Aman bagi Kehamilan, 5 Obat Alami untuk Mengatasi Sariawan saat Hamil

Jika dibiarkan, sariawan sangat mengganggu terutama saat makan, Ma

28 Juli 2020

Aman bagi Kehamilan, 5 Obat Alami Mengatasi Sariawan saat Hamil
momjunction.com

Sariawan dapat terjadi pada siapa saja, mulai dari bayi hingga orang dewasa, termasuk ibu hamil.

Jika Mama mengalami sariawan saat hamil, Mama tidak dapat dengan sembarang menggunakan obat untuk mengatasi sariawan. Namun, jika sariawan dibiarkan tanpa penanganan, ini akan menyakitkan untuk Mama. Terutama ketika makan atau minum. Mama bisa kehilangan nafsu makan karena sariawan. Padahal asupan makanan yang cukup sangat dibutuhkan saat hamil.

Pada ibu hamil, sariawan kerap terjadi karena berbagai faktor, seperti perubahan hormon, stres, trauma pada mulut, seperti cara menyikat gigi yang kurang tepat atau lidah yang tidak sengaja tergigit, mengonsumsi makanan yang terlalu pedas dan asam, atau kekurangan nutrisi, seperti folat, zat besi, dan vitamin B12.

Apakah ada cara yang aman bagi ibu hamil untuk mengobati sariawan?

Berikut Popmama.com merangkum beberapa obat alami untuk mengatasi sariawan saat hamil. 

1. Garam

1. Garam
indigohealthclinic.com

Berkumur dengan air garam merupakan obat alami untuk sariawan. Selain itu, obat alami ini paling mudah diperoleh, sebagian besar rumah pasti memiliki garam di dapur.

Garam memiliki sifat antibakteri. Hal ini dapat mempercepat proses pengeringan luka sariawan sehingga cepat sembuh.

Caranya campurkan 1 sendok teh garam dengan setengah gelas air hangat. Kumur dengan air garam tersebut selama 15-30 detik. Lakukan hal ini beberapa kali dalam sehari untuk mengobati sariawan yang mama alami.

Editors' Picks

2. Yoghurt

2. Yoghurt
Freepik/nensuria

Selain sehat untuk sistem pencernaan, yoghurt dipercaya dapat mengobati sariawan. Kandungan probiotik atau bakteri baik dalam yoghurt diyakini bisa membantu penyembuhan sariawan.

Yoghurt mengandung probiotik alami yang berkhasiat untuk mencegah pertumbuhan jamur.

Untuk mengobati sariawan, pilih yoghurt yang tidak mengandung pemanis karena gula memberikan lingkungan yang kondusif bagi jamur untuk tumbuh. Yoghurt dapat diminum langsung ataupun dioleskan ke luka sariawan dan dibiarkan selama 5-10 menit sebelum dibilas.

3. Madu

3. Madu
Freepik

Madu terkenal sebagai antibakteri dan antiinflamasi. Ternyata madu juga memiliki banyak manfaat lainnya, salah satunya yaitu dapat mengobati sariawan.

Untuk sariawan, madu terbukti dapat mengurangi rasa sakit dan kemerahan yang ditimbulkan oleh sariawan. Madu juga dapat mengecilkan luka sariawan.

Bagaimana penggunaannya? Cukup oleskan madu ke lokasi sariawan, lakukan selama empat kali dalam sehari sampai sariawan sembuh.

4. Teh chamomile

4. Teh chamomile
Freepik/tetenio

Teh chamomile pun dapat digunakan sebagai salah satu obat alami sariawan untuk ibu hamil. Sama seperti madu, chamomile dikenal memiliki senyawa yang bersifat antiinflamasi.

Kandungan azulene dan levomenol dalam teh chamomile diyakini bisa mengatasi sariawan saat hamil.

Untuk mendapatkan manfaatnya, cukup tempelkan kantong teh chamomile basah ke luka sariawan dan biarkan selama beberapa menit. Selain itu, Mama juga dapat berkumur dengan teh chamomile ini untuk mengobati sariawan.

Lakukan sebanyak 3-4 kali dalam sehari untuk mendapatkan manfaatnya, Ma.

5. Minyak kelapa

5. Minyak kelapa
Freepik

Minyak kelapa diyakini bisa mengobati sariawan pada ibu hamil karena bersifat antiinflamasi. Sama seperti madu dan yoghurt, untuk menggunakan minyak kelapa, Mama cukup mengoleskannya pada bagian yang terkena sariawan. Kemudian kumur dengan air hangat.

Minyak kelapa murni yang lebih dikenal dengan virgin coconut oil memiliki kandungan utama asam laurat. Asam laurat dapat merusak bakteri patogen sekaligus membangun sistem kekebalan tubuh. 

Gunakan minyak kelapa beberapa kali sehari sampai sariawan sembuh.

Itulah beberapa obat alami untuk mengobati sariawan saat hamil. Selain mengobati sariawan,  Mama juga perlu menjaga kebersihan mulut, mengonsumsi makanan yang bernutrisi. Selain itu, penting untuk mengonsumsi suplemen asam folat, zat besi, dan vitamin B12 guna mencegah dan mengobati sariawan.

Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.