Kondisi Kulit Wajah Menentukan Jenis Kelamin Janin, Mitos atau Fakta?

Jenis kelamin janin berefek pada kondisi kulit wajah ibu hamil, kira-kira mitos atau fakta?

12 Oktober 2021

Kondisi Kulit Wajah Menentukan Jenis Kelamin Janin, Mitos atau Fakta
Freepik/lookstudio

Saat hamil, Mama akan mengalami banyak perubahan pada tubuh yang disebabkan oleh hormon. Salah satu yang sering dialami oleh ibu hamil, yakni terjadinya perubahan kulit.

Ada yang mendadak berjerawat, muncul strech mark, atau bahkan melasma. Perubahan fisik ini normal kok, Ma. Biasanya akan kembali normal setelah Mama melahirkan.

Perubahan kondisi kulit wajah ibu hamil dipercaya dapat menunjukkan jenis kelamin calon bayi yang dikandung. Benarkah keyakinan ini? Seperti yang Mama ketahui bahwa ada banyak cara tradisional untuk mengetahui jenis kelamin si Kecil. Misalnya saja seperti bentuk perut menunjukkan jenis kelamin tertentu.

Cara tradisional untuk menentukan jenis kelamin calon bayi ini beredar luas di masyarakat secara turun temurun, Ma. Lantas, benarkah perubahan kulit wajah ibu hamil dapat menentukan jenis kelamin calon bayi?

Yuk, simak penjelasannya pada ulasan Popmama.com berikut ini, Ma!

Fakta tentang Kulit Wajah Ibu Hamil dan Jenis Kelamin Bayi

Fakta tentang Kulit Wajah Ibu Hamil Jenis Kelamin Bayi
Pexels/Sound On

Kulit wajah ibu hamil yang lebih kusam, berminyak, dan berjerawat dari sebelumnya diyakini sedang mengandung bayi perempuan. Menurut kepercayaan, si Kecil “mencuri” kecantikan Mama saat masih berada di dalam perut.

Nah, jika kulit wajah tampak bersih dan tidak berjerawat saat hamil, artinya Mama sedang mengandung bayi laki-laki.

Perlu diingat bahwa ini termasuk mitos ya, Ma. Belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan hubungan perubahan kondisi kulit wajah dengan jenis kelamin bayi.

Perubahan kondisi kulit wajah saat hamil biasanya disebabkan oleh peningkatan hormon selama masa kehamilan. Saat hormon kehamilan meningkat, maka kelenjar kulit akan memproduksi lebih banyak minyak.

Inilah yang menyebabkan wajah ibu hamil sering berminyak dan mudah berjerawat. Jadi bukan karena si Kecil “mencuri” kecantikan Mama, ya.

Editors' Picks

Cara Mengetahui Jenis Kelamin Janin

Cara Mengetahui Jenis Kelamin Janin
Pexels/Martproduction

Jenis kelamin bayi dapat diketahui dengan pemeriksaan USG. Ini dapat dilakukan pada minggu ke-18 sampai 20.

Selain untuk mengetahui jenis kelamin, pemeriksaan USG juga penting untuk mengetahui tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Jenis kelamin janin juga dapat diketahui melalui tes genetik.

Perubahan Kulit yang Biasanya Dialami oleh Ibu Hamil

Perubahan Kulit Biasa Dialami oleh Ibu Hamil
Pixabay/Kjerstin_Michaela

Seiring dengan perubahan yang dialami selama kehamilan, maka peningkatan hormon akan memengaruhi kulit. Berikut ada beberapa kondisi kulit yang umum dikaitkan dengan kehamilan, antara lain: 

  • Hiperpigmentasi: Kondisi ini merupakan penggelapan kulit dan disebabkan oleh peningkatan melanin.
  • Melasma: Gejala perubahan Ini ditandai dengan bercak kecokelatan, biasanya terdapat di wajah.
  • Papula urtikaria pruritus dan plak kehamilan. Munculnya benjolan merah pada kulit yang dapat menyebabkan gatal atau sensasi terbakar.
  • Strech markAwalnya berwarna kemerahan atau keunguan, dan kemudian berubah menjadi mengkilap dan bergaris perak atau putih.
  • Skin tag: Bentuknya seperti daging yang tumbuh berukuran kecil. Skin tag biasanya ditemukan di area leher, dada, punggung, di bawah payudara, dan di pangkal paha.
  • Jerawat, psoriasis, dan dermatitis atopik.

Tips Merawat Kulit Wajah saat Hamil

Tips Merawat Kulit Wajah saat Hamil
Pexels/Anna Shvets

Perubahan pada kulit wajah memang terasa mengganggu, apalagi dapat menurunkan rasa kepercayaan diri. Berikut beberapa tips perawatan kulit wajah saat hamil, antara lainL 

  • Gunakan pelembap yang memiliki label water based dan oil free untuk menyeimbangkan kadar minyak pada wajah. Pastikan pelembap yang digunakan memang aman digunakan untuk ibu hamil. 
  • Jangan lupa untuk selalu membawa kertas minyak guna menyerap minyak berlebih yang ada di wajah ketika hormon sedang tak menentu. 
  • Gunakan madu untuk mengatasi melasma.
  • Untuk kulit sensitif, gunakan produk tanpa pewangi serta sabun alami.
  • Untuk mengatasi jerawat, Mama dapat menggunakan obat jerawat yang aman dan masih memungkinkan untuk digunakan oleh ibu hamil.

Nah, jadi perubahan kulit wajah tidak menunjukkan jenis kelamin calon bayi yang ada di kandungan ya, Ma. Untuk mengetahui jenis kelamin si Kecil, lakukan pemeriksaan USG agar lebih akurat.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.