TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

New Mom Wajib Tahu, 5 Tips Atasi Rasa Mual Saat Hamil Pertama

Mual memang nggak nyaman, tapi si Kecil tetap harus dijaga

17 Maret 2021

New Mom Wajib Tahu, 5 Tips Atasi Rasa Mual Saat Hamil Pertama
Shutterstock/leungchopan

Masa kehamilan bisa menjadi momen yang menyenangkan jika Mama tidak merasakan mual. Istilahnya morning sickness, meski nggak selalu terjadi di pagi hari saja ya Ma. Mual ini biasanya disertai dengan muntah dan pusing. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon selama kehamilan Ma.

Nah, untuk Mama yang baru pertama kali merasakan hal ini, Popmama.com akan memberikan tips atasi rasa mual saat hamil pertama ya. Simak yuk Ma!

1. Atur makan siang dengan porsi yang sedikit tapi sering ya

1. Atur makan siang porsi sedikit tapi sering ya
Shutterstock/Dragon Images

Popmama paham banget yang namanya mual di masa kehamilan terkadang membuat Mama nggak nyaman. Tak jarang beberapa Mama yang sedang hamil sampai takut atau bingung mau makan apa karena mual bahkan muntah. Tapi bukan berarti Mama nggak makan sama sekali ya.

Asupan gizi di masa awal kehamilan itu penting untuk si Kecil. Meski sudah diselingi dengan vitamin dari dokter, makan juga tetap harus Mama lakukan. Agar tidak terlalu mual, Mama bisa atur pola makan dengan porsi sedikit namun sering. Dengan begitu Mama tetap bisa makan dan asupan si Kecil di rahim Mama juga tetap terjaga. 

Editors' Picks

2. Jangan tidur siang setelah makan, bisa memperparah mual saat hamil

2. Jangan tidur siang setelah makan, bisa memperparah mual saat hamil
Shutterstock/Syda Productions

Kebanyakan dari ibu hamil memang mudah lelah dan cepat mengantuk. Apalagi kalau selesai makan. Tapi perlu dicatat, jangan sampai Mama tidur setelah makan. Langsung tidur setelah makan bisa menyebabkan heartburn, yaitu sensasi panas pada perut bagian atas dan terkadang sampai ke tenggorokan yang disebabkan karena naiknya asam lambung. Hal ini bisa memperparah rasa mual Mama. 

3. Perbanyak konsumsi makanan berprotein tinggi

3. Perbanyak konsumsi makanan berprotein tinggi
Shutterstock/3dvin

Morning sickness atau mual saat hamil memang sering dialami para ibu hamil. Mama bisa mengatasinya dengan perbanyak konsumsi makanan tinggi protein. Dikutip dari laman Alodokter, menurut hasil studi terhadap wanita hamil, makanan kaya protein dapat mengurangi gejala mual secara signifikan. Protein diduga mampu membantu menormalkan aktivitas lambung dengan memperbaiki kinerja enzim pencernaan di lambung.

Makanan tinggi protein yang bisa Mama konsumsi seperti Kacang-kacangan, keju, telur, ikan, dan daging. Ingat untuk memasaknya sampai matang ya Ma. 

4. Kurangi minuman manis dan perbanyak air mineral

4. Kurangi minuman manis perbanyak air mineral
Shutterstock/Have a nice day Photo

Mama pernah dengar larangan tentang ibu hamil nggak boleh terlalu banyak konsumsi minuman manis? Ternyata ini fakta lho. Bukan tidak boleh sama sekali, namun ada baiknya Mama membatasi minuman manis selama masa kehamilan. Hal ini karena bisa berdampak buruk pada kesehatan Mama dan janin.[1]

Minuman manis yang berlebih bisa meningkatkan risiko obesitas saat hamil, sulit dilahirkan karena berukuran besar,hingga risiko preeklampsia. Memang sih kebanyakan ibu hamil ngidam makanan dan minuman manis selama masa kehamilan, tapi lebih baik dibatasi. Mama bisa mengganti dengan perbanyak minum air mineral. 

Mama tahu nggak, salah satu cara untuk menjaga air ketuban supaya jumlahnya baik adalah dengan lebih banyak minum air mineral. Supaya kecukupan kebutuhan cairan harian Mama terpenuhi, Kementerian Kesehatan RI menyarankan untuk Bumil minum lebih banyak, yaitu minimal 8 gelas setiap hari.[2]

Untuk pilihan air mineral selama hamil, Mama bisa percayakan pada AQUA. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian Home Tester Club, bahwa 9 dari 10 Ibu hamil setuju minum air AQUA tidak bikin mual atau eneg. Mineral AQUA alami dan terlindungi, rasanya segar dan tidak membuat eneg.[3]

AQUA yang memiliki 3 perlindungan, mulai dari perlindungan di sekitar sumber airnya, menjaga mineralnya, dan proses pembotolannya dilakukan secara seksama di pabrik AQUA. Kealamian mineral AQUA terjaga, rasanya segar, jadi nggak bikin eneg buat para Bumil. Yuk coba Ma! Meski hamil, Mama bisa tetap produktif, tehidrasi tanpa rasa mual bersama #kebaikanAQUA

5. Hindari makan pedas, berminyak, berlemak dan asam

5. Hindari makan pedas, berminyak, berlemak asam
Shutterstock/B-D-S Piotr Marcinski

Asam lambung naik pada masa kehamilan sering dijumpai pada para ibu hamil. Hal ini bisa terjadi karena perubahan tubuh dan perubahan hormon saat masa kehamilan. Akibatnya asam lambung jadi naik dan membuat Mama mudah mual dan muntah. 

Nah, agar Mama nggak mual selama masa kehamilan, usahakan untuk menghindari makanan yang menjadi pemicu asam lambung, seperti makanan pedas, asam, berminyak dan berlemak. Hal ini dipercaya bisa mengurangi efek mual pada ibu hamil. 

Jadi gimana Ma? Sudah jelas ‘kan? Nggak perlu takut makan dan minum saat hamil ya Ma. Lindungi kesehatan Mama dan dedek bayi dengan minum AQUA setiap hari. (CSC)


-----

  1. https://www.popmama.com/pregnancy/third-trimester/rachma-novianty/bahaya-sering-konsumsi-minuman-dan-makanan-manis-saat-hamil

  2. Kementrian Kesehatan RI Angka Kecukupan Gizi Bagi Orang Indonesia 2013

  3. Penelitian Home Tester Club Indonesia terhadap 210 Ibu hamil, December 2020

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk