6 Ciri-Ciri Tubuh Perempuan Subur yang Mudah Hamil

Kenali tanda kondisi tubuh sudah siap untuk mengandung

20 Januari 2021

6 Ciri-Ciri Tubuh Perempuan Subur Mudah Hamil
Freepik/cookie_studio

Para calon mama yang sedang merencanakan program hamil seringkali merasa kewalahan dan tertekan karena ada begitu banyak faktor yang dapat memengaruhi kemungkinan untuk hamil. Sebelum memutuskan untuk program hamil, coba lihat tanda-tanda kesiapan tubuh terlebih dahulu.

Menjadi lebih sadar tentang apa yang harus diperhatikan terkait kesuburan calon mama adalah langkah yang bagus sebelum memulai program hamil. Dengan mengamati perubahan tubuh, akan lebih mudah bagi Mama untuk mencapai kesuksesan program hamil.

Untuk itu, Popmama.com akan memaparkan beberapa ciri-ciri perempuan subur yang sudah siap untuk mengandung. Yuk, simak informasinya!

1. Tidak sakit saat berhubungan intim

1. Tidak sakit saat berhubungan intim
Freepik

Ketidaknyamanan dalam berhubungan intim dapat dikaitkan dengan ketidaksuburan. Pada sebagian perempuan, rasa nyeri selama berhubungan (dyspareunia) dapat menunjukkan tanda endometriosis yang erat kaitannya dengan kemandulan.

Jadi apabila Mama jarang mengalami rasa sakit atau nyeri saat sedang berhubungan, itu adalah salah satu pertanda tubuh mama subur dan akan lebih mudah untuk hamil.

2. Mengeluarkan banyak cairan selama ovulasi

2. Mengeluarkan banyak cairan selama ovulasi
Freepik

Perempuan mengalami berbagai jenis keputihan sepanjang siklus bulanan mereka, dan selama ovulasi, tubuh akan mulai mengeluarkan lendir serviks yang memiliki konsistensi kental seperti putih telur atau egg white cervical mucus (EWCM).

Keputihan jenis ini memiliki pH terbaik yang dapat melindungi dan memudahkan sperma untuk mencapai sel telur. Ketika Mama mulai mengeluarkan EWCM, tandanya tubuh mama sedang dalam keadaan yang lebih siap untuk hamil.

Editors' Picks

3. Kondisi rambut yang sehat

3. Kondisi rambut sehat
Freepik/gpointstudio

Salah satu gejala umum penyakit yang memengaruhi kesuburan, Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS), adalah pertumbuhan rambut berlebih pada tubuh atau wajah dan kerontokkan rambut kepala.

Jadi, jika kondisi rambut mama tetap sehat, kemungkinan besar tubuh mama berada pada kondisi yang baik untuk hamil dan melahirkan anak.

4. Berat badan ideal

4. Berat badan ideal
Freepik/racool_studio

Estrogen adalah hormon penting dalam mempersiapkan tubuh perempuan untuk kehamilan. Kekurangan berat badan dapat menyebabkan tubuh memproduksi terlalu sedikit estrogen, sedangkan kelebihan berat badan dapat membuat tubuh memproduksinya terlalu banyak.

Tidak hanya itu, bayi dengan ibu yang kekurangan atau kelebihan berat badan ekstrim berisiko lebih tinggi mengalami cacat lahir, dan prematur, jadi jika Mama memiliki berat badan ideal selama kehamilan, kemungkinan besar bayi mama akan lebih sehat.

5. Jadwal menstruasi yang teratur

5. Jadwal menstruasi teratur
Freepik

Menstruasi yang tidak teratur dapat mengindikasikan bahwa tubuh mama tidak berovulasi. Ovulasi tidak teratur atau abnormal menjadi penyumbang 30-40% dari semua kasus infertilitas.

Jika jadwal menstruasi sering terlewat, datang pada waktu yang tidak terduga, atau siklusnya mengalami perubahan drastis, segera periksakan ke dokter.

6. Kram perut saat menstruasi tidak terlalu parah

6. Kram perut saat menstruasi tidak terlalu parah
medlife.com

Secara umum, kram menstruasi adalah hasil dari kontraksi rahim untuk melepaskan lapisan rahim, dan normal apabila dalam proses ini Mama merasa sakit.

Tetapi kram yang intens bisa menjadi gejala dari berbagai penyakit yang menurunkan kesuburan seperti endometriosis, tumor fibroid, dan penyakit radang panggul. Apabila Mama mengalami rasa sakit signifikan ketika sedang menstruasi, segera periksakan ke dokter.

Ciri-ciri perempuan subur ini bisa menjadi petunjuk, namun tidak dapat diandalkan sepenuhnya. Cara terakurat untuk mengetahui tingkat kesuburan mama adalah dengan melakukan tes kesuburan dengan dokter yang terpercaya. Tetap jaga kesehatan dan semangat menjalani program kehamilan, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.