Yuk Rawat Payudara agar Sehat untuk Persiapan Menyusui

Payudara sehat dapat meningkatkan kesuksesan Mama dalam menyusui kelak

2 Agustus 2021

Yuk Rawat Payudara agar Sehat Persiapan Menyusui
Pixabay/Foundry

Saat hamil, ada begitu banyak persiapan yang harus dilakukan oleh seorang Mama dalam menyambut kelahiran si Kecil. Mungkin sebagian besar Mama berfokus pada bagaimana menjaga kesehatan diri dan bayi yang dikandung, serta persiapan persalinan. Tetapi ada hal yang seringkali terlupakan padahal tak kalah pentingnya, yaitu merawat payudara sebelum tiba waktunya menyusui nanti. 

Merawat payudara saat hamil untuk persiapan menyusui tidaklah sulit dan membutuhkan biaya mahal kok, Ma. Bahkan jika dilakukan dengan benar, Mama dapat memproduksi ASI melimpah sekaligus merawat bentuk payudara agar tetap indah. 

Berikut ini Popmama.com merangkum beberapa tips perawatan payudara saat hamil untuk persiapan menyusui, dilansir dari berbagai sumber:

1. Pilih bra yang nyaman

1. Pilih bra nyaman
Pexels/Pixabay

Payudara mama akan terus membesar mulai dari trimester pertama. Karena hal ini, Mama mungkin harus mengubah ukuran bra beberapa kali selama masa kehamilan. 

Kenakan bra yang tepat untuk menghindari sesak napas dan ketidaknyamanan. Hindari bra ketat dan bra berkawat. Bra berkawat dapat memengaruhi produksi ASI karena menghalangi saluran susu. Sebagai gantinya, pilih bra katun yang halus dan empuk.

Editors' Picks

2. Pijat payudara

2. Pijat payudara
Freepik/Racool_studio

Beberapa ibu hamil mendapati putingnya yang kering dan pecah-pecah selama kehamilan. Oleh karena itu penting menjaga kelembapan di sekitar area puting saat hamil. Mama dapat melakukannya dengan memijat lembut puting payudara menggunakan minyak zaitun atau minyak kelapa sebelum mandi. 

Pijatan payudara juga dapat membantu melancarkan peredaran darah, membuatnya senantiasa kencang, dan mencegah payudara kendur yang biasa terjadi selama kehamilan hingga selesai menyusui nanti. 

Namun hindari memijat area puting karena dapat memicu terjadinya kontraksi. Kecuali usia kehamilan mama sudah cukup untuk melahirkan.

3. Hindari menyabuni puting

3. Hindari menyabuni puting
Freepik

Seperti yang disebutkan di atas, puting payudara sangatlah rentan mengalami kekeringan. Penggunaan sabun dapat memperparah kondisinya. Oleh karenanya, disarankan untuk menghindari menyabuni puting payudara saat mandi ya, Ma. 

4. Melembapkan kulit

4. Melembapkan kulit
Freepik

Kulit di sekitar payudara mudah menjadi lembek ketika hamil dan menyusui. Sejak awal masa kehamilan, Mama bisa secara rutin melembapkan kulit di sekitar payudara dengan mengoleskan pelembap. Ada berbagai merek pelembap di pasaran yang bisa digunakan, selama cocok untuk menutrisi dan menghidrasi kulit sekitar payudara. Mama dapat mencoba minyak argan atau minyak almond untuk perawatan maksimal demi mencegah munculnya stretch marks di kemudian hari. 

5. Mandi menggunakan air dingin

5. Mandi menggunakan air dingin
Freepik/valuavitaly

Perubahan berat badan selama kehamilan dan fluktuasi hormon memengaruhi kekuatan jaringan payudara. Salah satu hal yang tampak 'remeh' tapi ternyata berdampak adalah mandi dengan air dingin ketimbang air panas. Alirkan air dengan kekuatan sedang mengarah ke area dada dengan gerakan melingkar. Nyatanya cara ini cukup efektif untuk melancarkan peredaran darah dan mengencangkan payudara. 

Mama juga bisa memberikan kompres air dingin untuk membantu meringankan rasa sakit di payudara yang seringkali terjadi akibat payudara yang bertambah berat dari hari ke hari.

Yang tak kalah penting adalah rutin memeriksa payudara setiap hari untuk melihat adanya setiap perubahan. Jika Mama melihat ada perubahan yang tidak biasa yang membuat Mama khawatir, jangan ragu untuk menghubungi dokter.

Itulah informasi mengenai perawatan payudara saat hamil untuk persiapan menyusui. Semoga informasi ini menginspirasi Mama dalam mempersiapkan payudara yang sehat sebelum menyusui ya, Ma. 

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.