Hindari Risiko Cacat Lahir, Ini Manfaat DHA untuk Ibu Hamil dan Janin

DHA bisa diperoleh melalui makanan dan suplemen, mana yang paling cocok untuk Mama?

16 Juni 2021

Hindari Risiko Cacat Lahir, Ini Manfaat DHA Ibu Hamil Janin
Unsplash/Volodymyr Hryshchenko

Konsumsi makanan bernutrisi saat hamil, selain baik untuk kesehatan ibu hamil, juga penting untuk tumbuh kembang janin.

Suplemen kehamilan dibutuhkan untuk memenuhi asupan nutrisi yang tidak diperoleh dari makanan. Salah satu yang penting adalah DHA.

Docosahexaenoic acid (DHA) adalah jenis asam lemak omega-3 yang penting untuk kesehatan mama dan janin. Konsumsi DHA dalam bentuk suplemen selama kehamilan dapat membantu mendukung pertumbuhan janin yang sehat.

Sebagian besar suplemen DHA berasal dari:

  • Minyak hati ikan kod,
  • minyak krill,
  • minyak ikan dalam ikan berlemak seperti salmon, tuna, herring, mackerel, dan sarden,
  • minyak alga.

Ulasan Popmama.com kali ini akan membahas soal manfaat DHA untuk ibu hamil dan janin, serta potensi efek samping dan dosis yang dianjurkan. Apa saja ya?

Manfaat DHA untuk Ibu Hamil

Manfaat DHA Ibu Hamil
Unsplash/Dragos Gontariu

Semua bentuk asam lemak omega-3 sangat penting untuk kesehatan, terutama selama kehamilan. Kita harus mengonsumsi asam lemak omega-3 melalui makanan atau suplemen karena tubuh tidak memproduksinya secara alami.

Omega-3 DHA sangat penting untuk perkembangan mata, sistem saraf, dan otak yang sehat.

Banyak penelitian menunjukkan hubungan positif antara konsumsi DHA dan fungsi visual dan kognitif. Mengonsumsi asam lemak omega-3 selama kehamilan juga dapat menurunkan risiko kelahiran prematur. Selain itu, penelitian lama menghubungkan DHA dengan peningkatan kesuburan dan kesehatan telur reproduksi.

Manfaat suplementasi DHA juga dapat meluas ke ibu hamil. DHA dapat meningkatkan suasana hati selama akhir kehamilan dan awal pascapersalinan.

Editors' Picks

Efek Samping Konsumsi Suplemen DHA

Efek Samping Konsumsi Suplemen DHA
Unsplash/Anh Nguyen

Mereka yang memiliki alergi atau tidak toleran terhadap makanan laut, kacang-kacangan, kedelai, susu, atau alergen makanan lainnya harus memastikan produk DHA tidak mengandung alergen ini.

Efek samping dari mengonsumsi DHA cenderung ringan atau ringan, termasuk:

  • Diare,
  • ketidaknyamanan perut,
  • bau mulut,
  • rasa tidak enak di mulut,
  • bersendawa,
  • mual,
  • maag,
  • sakit kepala,
  • keringat yang baunya lebih buruk dari biasanya.

Dalam beberapa kasus, DHA juga dapat berinteraksi secara negatif dengan suplemen atau obat-obatan, seperti antikoagulan warfarin.

Dosis Suplemen DHA untuk Ibu Hamil

Dosis Suplemen DHA Ibu Hamil
Unsplash/Sharon McCutcheon

Menurut National Institutes of Health (NIH), tidak ada rekomendasi yang ditetapkan mengenai dosis DHA. Namun, para ahli merekomendasikan ibu hamil untuk mengonsumsi 200 miligram (mg) DHA per hari. Selain itu, sebagian besar suplemen prenatal mengandung 200 mg DHA.

Dalam hal konsumsi makanan, orang hamil harus berusaha untuk makan minimal dua porsi kerang atau ikan rendah merkuri per minggu sebelum dan selama kehamilan dan saat menyusui.

Konsumsi DHA terlalu banyak dapat menyebabkan masalah perdarahan dan berdampak negatif pada sistem kekebalan tubuh.

Bagaimana Memilih Suplemen DHA untuk Ibu Hamil?

Bagaimana Memilih Suplemen DHA Ibu Hamil
unsplash/Angel Sinigersky

Memilih suplemen DHA berkualitas tinggi adalah penting. Produk berkualitas rendah yang tidak diverifikasi dapat mengandung racun dan kontaminan. Sistem pemurnian paling canggih menghilangkan hampir semua senyawa berbahaya ini.

Oleh karena itu, penting untuk memilih produk dengan kemasan yang menunjukkan bahwa organisasi atau laboratorium pihak ketiga yang memiliki reputasi baik telah memverifikasi kualitas dan kemurnian produk dalam partikel per triliun tingkat.

Mama dapat berdiskusi dengan dokter yang mengetahui kondisi kesehatan dan kehamilan mengenai kebutuhan DHA. Apakah sudah tercukupi melalui konsumsi makanan atau harus dibantu dengan suplemen khusus. Jika Mama membutuhkan suplemen, tanyakan kepada dokter mengenai suplemen yang cocok untuk Mama.

Itulah informasi mengenai manfaat DHA untuk ibu hamil dan janin. Jangan sembarangan mengonsumsi suplemen prenatal ya, Ma. Lakukan dengan persetujuan dari dokter.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.