5 Cara Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental selama Bed Rest saat Hamil

Apakah mama khawatir berat badan akan bertambah atau otot akan lemas selama bed rest?

22 September 2020

5 Cara Menjaga Kesehatan Fisik Mental selama Bed Rest saat Hamil
freepik.com/wavebreakmedia-micro

Ada beberapa kondisi yang membuat Mama harus beristirahat total atau bed rest saat hamil. Bed rest biasanya disarankan oleh dokter karena Mama mengalami kondisi tertentu sehingga dibutuhkan istirahat total. Bed rest bertujuan untuk menjaga kehamilan dan janin.

Namun, bed rest tidak mudah untuk dilakukan. Selain membosankan, banyak ibu hamil yang khawatir jika ini akan menambah berat badan dengan cepat. Mama juga mungkin khawatir otot akan menjadi kendur karena kurang gerak.

Meski Mama menghabiskan banyak waktu di tempat tidur, ada beberapa cara untuk tetap sehat dan fit. Berikut Popmama.com telah merangkum cara menjaga kesehatan fisik dan mental selama bed rest saat hamil agar tetap sehat dan bugar.

1. Pahami kebutuhan kalori

1. Pahami kebutuhan kalori
Freepik/timolina

Menentukan kebutuhan kalori harian menjadi tantangan saat hamil, ditambah lagi ketika Mama harus beristirahat total di tempat tidur.

Mama harus memperhitungkan kondisi dan perubahan nutrisi serta fakta bahwa pergerakan terbatas. Konsultasikan dengan dokter untuk membantu menentukan kebutuhan kalori harian berdasarkan berat badan, tinggi, serta tingkat aktivitas.

Setelah Mama menetapkan jumlah kalori harian, coba gunakan aplikasi penghitung kalori untuk menjaga asupan harian tetap pada jalurnya.

Editors' Picks

2. Berbelanja online

2. Berbelanja online
Freepik/jannoon028

Walau Mama harus berada di tempat tidur dalam jangka waktu panjang, bukan berarti Mama tidak bisa mengurus rumah tangga atau menyiapkan makanan.

Saat ini banyak supermarket atau restoran yang menyediakan layanan delivery. Pertimbangkan untuk berbelanja online ketika Mama harus menghabiskan waktu di tempat tidur. Dengan cara ini, Mama dapat memastikan makanan sehat selalu tersedia.

3. Jangan ragu untuk minta bantuan

3. Jangan ragu minta bantuan
Freepik/Freepik

Ketika keluarga dan teman menawarkan bantuan, mereka benar-benar ingin melakukan apa pun untuk membantu Mama. Jadi jangan takut untuk menjelaskan permintaan mama secara spesifik.

Jika anggota keluarga menawarkan untuk membawakan makanan, beri tahu mereka daftar makanan apa saja yang boleh Mama konsumsi.

4. Libatkan pikiran

4. Libatkan pikiran
parents.com

Rasa bosan berada di tempat tidur dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan stres atau bahkan depresi. Ini mungkin berefek pada selera makan, Mama mungkin akan terus makan tanpa sadar atau justru kehilangan selera makan.

Menyadari tanda-tanda fisik sebenarnya dari rasa lapar adalah kunci untuk mencegah makan tanpa henti saat bed rest. Penting untuk bertanya pada diri sendiri apakah Mama lapar atau hanya bosan. Sebelum meraih camilan, luangkan waktu untuk memeriksa tubuh dan otak untuk menilai apakah Mama kenyang atau benar-benar lapar.

Ketika tampaknya kebosanan adalah penyebab sebenarnya di balik keinginan untuk makan, alihkan fokus dengan melibatkan pikiran ke tempat lain. Membaca buku atau memulai hobi baru yang membutuhkan konsentrasi dapat membantu.

5. Lakukan peregangan ringan (dengan persetujuan dokter)

5. Lakukan peregangan ringan (dengan persetujuan dokter)
Freepik/Phduet

Istirahat di tempat tidur jelas bukan waktu yang tepat untuk berolahraga. Namun, ada beberapa olahraga ringan yang diperbolehkan untuk menjaga kebugaran, Ma.

Pastikan Mama mendapatkan lampu hijau dari dokter sebelum melakukan aktivitas yang paling ringan sekalipun.

Karena Mama mungkin perlu menghindari penggunaan otot perut yang berlebihan, peregangan dan latihan yang berfokus pada kelompok otot lain merupakan pilihan terbaik.

Pelajari bagaimana melatih bagian tubuh yang lain. Mama dapat melatih otot kaki, paha depan, paha belakang, dan pantat. Saat berbaring di tempat tidur, remas sekuat mungkin  kaki, paha, dan pantat selama 5-10 detik dan rilekskan. Lakukan ini 10-15 kali per kelompok otot utama.

Ini akan mengingatkan otak untuk terus menghidupkan otot-otot serta membantu menjaga otot sambil istirahat dan pemulihan.

Latihan ringan lainnya yang bisa Mama coba termasuk gerakan memutar bahu dan leher, pergelangan kaki atau pergelangan tangan, atau gerakan telentang. Selain manfaat fisik dari aktivitas, menyisihkan waktu setiap hari untuk berolahraga dapat membantu mengurangi rasa bosan dan memperbaiki mood.

Beristirahat di tempat tidur terkadang sulit dan membuat frustrasi tetapi demi kebaikan janin dan Mama, ini harus dipatuhi. Yuk, lakukan cara-cara di atas untuk menjaga kesehatan fisik dan mental selama bed rest saat hamil!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.