Apa Perubahan yang Terjadi pada Tubuh di Usia Kehamilan 3 Bulan?

Sadari setiap perubahan yang terjadi agar bisa mengantisipasinya, Ma

14 April 2021

Apa Perubahan Terjadi Tubuh Usia Kehamilan 3 Bulan
Freepikt/tirachardz

Selamat! Setelah melalui bulan kedua kehamilan, kini Mama akan memasuki akhir dari trimester pertama kehamilan. Menginjak bulan ketiga kehamilan, banyak perubahan yang terjadi pada diri mama. 

Di bulan ketiga ini, Mama mungkin masih akan mengalami beberapa gejala yang familiar seperti saat awal kehamilan. Tetapi pada umumnya, kondisi akan semakin membaik dan Mama akan merasa lebih bugar. 

Berikut ini Popmama.com merangkum beberapa perubahan tubuh yang terjadi pada Mama di usia kehamilan tiga bulan, dilansir dari berbagai sumber:

1. Keputihan meningkat

1. Keputihan meningkat
Pexels/cliffbooth

Kombinasi hormon kehamilan dan peningkatan suplai darah di tubuh dapat menyebabkan peningkatan keputihan lebih banyak dari biasanya. Selama cairan dari vagina berwarna bening, putih susu, dan tidak berbau, itu adalah hal yang normal kok, Ma. Kenakan pakaian dalam berbahan katun dan longgar untuk mencegah infeksi vagina. 

Editors' Picks

2. Mual masih terasa, tapi sudah mulai berkurang

2. Mual masih terasa, tapi sudah mulai berkurang
Freepik/Yanalya

Di akhir trimester pertama ini Mama mungkin masih mengalami mual di pagi hari alias morning sickness. Tetapi mual yang dialami tidak seintens saat di awal kehamilan silam. Apabila Mama masih sering merasa mual, Mama bisa mengatasinya dengan minum teh jahe untuk meredakannya.
 

3. Merasa lelah

3. Merasa lelah
Unsplash/Zohre Nemati

Lelah dan mengantuk adalah perubahan tubuh yang umum dialami Mama yang sedang hamil muda. Hal ini terjadi karena tubuh mama berjuang untuk memberi makan janin di dalam kandungan. Beristirahatlah sebanyak mungkin, tetap terhidrasi, dan lakukan olahraga ringan karena cara ini dapat meningkatkan kualitas tidur. 

4. Perubahan kulit

4. Perubahan kulit
Pexels/Sora Shimazaki

Jika Mama memerhatikan dengan jeli, warna puting payudara akan mulai menggelap di bulan ketiga ini. Perubahan ini terjadi karena tubuh memproduksi lebih banyak melanin, yaitu sejenis pigmen kulit. Melanin dalam jumlah banyak ini juga bisa menyebabkan bercak coklat di wajah yang disebut chloasma

Sebagian ibu hamil mendapati garis vertikal gelap yang membentang dari pusar ke area kemaluan. Garis ini muncul saat perut mama semakin membesar. 

Mama juga mungkin akan menemukan beberapa area tubuh seperti leher dan ketiak yang menghitam. Tak perlu khawatir, Mama bisa merawatnya dengan menggunakan losion pelembap.

5. Perubahan payudara

5. Perubahan payudara
Freepik/wayhomestudio

Payudara mama akan semakin membesar di bulan ini. Areola payudara mungkin tumbuh lebih besar dan lebih gelap, dan puting mama mulai sedikit lebih menonjol. Di bawah permukaan, kelenjar susu bersiap untuk menghasilkan susu, sehingga kuantitas lemak payudara pun bertambah. 

Jika bra mama terasa terlalu ketat, mungkin inilah saatnya untuk menambah ukuran. 

Di bulan ketiga ini, janin mama telah tumbuh menjadi seukuran buah jeruk ukuran besar. Kebugaran tubuh perlahan mulai kembali. Mama mungkin merasakan nafsu makan mama kembali meningkat.

Para ahli merekomendasikan untuk menambah hanya sekitar 300 kalori ekstra ke dalam asupan makanan mama setiap hari. Jumlah ini setara dengan makanan ringan atau camilan. Kecuali jika berat badan mama turun sedikit karena mual di pagi hari, berat badan mama mungkin bertambah dari 0,7 kg hingga 2 kg dalam bulan ini.

Di akhir bulan ini, Mama akan menginjak trimester kedua kehamilan. Apabila Mama merasakan adanya ketidaknyamanan pada tubuh terkait perubahan yang terjadi, konsultasikan dengan dokter kandungan atau bidan terpercaya langganan mama.

Itulah beberapa perubahan tubuh yang terjadi di usia kehamilan tiga bulan. Semoga sehat selalu hingga tiba saatnya persalinan ya, Ma!

Baca juga:

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.