Seperti Apa Gerakan Janin di Usia Kehamilan 3 Bulan?

Duh nggak sabar merasakan tendangan si Kecil dalam kandungan nih

9 April 2021

Seperti Apa Gerakan Janin Usia Kehamilan 3 Bulan
Freepik/nakaridore

Selamat! Kini Mama telah memasuki usia kehamilan tiga bulan dengan sehat sentosa. Di usia kehamilan hampir trimester kedua ini mungkin Mama mengalami beberapa gejala awal kehamilan yang mulai mereda. 

Di usia kehamilan ini, banyak ibu hamil yang mulai merasa penasaran, "Kapan ya gerakan janin mulai bisa terasa?" Rasanya sungguh tak sabar ya, Ma. Lalu, bagaimana cara merasakan gerakan janin di usia tiga bulan? Berikut Popmama.com merangkum informasinya, dilansir dari Firstcry:

Seperti Apa Perkembangan Janin Usia 3 Bulan?

Seperti Apa Perkembangan Janin Usia 3 Bulan
Freepik/drobotdean

Di akhir usia kandungan tiga bulan, rata-rata janin berukuran sekitar dua inci, dari puncak kepala hingga bokongnya. Secara internal, sistem otot dan usus si Kecil mulai terbentuk. Beberapa tulang sudah mulai mengeras, tetapi tulang punggungnya masihlah sangat lunak. Tangan dan kaki janin mulai tumbuh, yang bahkan mungkin sudah memiliki permulaan kuku jari tangan dan kaki. 

Di bulan ini, alat kelamin luar si Kecil akan mulai terbentuk. Tidak lama lagi Mama bisa mengetahui jenis kelaminnya.

Editors' Picks

Seperti Apa Gerakan Janin yang Sudah Bisa Dirasakan di Usia 3 Bulan Kehamilan?

Seperti Apa Gerakan Janin Sudah Bisa Dirasakan Usia 3 Bulan Kehamilan
Freepik/yanalya

Mama mungkin sudah sangat tidak sabar merasakan gerakan lembut janin di dalam perut. Janin sudah bisa bergerak di dalam kandungan pada usia kandungan tiga bulan. Tetapi, di usia kehamilan ini Mama masih belum bisa merasakannya karena masih sangat lemah. 

Kapan Gerakan Janin Mulai Bisa Dirasakan?

Kapan Gerakan Janin Mulai Bisa Dirasakan
Pexels/Leah Kelley

Gerakan janin merupakan tanda bahwa ia bertumbuh dengan sehat dan berkembang dengan baik. Gerakan janin juga merupakan respon emosionalnya terhadap sang Mama dan rangsangan dari lingkungan di luarnya.

Umumnya gerakan janin mulai bisa dirasakan pada usia kehamilan 16 minggu. Tetapi gerakannya masih sangat lembut sehingga Mama mungkin tidak merasakannya. 

Jika ini adalah kehamilan pertama mama, gerakan janin dalam kandungan biasanya baru terasa di usia kehamial 18-20 minggu. Sementara bagi yang hamil anak kedua, gerakan janin dalam kandungan bisa dirasakan saat usia kehamilan menginjak 16-18 minggu. 

Cara Merasakan Gerakan Janin

Cara Merasakan Gerakan Janin
Freepik/wavebreakmedia_micro

Memang masih sulit merasakan gerakan janin secara langsung di usia kehamilan yang masih muda. Tetapi, Mama bisa melihat pergerakannya kok. Caranya adalah dengan pemeriksaan menggunakan USG atau ultrasonografi. 

Ultrasonografi adalah teknik diagnostik menggunakan pencitraan suara ultra untuk melihat kondisi bagian dalam tubuh. Pada pemeriksaan kehamilan, ultrasonografi memperlihatkan gerakan janin dan kondisi kesehatannya, termasuk juga memantau suara denyut janin. Meski sebetulnya pergerakan janin tidak dapat dirasakan secara langsung, tetapi dapat dilihat melalui pemeriksaan USG.

Perubahan pada Tubuh Mama di Usia Kehamilan 3 Bulan

Perubahan Tubuh Mama Usia Kehamilan 3 Bulan
Freepik/user18526052

Di usia tiga bulan ini sebagian besar mama merasa morning sickness yang mulai berangsur berkurang. Mama merasa lebih sehat seiring dengan perut yang semakin membesar.

Kombinasi hormon kehamilan dan peningkatan aliran darah pada tubuh dapat memicu keputihan yang lebih banyak ketimbang biasanya. Selama warna cairan vagina bening atau putih, dan baunya tidak menyengat, hal ini normal kok, Ma. 

Perubahan hormon juga turut mengubah warna kulit yang biasanya semakin menggelap, ukuran payudara yang berubah, hingga konstipasi. 

Itulah informasi mengenai cara merasakan gerakan janin usia tiga bulan. Sudah semakin dekat di penghujung trimester pertama nih, Ma. Jangan lupa untuk selalu melakukan pemeriksaan kehamilan rutin karena dari pemeriksaan rutinlah Mama dapat melihat perkembangan janin dengan lebih baik dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan lebih dini. Semoga sehat selalu ya, Ma!

Baca juga:

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.