Simak 6 Tips Jitu Hadapi Komentar Negatif soal Kehamilan saat Lebaran

Saat kumpul keluarga, komentar negatif sulit dihindari

13 Mei 2021

Simak 6 Tips Jitu Hadapi Komentar Negatif soal Kehamilan saat Lebaran
Freepik/freepik

Setelah sebulan berpuasa, berkumpul bersama keluarga dilakukan untuk merayakan Idulfitri. Ini adalah saat yang dinanti-nantikan oleh keluarga. Terutama ketika seluruh keluarga disibukkan dengan pekerjaan dan kegiatan sehari-hari.

Selain melepas kangen, Mama dan kerabat pun saling bertukar kabar. Tetapi tidak jarang ada kerabat yang melontarkan komentar yang tidak mengenakkan, misalnya komentar soal kehamilan mama.

Tentunya komentar ini dapat merusak suasana hati mama di hari yang bahagia saat berkumpul bersama keluarga.

Agar suasana Lebaran tetap ceria, Popmama.com akan memberikan tips untuk Mama bagaimana cara menghadapi komentar negatif soal kehamilan saat kumpul keluarga.

1. Jangan buang energi untuk membalas komentar negatif

1. Jangan buang energi membalas komentar negatif
Freepik

Tetap jaga suasana hati mama dengan mengalihkan rasa kesal pada kegiatan yang Mama sukai. Misalnya menyicipi makanan khas Lebaran atau mengobrol dengan saudara lain.

Ini jauh lebih baik ketimbang membalas ocehannya. Bisa dibayangkan jika Mama membalasnya dengan emosi, ia pun akan semakin terpancing untuk berkomentar.

Mengabaikan komentar negatif, secara tidak langsung menunjukkan bahwa apa yang dikatakannya tidak benar dan Mama tidak peduli dengan komentar itu.

2. Membalas komentar dengan sopan

2. Membalas komentar sopan
Freepik/master1305

Untuk menjaga kesehatan mental yang baik, Mama perlu berpikir sebelum memberikan balasan komentar negatif. Salah satunya karena Mama tidak tahu apa yang sedang dihadapinya sehingga ia melontarkan komentar buruk pada Mama. Bisa saja ia baru mengalami PHK.

Mama sebaiknya menyikapinya dengan membalas komentar dengan cara yang sopan. Cara ini akan membuat dia tahu bahwa komentar negatif tidak mampu memancing emosi dan merusak hari bahagia mama.

Editors' Picks

3. Senyum dan tidak berkomentar

3. Senyum tidak berkomentar
Unsplash/Gradikaa Agi

Sebenarnya ada banyak hal yang lebih penting daripada membalas dan memikirkan komentar negatif saat pertemuan keluarga. Orang cenderung tidak berpikir mengenai konsekuensinya sebelum melontarkan komentar negatif.

Jika Mama tidak ingin memperpanjang masalah, maka cara selanjutnya adalah tidak menanggapi komentar negatif.

Mama dapat membalas komentar tersebut dengan senyuman lalu alihkan obrolan dengan kerabat lain. Cara ini ampuh untuk menghentikan komentar lebih lanjut, Ma.

4. Tidak terbawa perasaan

4. Tidak terbawa perasaan
Unsplash/Gradikaa Aggi

Saat kumpul keluarga, selain menyenangkan, merupakan saat di mana beberapa anggota suka memberikan komentar atau pertanyaan tertentu. Intinya, hindari baper dan jangan terlalu serius menganggap komentar terhadap kondisi atau kehamilan mama. Ingat, Mama lah yang mengerti akan kondisi kehamilan mama, bukan orang lain.  

Alih-alih baper di Hari Raya, anggap saja komentar tersebut sebagai angin lalu, Ma.

5. Menyadari selalu ada yang tidak suka dengan kita

5. Menyadari selalu ada tidak suka kita
Freepik/rawpixel.com

Mama harus menyadari bahwa tidak semua orang suka pada kita. Selalu ada satu orang yang tidak suka meski kita tidak melakukan kesalahan apa-apa terhadapnya.

Bisa jadi karena alasan tersebut, ia memberikan komentar tidak enak soal kehamilan mama. Hal ini memang dapat merusak suasana hati saat kumpul keluarga. Mama dapat mempersiapkan diri dengan mengingat hal ini, ya.

6. Hindari mereka yang sering memberikan komentar negatif

6. Hindari mereka sering memberikan komentar negatif
Freepik

Menghindari mereka yang selalu memberikan komentar negatif dapat memberikan Mama ketenangan jiwa saat berkumpul dengan keluarga. Meski Mama tidak sepenuhnya dapat menghindari mereka, tidak berada di dekatnya terus-terusan pun dapat membantu, lho. Paling tidak kehadiran mereka di sekitar Mama tidak membuat Mama kesal terus-terusan.

Nah, itu beberapa tips untuk mengatasi komentar negatif soal kehamilan saat Lebaran, Ma.

Jangan biarkan komentar negatif merusak suasana Lebaran mama, ya!

Selamat Idulfitri, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.