Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Cara Cepat Hamil, Perlu Dicoba!

Coba cara ini jika kamu dan pasangan sedang berjuang untuk mendapatkan momongan!

2 Desember 2022

10 Cara Cepat Hamil, Perlu Dicoba
Freepik/Jcomp

Kamu dan pasangan mungkin saat ini sedang sangat ingin punya momongan. Entah karena sudah lama menunggu, desakan keluarga, atau karena baru saja menikah dan tidak mau menunda punya momongan.

Kamu mungkin sudah banyak mendengar tips dan trik tentang bagaimana agar bisa cepat hamil. Namun, tahukah kamu kalau ada banyak cara sederhana yang bisa membuatmu cepat hamil?

Nah, berikut Popmama.com bagikan tipsnya untuk kamu agar cepat hamil. Apa saja?

1. Katakan selamat tinggal pada alat kontrasepsi

1. Katakan selamat tinggal alat kontrasepsi
https://www.honestdocs.id
Pil KB

Jika sedang menggunakan alat kontrasepsi, apa pun jenisnya, kamu harus segera menghentikannya. Sebab, semakin cepat kamu berhenti, semakin cepat pula siklus menstruasi kembali normal.

Alat kontrasepsi yang sifatnya hormonal biasanya mengandung estrogen dan progesteron, yang menghambat kehamilan karena menekan ovulasi atau mencegah implantasi. Karena itulah, akan butuh beberapa bulan sampai hormon kamu kembali normal.

2. Periksakan diri ke dokter kandungan

2. Periksakan diri ke dokter kandungan
Pexels.com/MartProduction

Kamu bisa mulai mengonsultasikan diri ke dokter kandungan atau bidan untuk mengetahui obat-obat apa saja yang sebaiknya kamu hindari jika sedang berusaha hamil.

Ini penting, apalagi untuk kamu yang harus mengonsumsi obat-obatan secara rutin setiap hari karena kondisi medis tertentu.

Selain itu, kamu dan pasangan bisa melakukan cek kesehatan, untuk melihat apakah kondisi kalian cukup sehat untuk bisa segera memiliki momongan.

Pemeriksaan yang mendalam pun bisa mengetahui apakah ada kondisi kronis yang akan menghambat usaha kalian dalam proses ini.

3. Berolahraga dengan benar

3. Berolahraga benar
Pexels/Andrea Piacquadio

Olahraga memang sangat baik untuk kesehatan, karena bisa menurunkan tekanan darah, meredakan stres, dan meningkatkan peredaran darah ke organ reproduksi, yang sangat penting saat sedang ingin hamil. Namun, jangan lakukan secara berlebihan.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa olahraga yang berlebihan bisa mengacaukan rencana kehamilan, apalagi ketika berat badan kamu sudah ideal.

Aerobik dengan tempo cepat seperti berlari atau bersepeda bisa merusak siklus menstruasi dan bahkan menghentikan ovulasi sementara waktu.

Nah, untuk mengetahui bagaimana olahraga yang tepat untuk kamu saat ini, kamu bisa mulai berkonsultasi dengan dokter. 

5. Jangan lewatkan makanan yang bisa memperbanyak jumlah sperma

5. Jangan lewatkan makanan bisa memperbanyak jumlah sperma
thespruceeats.com

Ada beberapa makanan yang bisa pasanganmu coba saat kalian sedang ingin punya momongan:

  • Tiram. Kandungan seng pada tiram mampu meningkatkan produksi sperma dan hormon testosteron. Namun jika pasanganmu tidak menyukainya, kamu bisa memintanya memakan daging sapi tanpa lemak, menu unggas, produk berbahan dasar susu, kacang-kacangan, atau telur. Namun di antara semua jenis makanan tersebut, tiram yang memiliki paling banyak konsentrasi seng di dalamnya.
  • Buah dan sayur. Buah dan sayur kaya akan vitamin dan bisa menjaga sperma dari kerusakan sel. Laki-laki bisa mendapatkan folat dari sayuran hijau, karena jika vitamin B dalam tubuhnya tidak terpenuhi bisa memiliki sperma dengan kromosom abnormal. Buah yang asam seperti tomat dan berries kaya akan vitamin C, yang bisa meningkatkan kualitas sperma. Wortel, paprika merah, dan aprikot kaya vitamin A, yang mencegah sperma menjadi lamban. Sementara itu, ubi kaya akan folat, serta vitamin A dan C.

