal, Mama mungkin bertanya-tanya apakah kebiasaan ini bisa terus dilakukan saat hamil?

Nah, agar Mama dapat minum teh herbal dengan aman, simak dulu penjelasan Popmama.com berikut ini tentang bolehkah ibu hamil boleh minum teh herbal?

Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Teh Herbal?

Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Teh Herbal
Freepik/senivpetro

Singkatnya ya boleh, tapi tidak semua teh herbal. Mungkin sulit untuk membatasi asupan kafein saat hamil, terutama jika Mama sudah terbiasa minum kopi atau teh sebelumnya.

Tidak ada lagi cangkir kopi besar atau cangkir teh di pagi hari. Jadi Mama berada di jalur yang benar dengan mengganti kafein dengan teh herbal, tetapi berhati-hatilah saat melakukannya. Ketika berbicara tentang teh herbal selama kehamilan, alami tidak selalu berarti aman.

Kebanyakan teh herbal dan buah aman untuk diminum selama kehamilan, selama Mama tidak meminumnya dalam jumlah yang berlebihan. Terutama pada trimester pertama. Satu atau dua cangkir sehari seharusnya baik-baik saja, jangan meminumnya terus-menerus.

Ini karena teh herbal mengandung jumlah yang lebih kecil dari bahan kimia tanaman yang sama dengan obat-obatan herbal. Bahan ini dapat berdampak pada kondisi tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah yang lebih besar saat hamil.

Yang bisa Mama lakukan adalah mencampurnya dan tidak minum teh herbal yang sama setiap hari, cobalah rasa yang berbeda.

Editors' Picks

Teh Herbal yang Harus Dihindari oleh Ibu Hamil

Teh Herbal Harus Dihindari oleh Ibu Hamil
Freepik/jcomp

Teh daun raspberry

Teh daun raspberry sering diminum sekitar minggu ke-32 oleh calon mama, karena banyak yang percaya itu membantu mengencangkan otot-otot rahim. Ini, pada gilirannya, membantu mempersiapkan tubuh untuk persalinan. Namun ada beberapa keadaan ketika teh daun raspberry tidak dianjurkan.

Teh sage

Teh sage mengandung thujone yang telah dikaitkan dengan keguguran dan tekanan darah tinggi.

Teh peterseli

Teh ini juga meningkatkan risiko dan perkembangan janin jika diminum dalam jumlah besar. Namun, Mama masih dapat menggunakannya dalam jumlah yang aman untuk memasak.

Teh hijau

Teh hijau sering disalahartikan sebagai teh herbal, tapi sebagian besar teh hijau mengandung kafein dan harus diwaspadai.

Teh yang digunakan untuk membantu tidur lebih nyenyak

Ada beberapa teh yang diklaim dapat membantu agar tidur lebih nyenyak. Tapi Mama harus memastikan apakah teh tersebut mengandung valerian. Meski belum ada penelitian, valerian dipercaya dapat menekan kadar zinc yang bermanfaat untuk perkembangan otak janin dan bayi saat lahir.

Teh kamomil

Teh ini direkomendasikan untuk mengatasi depresi, gangguan kecemasan, dan masalah pencernaan. Minum teh ini masih diperbolehkan untuk membuat Mama merasa lebih santai. Namun hal ini sebaiknya dihindari dengan masalah sirkulasi pada janin.

Minuman yang Baik untuk Ibu Hamil

Minuman Baik Ibu Hamil
Freepik/rawpixel.com

Kebutuhan tubuh akan air meningkat selama kehamilan. Sehingga sangat penting bagi Mama untuk tetap terhidrasi untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin.

Berikut beberapa minuman yang baik untuk Mama dan janin:

  • Air putih
  • Susu rendah lemak
  • Teh jahe
  • Smoothie buah dan sayuran

Jenis Minuman yang Harus Dibatasi atau Dihindari selama Kehamilan

Jenis Minuman Harus Dibatasi atau Dihindari selama Kehamilan
Freepik/Lifeforstock

Sekarang setelah Mama mengetahui jenis minuman terbaik untuk ibu hamil, ketahui jenis minuman yang sebaiknya dihindari saat hamil:

  • Alkohol.
  • Jus dan susu yang tidak dipasteurisasi karena dapat mengandung bakteri.

Mama juga harus membatasi beberapa jenis minuman berikut:

  • Minuman berkafein
  • Soda
  • Jus kotak

Jadi, ibu hamil boleh minum teh herbal, namum tidak semua jenis teh herbal bisa diminum saat hamil. Jika tidak yakin akan kandungannya, diskusikan dengan dokter mengenai teh herbal yang akan atau sedang Mama minum.

Apa teh herbal kesukaan Mama?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk