6 Hal yang Sering Dipikirkan oleh Ibu Hamil di Trimester Pertama

Di awal kehamilan, kok banyak pikiran ya? Apakah ini normal?

29 Juli 2020

6 Hal Sering Dipikirkan oleh Ibu Hamil Trimester Pertama
pregnancy.lovetoknow.com

Kehamilan merupakan salah satu momen yang membahagiakan bagi seorang perempuan. Namun, tidak jarang, momen ini juga dipenuhi dengan rasa cemas.

Tidak hanya itu, perubahan hormon yang menyebabkan emosi naik turun juga turut menyebabkan Mama tidak berhenti berpikir. Bila ini dibiarkan, Mama mungkin akan mengalami stres yang dapat berisiko bagi kehamilan dan kesehatan. Tetapi jangan khawatir, ini normal kok, Ma.

Berikut Popmama.com rangkum enam hal yang sering dipikirkan oleh ibu hamil pada trimester pertama. Apa saja ya? Simak sampai selesai ya, Ma

1. Imajinasi tentang bayi memenuhi kepala setelah mendapatkan hasil tes kehamilan

1. Imajinasi tentang bayi memenuhi kepala setelah mendapatkan hasil tes kehamilan
Freepik

Ini mungkin terjadi sesaat setelah mengetahui bahwa Mama hamil, Mama biasanya akan merasa sangat bersemangat.

Kemudian imajinasi mengenai bayi, bagaimana rupanya, akan mirip siapa bayi nanti, semua mulai memenuhi otak mama. Ini normal kok, Ma. Tapi alih-alih khawatir karena terlalu bersemangat, nikmatilah masa-masa ini.

2. Apakah semua akan kembali normal setelah melahirkan?

2. Apakah semua akan kembali normal setelah melahirkan
Freepik

Ketika Mama berada di trimester pertama dan merasa mual, lelah, serta moody, ini membuat Mama bertanya-tanya apakah keadaan akan kembali seperti semula.

Sulit membayangkan bagaimana situasi setelah Mama melahirkan pada saat ini. Lagi-lagi hormon menjadi penyebabnya.

Jangan khawatir, Ma, meski keadaan akan berubah setelah melahirkan, Mama pasti bisa mengatasinya.

Editors' Picks

3. Bagaimana cara melewati kehamilan dengan lancar

3. Bagaimana cara melewati kehamilan lancar
Freepik

Di trimester pertama ini Mama akan mengalami morning sickness, mual, lelah, dan perubahan mood. Mama mungkin akan bertanya-tanya bagaimana melewati trimester kedua dan ketiga nanti.

Seiring dengan berjalannya waktu, Mama akan semakin terbiasa dengan kehamilan dan merasa jauh lebih baik.

Mungkin ketika Mama mual, muntah, lelah, atau kesal, sulit untuk membayangkan kalau semua akan berlalu. Namun percayalah, Ma, semua akan baik-baik saja dan Mama dapat melewatinya.

4. Hal-hal yang boleh dilakukan selama hamil

4. Hal-hal boleh dilakukan selama hamil
Freepik/Racool_studio

Selama trimester pertama Mama mungkin sering bertanya-tanya mengenai hal-hal yang boleh atau tidak boleh dilakukan. Ini normal, Ma. Karena 3 bulan pertama adalah masa yang sensitif selama kehamilan. Mama pun berjaga-jaga dan memastikan agar janin baik-baik saja.

Selain mendapat jawaban dan saran dari internet, Mama pun akan mendapatkan saran dari teman atau keluarga yang sudah mengalaminya.  Ini adalah salah satu momen yang menyenangkan, Ma!

5. Bagaimana caranya memberitahu teman dekat atau keluarga mengenai kehamilan

5. Bagaimana cara memberitahu teman dekat atau keluarga mengenai kehamilan
Freepik

Mama mungkin bertanya-tanya mengenai bagaimana memberitahu keluarga dan teman. Perlukah memberitahu semua orang? Atau Mama mungkin berpikir untuk tetap diam sampai semua orang mengetahuinya sendiri.

Kehamilan merupakan hal yang membahagiakan, jadi jangan ragu untuk berbagi berita bahagia ini dengan orang terdekat, Ma.

6. Apakah sekarang terlalu dini untuk mendekor kamar bayi dan berbelanja?

6. Apakah sekarang terlalu dini mendekor kamar bayi berbelanja
Freepik

Trimester pertama mungkin terlalu dini untuk mulai berbelanja perlengkapan bayi. Namun Mama pasti mulai membayangkan mengenai dekor kamar, pakaian, dan semua perlengkapan. Wajar kok, Ma.

Tetapi usahakan untuk menahan keinginan itu sampai trimester ketiga. Dengan menahan keinginan untuk berbelanja, Mama terhindar dari membeli barang-barang yang mungkin tidak diperlukan.

Di trimester pertama ini Mama mengalami banyak perubahan dan harus menyesuaikan diri pada kehamilan. Jika Mama memiliki banyak pertanyaan yang muncul di benak, ini wajar. Namun jangan biarkan semua pertanyaan dan pikiran malah membuat Mama stres. Stres selama kehamilan dapat berefek pada janin.

Itulah enam hal yang sering dipikirkan oleh ibu hamil di trimester pertama. Semoga Mama sekarang tidak terlalu khawatir lagi ya karena percayalah Mama tidak sendirian menjalani kehamilan ini. Tetap semangat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.