  • Jus delima. Jus delima bisa meningkatkan jumlah dan kualitas sperma. Meski penelitian hanya dilakukan pada hewan, bukan berarti ini tidak memiliki pengaruh pada manusia. Jadi, tidak ada salahnya mengonsumsi jus delima setiap pagi.

Editors' Picks

4. Jangan asal pilih saat mengonsumsi lemak

4. Jangan asal pilih saat mengonsumsi lemak
Pexels/Huy Phan

Apa yang kamu makan akan memengaruhi usahamu saat ini. Makanan yang sehat akan membantu kesuburan dan menghasilkan bayi yang sehat. Nah, sebaiknya kamu dan pasangan pun harus mulai memperhatikan apa yang harus dimakan.

Lemak sehat seperti omega-3 bisa meningkatkan jumlah dan motilitas sperma. Kurangi juga konsumsi keripik dan makanan cepat saji.

Ya, sebab itu bisa mengacaukan ukuran dan bentuk sperma. Jadi, kamu bisa mulai mengonsumsi salmon, sayur hijau, dan kacang-kacangan.

6. Konsumsi vitamin untuk ibu hamil

6. Konsumsi vitamin ibu hamil
Pexels/JESHOOTS.com

Vitamin ibu hamil bisa menjadi jaminan untuk kesehatan kamu dan janin di masa depan. Penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi suplemen harian bisa mencegahmu dari risiko kelahiran prematur dan membantu perkembangan janin.

Penelitian lain juga menyebutkan bahwa perempuan yang mengonsumsi vitamin juga bisa hamil lebih cepat. Konsultasikan ke dokter mengenai vitamin apa yang cocok untuk kamu.

7. Tingkatkan konsumsi produk olahan sapi dan zat besi

7. Tingkatkan konsumsi produk olahan sapi zat besi
Pexels/Cats Coming

Selain makan makanan yang sudah disebutkan di atas dan mengonsumsi vitamin ibu hamil, kamu harus mengonsumsi banyak olahan sapi untuk mendapatkan banyak asupan kalsium. 

Penelitian menyebutkan bahwa dengan mengonsumsi satu porsi susu atau keju bisa membuat rahim kamu memroduksi sel telur yang sehat.

Jangan lupa untuk mengonsumsi dua porsi makanan tinggi zat besi setiap hari, seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, dan daging tanpa lemak agar tidak kekurangan darah. Anemia akan membuat siklus menstruasi berantakan, dan ini akan menjauhkan peluangmu untuk hamil.

8. Kurangi kafein, stop nikotin dan alkohol

8. Kurangi kafein, stop nikotin alkohol
Pexels/Dominika Roseclay

Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kafein dan alkohol bisa menghalangi usahamu untuk hamil.

Jadi jika ingin segera hamil, kamu sebaiknya membatasi asupan kafein menjadi 200 mg per harinya, atau sekitar dua cangkir saja.

Sementara untuk alkohol, baik kamu dan pasangan harus sama-sama menghindarinya. Begitu pula jika hobi merokok, sebab nikotin bisa menjadi perusak utama sel telur dan meningkatkan risiko keguguran jika kamu hamil nantinya.

9. Hindari stres yang berlebihan

9. Hindari stres berlebihan
Pexels/JESSICA TICOZZELLI

Penelitian menunjukkan bahwa stres yang berlebihan bisa menurunkan peluang hamilmu. 

Untuk mengatasi rasa khawatir, kamu bisa mulai dengan tidak bekerja berlebihan, mencoba kelas yoga atau zumba, mendengarkan musik, dan banyak berkomunikasi dengan pasangan.

Nikmatilah waktumu dan gunakan untuk ‘me’ time sebanyak mungkin. Sebab, saat kamu melahirkan nanti, kamu akan kesulitan punya waktu untuk dirimu sendiri.

10. Tidur dengan Cukup

10. Tidur Cukup
Pexels/Pixabay

Jika sedang berusaha hamil, sebaiknya kamu tidur tujuh hingga delapan jam setiap malam. Waktu tidur yang tidak teratur bisa memengaruhi siklus menstruasimu dan bisa menghalangimu untuk cepat hamil.

Nah, itu tadi cara cepat hamil. Semoga 10 tips di atas bisa membantumu dan pasangan mencapai tujuan untuk segera mendapat momongan, ya. Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk