Berhubungan Badan Setiap Hari, Apakah Bisa Hamil?

Apakah berhubungan badan setiap hari bisa meningkatkan peluang kehamilan?

16 Mei 2022

Berhubungan Badan Setiap Hari, Apakah Bisa Hamil
Freepik/jcomp

Ketika baru saja memutuskan untuk punya bayi, kamu mungkin akan secara aktif berhubungan setiap hari. Namun, pernahkah kamu berpikir tentang berhubungan badan setiap hari apakah bisa hamil?

Setelah melakukan hubungan badan setiap hari, kamu mungkin dihadapkan pada kenyataan bahwa hasil test pack yang masih negatif. Kemudian, kamu mulai bertanya-tanya, 'Bukankah berhubungan badan setiap hari seharusnya meningkatkan peluang hamil?'

Nah, agar bisa menjawab rasa penasaranmu tentang berhubungan badan setiap hari apakah bisa hamil? Popmama.com akan berikan informasi lengkapnya sebagai tips agar kamu dan pasangan bisa segera punya bayi. Yuk, disimak!

Editors' Picks

Kesalahan yang Sering Dilakukan Pasangan saat Ingin Punya Anak

Kesalahan Sering Dilakukan Pasangan saat Ingin Pu Anak
Freepik/wayhomestudio

Saat kamu dan pasangan berada di usia 18-34 tahun dengan kondisi fertilitas yang sehat, maka seharusnya memiliki anak bukanlah suatu hal yang sulit dilakukan, bukan?

Namun, kenapa masih saja ada pasangan yang tidak bisa punya anak padahal kondisi kesehatannya baik? Nah, ternyata ada penjelasan medis dari dokter kandungan mengenai hal ini.

Steven Goldstein, M.D., seorang dokter kandungan sekaligus profesor di New York University, mengatakan bahwa banyak pasangan melakukan hubungan badan di waktu yang tidak tepat.

"Sejauh ini, alasan utama kenapa pasangan yang sehat tidak bisa punya anak adalah karena mereka berhubungan badan di waktu yang tidak tepat," terang Goldstein. "Biasanya ini karena mereka tidak menghitung masa subur dengan benar."

Bagaimana Cara Mengetahui Masa Subur Jika Siklus Menstruasi Tidak Normal?

Bagaimana Cara Mengetahui Masa Subur Jika Siklus Menstruasi Tidak Normal
Freepik/rawpixel.com

Jika siklus menstruasimu normal, maka perhitungan masa subur adalah 14 hari sebelum tanggal menstruasimu. Jadi, kamu harus rajin mencatat tanggal menstruasi setiap bulan untuk mendapatkan perhitungan akurat tentang masa suburmu.

Lalu, bagaimana jika siklus menstruasimu ternyata tidak normal? Katakanlah siklusnya 26-29 hari. Nah, jika kamu memiliki siklus seperti itu, maka perkiraan masa suburmu adalah 12-16 hari sebelum menstruasi berikutnya.

Sampai di sini apakah kamu cukup paham atau semakin pusing? Jika kamu kesulitan untuk menghitung kapan masa suburmu, kamu bisa mengunduh aplikasi pelacak masa subur atau menggunakan alat tes kesuburan yang bisa dibeli di apotek.

Jika masih tidak yakin juga, kamu bisa berkonsultasi ke dokter kandungan untuk dibantu menghitungkan kapan letak masa suburmu, sekaligus mengecek kesehatan rahim dan kesiapannya untuk mengandung buah hati.

Berhubungan Badan Setiap Hari Boleh Dilakukan, Asalkan...

Berhubungan Badan Setiap Hari Boleh Dilakukan, Asalkan...
Freepik/lookstudio

Setelah fertilitasmu dinyatakan sehat dan berhasil menghitung masa subur dari siklus menstruasimu, kamu bisa mulai melakukan hubungan badan dengan pasangan di waktu yang tepat.

Menurut dokter kandungan, melakukan hubungan badan di masa subur memiliki persentase kehamilan yang tinggi. Lalu, bolehkah berhubungan badan setiap hari? Jawabannya: boleh dan sangat direkomendasikan.

Namun, kamu sebaiknya melakukan hubungan badan di masa subur, ya. Berhubungan badan di luar masa subur memiliki persentasi kehamilan yang sangat rendah, jadi tidak direkomendasikan.

Jadi, semakin sering kamu berhubungan badan saat masa subur, maka semakin tinggi pula kemungkinan kamu bisa hamil. Namun, jangan jadikan hubungan badan ini sebagai pekerjaan atau tugas yang harus dilakukan demi mendapatkan bayi, ya.

Karena bagaimana pun, berhubungan badan sebaiknya dilakukan dengan penuh cinta dan kasih sayang, bukan sebuah tuntutan. Nah, jika kamu tidak nyaman melakukannya setiap hari, kamu dan pasangan bisa memberikan jeda agar gairah tetap terjaga.

Misalnya, jika masa suburmu berada di hari ke-12 hingga ke-16, kamu bisa berhubungan badan di hari ke-12, 14, dan 16. Menurut Goldstein, melakukannya setiap dua hari sekali saat masa subur pun tidak mengurangi kemungkinan kamu bisa segera hamil.

Nah, itu dia tadi penjelasan tentang berhubungan badan setiap hari apakah bisa hamil? Kamu dan pasangan bisa melakukannya setiap hari atau pun setiap dua hari sekali selama masa subur untuk bisa segera hamil. Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk