Cocok Jadi Camilan, Ini Manfaat Konsumsi Buah Lontar untuk Ibu Hamil

Buah mungil ini memiliki banyak manfaat, terutama bila dikonsumsi saat hamil

13 Juli 2020

Cocok Jadi Camilan, Ini Manfaat Konsumsi Buah Lontar Ibu Hamil
Pinterest.com

Saat hamil, Mama harus mengonsumsi makanan bernutrisi untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin. Salah satu makanan yang wajib Mama konsumsi setiap hari adalah buah-buahan. 

Mama bisa mengonsumsi buah lontar sebagai pilihan buah dalam pola makan sehari-hari. Buah lontar juga cocok dijadikan sebagai camilan. Menjadikan buah sebagai camilan terbukti lebih baik daripada mengonsumsi makanan tinggi lemak dan garam, seperti keripik kentang.

Lalu apa saja manfaat buah lontar untuk ibu hamil?

Berikut yang berhasil Popmama.com rangkum khusus untuk Mama:

Kandungan Gizi Buah Lontar

Kandungan Gizi Buah Lontar
pinterest

Buah lontar tidak memiliki kandungan lemak atau kolesterol, sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh siapa saja, termasuk ibu hamil.

Dalam 100 gram buah lontar mengandung sekitar 43 kalori, 11 gram karbohidrat, dan 27 persen kalsium. Selain itu juga mengandung serat, protein, vitamin C, dan zat besi.

Buah ini mengandung sekitar dua belas vitamin yang berbeda selain vitamin A dan E serta banyak fitonutrien yang terkandung secara alami. Vitamin B7, yang dikenal sebagai biotin, dan vitamin K juga terkandung dalam buah lontar.

Editors' Picks

Apakah Buah Lontar Aman untuk Dikonsumsi oleh Ibu Hamil?

Apakah Buah Lontar Aman Dikonsumsi oleh Ibu Hamil
Freepik/drobotdean

Buah lontar adalah buah alami dengan memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk untuk ibu hamil. Karena itu, buah ini aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat membantu mengatasi banyak masalah yang berhubungan dengan kehamilan.

Tetapi sebaiknya Mama berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi buah ini. Dengan begitu, dokter akan menentukan seberapa banyak buah lontar yang boleh Mama konsumsi, disesuaikan dengan kondisi kesehatan mama.

Bermanfaat untuk Pencernaan dan Atasi Morning Sickness

Bermanfaat Pencernaan Atasi Morning Sickness
Pinterest

Wanita hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi buah lontar terutama karena dapat membantu memperlancar proses pencernaan secara langsung. Masalah pencernaan umum seperti sembelit dan asam lambung dapat diatasi dengan mengonsumsi buah lontar.

Mual dan muntah atau morning sickness merupakan gejala kehamilan yang umum, terutama pada trimester pertama. Buah lontar dapat membantu meredakan gejala-gejala ini. Selain itu juga bertindak sebagai suplemen dan pengatur energi alami yang dibutuhkan ibu hamil.

Dengan kombinasi mineral dan garam yang terkandung di dalam buah lontar, kadar glukosa di dalam tubuh akan selalu terjaga dan membuat Mama tetap segar selama hamil.

Bagaimana Cara Mengonsumsi Buah Lontar?

Bagaimana Cara Mengonsumsi Buah Lontar
pinterest

Ada banyak cara untuk mengonsumsi buah lontar. Namun, yang terbaik adalah mengonsumsinya langsung tanpa tambahan apa pun dalam keadaan segar. Setelah dikupas, buah lontar sebaiknya langsung dikonsumsi atau dapat disimpan paling lama sehari karena buah ini mudah busuk.

Mama dapat mengonsumsinya bersamaan dengan buah lain dan menambahkan lemon untuk variasi rasa. Buah lontar yang dicampur dengan air kelapa berfungsi sebagai pendingin alami dan memberikan efek menenangkan bagi Mama setelah mengonsumsinya.

Buah lontar adalah salah satu dari banyak buah-buahan bergizi dan sehat yang dapat memberikan banyak manfaat bagi wanita hamil.

Namun, yang terbaik adalah mengonsumsi buah dalam jumlah cukup. Jika Mama masih belum yakin apakah Mama dapat mengonsumsinya, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

Nah, itulah informasi mengenai manfaat buah lontar untuk ibu hamil. Selamat menikmati, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.