Merasa Pusing Setelah Minum Suplemen Prenatal? Ini Penyebabnya

Minum suplemen prenatal memang perlu, tapi kalau efek sampingnya pusing, gimana ya?

23 Mei 2020

Merasa Pusing Setelah Minum Suplemen Prenatal Ini Penyebabnya
freepik.com/freepik

Memasuki masa kehamilan, ibu hamil perlu menjaga keseimbangan asupan gizi dan nutrisi. Pasalnya, yang perlu dipenuhi bukan lagi hanya satu tubuh, melainkan untuk tubuh janin dalam kandungan juga. Untuk itu, biasanya dokter menyarankan untuk mengonsumsi suplemen prenatal.

Kandungan dalam suplemen prenatal dapat melengkapi kebutuhan gizi dan nutrisi ibu hamil. Namun, ketika mengonsumsinya, tak jarang para Mama mengeluhkan efek sampingnya, seperti pusing. Wah, kenapa ya?

Berikut Popmama.com merangkum serba-serbi informasi konsumsi suplemen prenatal dan penyebab pusing yang bisa terjadi setelahnya, dilansir dari Livestrong:

Kandungan dalam Vitamin Prenatal

Kandungan dalam Vitamin Prenatal
Freepik/xb100

Suplemen prenatal umumnya mengandung tiga jenis vitamin dan mineral yang penting saat kehamilan, yaitu asam folat, zat besi, dan kalsium. Selain ketiga jenis mikronutrien ini, masih ada banyak vitamin dan mineral lain yang terkandung di dalamnya untuk menjaga kesehatan mama dan meningkatkan tumbuh kembang janin.

Suplemen prenatal dikonsumsi ibu hamil ataupun perempuan yang sedang dalam masa program hamil. Pada perempuan yang sedang dalam masa program hamil, suplemen prenatal perlu dikonsumsi selama tiga bulan sebelum mencoba program hamil. Ini penting untuk mengatasi dan memperbaiki kekurangan vitamin atau mineral yang mungkin terjadi.

Editors' Picks

Setelah Minum Suplemen Prenatal, Kok Pusing?

Setelah Minum Suplemen Prenatal, Kok Pusing
utswmed.org

Keluhan pusing setelah minum suplemen prenatal bisa terjadi karena merupakan efek samping dari konsumsinya. Selain itu, overdosis juga bisa menjadi penyebabnya. Apabila Mama mengonsumsi suplemen prenatal bersamaan dengan suplemen vitamin lainnya, risiko kelebihan dosis pada satu atau lebih jenis nutrisi bisa terjadi.

Untuk menghindarinya, minumlah suplemen prenatal secukupnya. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan sebelum mengonsumsi jenis suplemen lain agar nilai nutrisinya tidak berlebihan.

Sudah Mengurangi Dosis Vitamin, tapi Kok Masih Pusing Ya?

Sudah Mengurangi Dosis Vitamin, tapi Kok Masih Pusing Ya
Freepik/Jcomp

Ingat, Ma, pusing ketika hamil adalah hal yang sangat wajar terjadi. Terutama selama trimester pertama dan ketiga. Hal ini terjadi karena peningkatan kadar hormon dan volume darah sehingga tubuh mama perlu menyesuaikan diri.

Stres dan konsumsi kafein selama kehamilan juga dapat menyebabkan pusing. Jika Mama menderita pusing atau rasa sakit kepala yang mengganggu, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk menemukan diagnosis pastinya, apakah karena konsumsi suplemen prenatal atau hal lain di luar itu.

Cara Mengatasi Pusing Selama Kehamilan

Cara Mengatasi Pusing Selama Kehamilan
Freepik/Phduet

Ketika pusing menyerang, jangan sembarang minum obat selama kehamilan ya, Ma. Penting untuk berkonsultasi ke dokter tentang masalah ini. Jika memang penyebabnya adalah suplemen prenatal yang biasa dikonsumsi, dokter mungkin akan menyarankan Mama untuk minum suplemen yang berbeda atau menurunkan dosisnya. Setelah itu, dokter akan melihat perubahannya apakah tindakan tersebut meringankan pusing yang Mama alami. 

Sementara itu, Mama dapat mencoba pernapasan dalam, kompres hangat, atau menggosok pelipis untuk menyamankan rasa sakit yang mengganggu. 

Selain itu, tetap menjaga pola hidup yang baik, seperti olahraga ringan selama kehamilan dan istirahat yang cukup serta teratur, juga dapat membantu meringankan pusing dan sakit kepala selama kehamilan.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.