Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Ibu Hamil Sering Terbangun di Malam Hari karena Lapar, Normalkah?

Sebagian ibu hamil mudah lapar, namun jika sering terbangun karena lapar, apakah ini normal?

30 Januari 2023

Ibu Hamil Sering Terbangun Malam Hari karena Lapar, Normalkah
Pexels/Koolshooters

Saat hamil, Mama membutuhkan asupan nutrisi lebih banyak dari biasanya untuk merawat janin. Mudah lapar saat hamil adalah hal yang normal, Ma. Hampir setiap ibu hamil mengalaminya, jadi jangan khawatir.

Mudah lapar dapat terjadi karena beberapa hal, seperti janin makin bertumbuh sehingga membutuhkan nutrisi tambahan untuk mendukungnya. Selain itu, perubahan hormon juga turut menjadi penyebabnya, Ma.

Tetapi apakah normal jika Mama merasa lapar saat tidur malam dan terbangun karena rasa lapar?

Ketahui penyebab Mama sering merasa lapar di malam hari dan tips mengatur makan agar Mama tidak sering terbangun di ulasan Popmama.com berikut ini.

Mengapa Mama Terbangun Tengah Malam dan Merasa Lapar?

Mengapa Mama Terbangun Tengah Malam Merasa Lapar
Pexels/Elijah O'Donnell

Perubahan hormon dapat membuat ibu hamil mudah lapar. Ini biasa terjadi di awal kehamilan dan selama trimester pertama.

Saat hamil, tubuh bekerja lebih baik dalam memanfaatkan energi yang berasal dari makanan. Jadi tidak heran jika Mama terbangun di malam hari dan merasa lapar. Tidur dengan perut kosong juga meningkatkan ketidaknyamanan saat hamil, Ma.

Namun terbangun terus di malam hari tentu menyebalkan, ya, Ma. Mama pun tidak mendapatkan tidur yang berkualitas jika terus terbangun.

Sedangkan tidur dan istirahat sangat penting bagi ibu hamil yang sedang menumbuhkan janin. Jadi apa yang harus dilakukan? Mama dapat mengatur pola makan sebelum tidur. Berikut tipsnya:

Editors' Picks

Apa yang Harus Dimakan di Siang Hari?

Apa Harus Dimakan Siang Hari
Pexels/Trang Doan

Untuk makan siang, konsumsi banyak buah dan sayuran, dan pilih roti gandum atau nasi merah dan pasta daripada varietas putih.

Makanan ini kaya akan serat dan melepaskan energi secara perlahan. Sehingga Mama merasa kenyang lebih lama dan juga membantu mencegah sembelit.

Kurangi makanan manis dan berlemak. Jenis makanan ini mungkin memberi dorongan energi yang cepat, tetapi tidak benar-benar membuat kenyang.

Makanan manis dan berlemak juga dapat memperburuk mual di pagi hari. Juga tidak memberi nutrisi yang Mama dan janin butuhkan.

Pastikan Mama minum banyak cairan di siang hari. Terkadang rasa haus bisa dikacaukan dengan rasa lapar. Jika Mama akan terbangun karena buang air kecil, cobalah untuk minum lebih banyak di siang hari.

Makan Sebelum Tidur

Makan Sebelum Tidur
Pixabay/stevepb

Konsumsi makanan yang tinggi pati dan gula sebelum tidur, seperti junk food, dapat menyebabkan gula darah melonjak dan kemudian turun.

Ketika gula darah turun, rasa lapar akan membuat Mama terbangun. Jadi jika Mama benar-benar ingin mengonsumsi junk food, pastikan Mama melakukannya di siang hari.

Konsumsi makanan ringan sebelum tidur dan sediakan camilan sehat, seperti:

  • Sepotong roti panggang
  • Buah dan sayuran segar
  • Telur rebus
  • Semangkuk kecil sereal
  • Segenggam kacang asin.

Beberapa makanan mengandung asam amino peningkat tidur alami yang disebut triptofan, yang dapat membantu Mama tidur. Kalkun, ayam, dan biji labu semuanya mengandung triptofan. Namun, jangan tergoda untuk mengonsumsi suplemen triptofan karena tidak aman untuk kehamilan.

Penelitian lain menemukan bahwa buah kiwi dapat membantu tidur karena mengandung hormon penenang yang disebut serotonin.

Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi jika Terbangun di Malam Hari

Makanan Sebaik Dikonsumsi jika Terbangun Malam Hari
Pixabay/stevepb

Jika Mama terbangun saat tengah malam dan merasa lapar, pilihlah makanan yang sehat dan memuaskan rasa lapar. Cobalah minuman susu atau makan sesuatu yang mengandung karbohidrat dan protein. Misalnya semangkuk sereal dengan susu, roti panggang dengan selai kacang, atau beberapa biskuit dengan keju.

Jika Mama memiliki gangguan pencernaan, hindari makanan yang berlemak dan pedas, serta kafein, jus buah, dan cokelat. Ini semua dapat membuat mulas, yang selanjutnya dapat mengganggu tidur.

Apakah Mama saat hamil juga suka terbangun di malam hari karena lapar? Apa yang Mama konsumsi? Yuk, ceritakan pengalaman mama di kolom komentar.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk