Tinggi Nutrisi, Bolehkah Ibu Hamil Mengonsumsi Rose Hip?

Biasanya rose hip di pasaran hadir dalam bentuk ekstrak atau pun minyak

17 Mei 2021

Tinggi Nutrisi, Bolehkah Ibu Hamil Mengonsumsi Rose Hip
Pixabay/Peggychouchair

Setiap mama akan mengusahakan yang terbaik untuk menjaga kehamilannya hingga sang Buah Hati lahir. Mulai dari berolahraga, mengelola menu makanan yang sehat, beristirahat, hingga minum berbagai vitamin dan suplemen yang dipercaya dapat menunjang kesehatan kehamilan. 

Rose hip adalah salah satu tanaman yang beberapa tahun belakangan ini cukup ramai diperbincangkan di dunia kesehatan. Selain minyaknya bagus untuk perawatan kulit, rose hip dipercaya mengandung vitamin dan nutrisi yang bermanfaat untuk kehamilan. Fakta atau mitos ya? Kali ini Popmama.com akan mengulas seputar rose hip untuk kehamilan, dilansir dari Firstcry:

Mengenal Rose Hip

Mengenal Rose Hip
Pixabay/tim_jacob_hauswirth-12885882

Rose hip merupakan bola biji kecil di bagian bawah kelopak bunga mawar yang membulat. Bagian ini mengandung biji bunga mawar yang kaya akan vitamin C.

Baik rose hip atau pun biji mawar kering digunakan untuk membuat obat-obatan yang ditujukan untuk mengobati berbagai penyakit. Penyakit umum yang dapat diobati obat rosehip adalah penyakit perut, osteoartritis, dan radang lambung.

Bagi kehamilan, rose hip memiliki manfaat antara lain:

1. Membantu penyerapan nutrisi

1. Membantu penyerapan nutrisi
Pixabay/stux

Rose hip kaya akan vitamin C sehingga bermanfaat untuk membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Zat besi diperlukan bayi di dalam kandungan untuk membantu tumbuh-kembang organ-organ tubuhnya. Selain zat besi, rose hip juga membantu meningkatkan penyerapan kalsium.

Editors' Picks

2. Meningkatkan produksi kolagen

2. Meningkatkan produksi kolagen
Pixabay/Peggychouchair

Rose hip dipercaya membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Bagi bayi yang sedang berkembang dalam kandungan, kolagen penting untuk pembentukan struktur tulang, otot, dan tulang rawannya.
 

3. Meningkatkan imunitas tubuh

3. Meningkatkan imunitas tubuh
Pixabay/Peggychouchair

Ketika hamil, tubuh mama rentan terhadap berbagai penyakit dan infeksi yang dapat mengganggu kehamilan dan pertumbuhan bayi dalam kandungan. Oleh karena itu, penting menjaga imunitas tubuh agar senantiasa kuat. Rose hip kaya akan vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, mangan, selenium, dan magnesium. Konsumsi rose hip di masa kehamilan dipercaya dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh serta melawan flu dan pilek.

4. Membantu masalah ginjal dan pencernaan

4. Membantu masalah ginjal pencernaan
Pixabay/manfredrichter

Sifat-sifat yang terdapat dalam rose hip sangat membantu ibu hamil mencegah masalah penyakit ginjal dan kontrol kandung kemih yang buruk. 

Rose hip juga mengatasi sembelit. Kandungan pektin serta asam dalam rose hip bekerja seperti pencahar ringan yang membantu melunakkan tinja dan memudahkan buang air besar. Ini merupakan masalah yang kerap kali dialami ibu hamil, terutama selama trimester ketiga. 

5. Mengurangi stretch mark

5. Mengurangi stretch mark
Pixabay/suju-foto

Mama dapat menggunakan minyak rose hip untuk mengatasi stretch mark selama kehamilan. Minyak rose hip kaya akan lemak esensial, seperti omega 3 dan 6, serta vitamin C yang bagus untuk menyembuhkan bekas luka. Minyak ini pun mudah diserap oleh kulit dan membantu meratakan warna kulit serta melembapkan kulit kering yang seringkali dialami ibu hamil. 

Efek Samping Rose Hip

Efek Samping Rose Hip
Libreshot

Di balik manfaatnya yang segudang untuk kesehatan kehamilan, rose hip memiliki beberapa efek samping yang harus diantisipasi, antara lain:

  • Diare
  • Sakit perut
  • Mual dan muntah
  • Masalah tidur
  • Sakit maag 

Kami menyarankan rose hip dikonsumsi hanya setelah berkonsultasi dengan dokter kandungan. Dokter lah yang dapat memberikan rekomendasi dosis dan bagaimana cara konsumsi atau penggunaan rose hip yang terbaik sesuai dengan kondisi kesehatan Mama. 

Semoga informasi mengenai rose hip untuk kehamilan ini bermanfaat.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.