Penuhi Asupan Nutrisi, Ini Lho 5 Buah untuk Ibu Hamil 3 Bulan

Kurangi mual sekaligus meningkatkan asupan vitamin di masa awal kehamilan

12 Maret 2021

Penuhi Asupan Nutrisi, Ini 5 Buah Ibu Hamil 3 Bulan
Freepik

Trimester pertama kehamilan adalah masa-masa krusial. Pada periode ini, sebagian ibu hamil merasakan mual luar biasa yang membuatnya kesulitan makan. Meskipun begitu Mama harus tetap makan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dan sang Janin yang baru berkembang.

Buah-buahan adalah makanan yang relatif aman dikonsumsi dan punya sensasi segar yang dapat mengurangi rasa mual. Berikut ini Popmama.com merangkum beberapa jenis buah-buahan yang baik dikonsumsi ibu hamil tiga bulan, dilansir dari Firstcry:

1. Pisang

1. Pisang
Freepik

Di trimester pertama, sebagian ibu hamil mengeluhkan tidak bisa makan terlalu banyak. Untuk mengganjal perut dengan tetap mengutamakan nutrisi yang baik, pisang dapat dipilih sebagai alternatif makanan yang mengenyangkan.

Pisang juga terbukti sebagai buah yang dapat menambah berat badan selama kehamilan karena kandungan karbohidratnya cukup tinggi.

Editors' Picks

2. Jeruk

2. Jeruk
Pixabay/pixel2013

Aneka jenis jeruk cocok dikonsumsi di awal kehamilan ini. Terutama untuk ibu hamil yang sering merasa mual, rasa asam dan manis jeruk dapat mengatasi rasa mual. Selain itu, jeruk adalah buah yang tinggi asam folat yang bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembang otak dan sistem saraf janin. 
 

3. Jambu

3. Jambu
Pixabay/Liguoze

Jambu merupakan buah yang tinggi akan vitamin C dan E, polifenol, karoten, isoflavonoid, dan asam folat. Cocok dikonsumsi untuk usia kehamilan tiga bulan karena menurut penelitian, jambu dapat menenangkan otot, melancarkan pencernaan, dan mengurangi sembelit yang merupakan masalah-masalah yang dihadapi oleh para ibu hamil di awal kehamilan.

4. Alpukat

4. Alpukat
Pexels/daria

Kabar baik untuk Mama yang menggemari alpukat nih! Pasalnya, buah alpukat mengandung berbagai lemak baik yang dapat memasok energi di masa awal kehamilan.

Selain itu, alpukat adalah buah yang baik dikonsumsi secara rutin untuk mencegah cacat tabung saraf pada janin yang sedang terbentuk. Buah berdaging lembut ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kinerja sel dalam hal membangun sel kulit dan jaringan otak bayi.

5. Apel

5. Apel
Pexels/suzyhazelwood

Kandungan vitamin A dan C, serta serat dan potasium dalam apel sangat baik untuk nutrisi yang bertugas mendukung perkembangan janin dalam kandungan mama. Sebuah studi menyebutkan bahwa konsumsi apel secara rutin selama kehamilan dapat menekan risiko bayi menderita asma dan alergi di kemudian hari.

Di masa kehamilan, usahakan untuk mengonsumsi buah-buahan yang segar secara teratur ya, Ma. Hindari buah-buahan yang dikemas dalam bentuk jus buah kemasan atau pun buah kalengan karena mengandung gula berlebih yang dapat membahayakan kesehatan di masa kehamilan.

Nah itulah lima buah untuk ibu hamil 3 bulan. Pastikan Mama menyertakannya dalam pola makan harian mama, ya. Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.