Tak Perlu Obat, 5 Cara Alami Ini Ampuh Redakan Heartburn saat Hamil

Redakan heartburn dengan bahan-bahan yang ada di sekitar dapur mama!

10 Juli 2020

Tak Perlu Obat, 5 Cara Alami Ini Ampuh Redakan Heartburn saat Hamil
Freepik/Luamduan

Kehamilan adalah saat-saat Mama mengalami banyak perubahan dalam diri. Tak terkecuali munculnya masalah fisik yang dulunya tak pernah dialami. Salah satu yang banyak dikeluhkan adalah heartburn atau mag saat hamil.

Heartburn dikarenakan gejolak asam lambung, yang menimbulkan sensasi terbakar di area dada. Biasanya terjadi setelah makan. Rasanya tidak nyaman dan membuat gelisah, apalagi jika dialami di usia kehamilan trimester pertama atau ketiga. Beberapa orang juga mengalaminya karena dipicu oleh makanan pedas, asam, atau porsi makan yang berlebihan. 

Minum obat-obatan seperti antacid terbukti dapat meredakan gejalanya. Tetapi, Mama juga bisa meredakan heartburn lewat beberapa pengobatan alami yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Berikut Popmama.com merangkum 5 cara pengobatan alami untuk heartburn, dilansir dari Today's Parent:
 

1. Jahe

1. Jahe
Freepik

Dikenal sebagai pereda mual, jahe juga punya efek menenangkan saluran pencernaan. Jahe terbukti dapat mengobati mual dan muntah yang terkait dengan masalah pencernaan. Ketika heartburn menyerang, seduh teh dengan jahe atau rebus jahe dengan air dan minum seperti biasanya. Perlahan-lahan gejolak asam lambung yang Mama alami pun akan mereda.

Editors' Picks

2. Cuka apel

2. Cuka apel
Freepik/Rawpixel.com

Banyak orang yang beranggapan cuka apel sangat asam dan harus dihindari mereka yang memiliki masalah dengan asam lambung. Tetapi ternyata cuka apel cukup netral sehingga efektif menenangkan asam lambung yang menyebabkan heartburn. Untuk mengonsumsinya, Mama hanya perlu mencampurkan satu sendok makan cuka apel dengan satu cangkir air mineral. Minumlah satu kali sehari sebagai obat alami pereda heartburn.
 

3. Nanas dan pepaya

3. Nanas pepaya
Freepik

Jika Mama mengalami heartburn dikarenakan pencernaan yang lambat, nanas dan pepaya dapat membantu melancarkannya. Ini dikarenakan enzim dalam nanas dan pepaya yang bekerja untuk meningkatkan kinerja pencernaan.  

Namun, Mama tetap perlu berhati-hati saat mengonsumsi nanas. Beberapa Mama yang sensitif bisa mengalami gejala kontraksi saat mengonsumsi nanas.

4. Probiotik

4. Probiotik
Freepik/nensuria

Bakteri dalam usus akan menjaga kesehatan seluruh sistem pencernaan mama. Suplemen probiotik meningkatkan kinerja bakteri baik dalam sistem pencernaan untuk memerangi bakteri jahat. 

Konsumsi probiotik secara teratur untuk membantu mengatasi heartburn. Probiotik tergolong aman dikonsumsi selama kehamilan asalkan dalam batas wajar, Ma.
 

5. Olahraga ringan

5. Olahraga ringan
Freepik/jcomp

Olahraga ringan ternyata dapat meredakan gejala heartburn. Berjalan kaki lah selama 10 menit, minimal 30 menit setelah makan untuk melancarkan pencernaan. Aktivitas ini akan meregulasi makanan di saluran pencernaan sehingga mengurangi tekanan pada perut. Cara ini mampu mengurangi risiko makanan kembali ke kerongkongan.

Heartburn saat hamil memang menimbulkan rasa tak nyaman. Tetapi dengan melakukan lima cara alami ini, Mama dapat meredakan gejalanya. Jika sakit berlanjut, konsultasikan masalah ini dengan dokter terpercaya.

Semoga tips ini membantu ya, Ma. 

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.