TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Posisi Tidur setelah Berhubungan Seks agar Cepat Hamil

Ternyata ada posisi tertentu yang membantu proses pembuahan, lho!

7 November 2022

Posisi Tidur setelah Berhubungan Seks agar Cepat Hamil
Freepik/svetlanasokolova

Jika kamu sedang program hamil, kamu tentu paham bahwa di luar sana banyak sekali informasi tentang tips agar cepat hamil, mulai dari mengonsumsi makanan tertentu, mengonsumsi vitamin dan suplemen, hingga posisi seks.

Saat mengetahui informasi-informasi tersebut, kamu tentu tak sabar ingin mencoba tips yang belum pernah kamu lakukan dengan harapan bisa segera hamil. Namun, pastikan untuk memilah informasi dan mempercayai sumber terpercaya saja, ya.

Nah, kali ini Popmama.com akan membahas tentang posisi tidur setelah berhubungan seks agar cepat hamil. 

Apakah Posisi saat Berhubungan Seks Memengaruhi Peluang Kehamilan?

Apakah Posisi saat Berhubungan Seks Memengaruhi Peluang Kehamilan
Freepik

Meskipun di luar sana beredar berbagai informasi tentang bagaimana posisi seks yang mampu meningkatkan peluang kehamilan, namun para ahli tidak sepenuhnya setuju, lho.

Menurut para ahli, daripada memusingkan tentang posisi seks seperti apa yang harus dilakukan, ada baiknya pasangan fokus dan menikmati hubungan seks mereka.

Tidak ada salahnya juga mencoba bereksplorasi merasakan posisi-posisi seks lainnya saat sedang program hamil. Sebab, yang terpenting sebenarnya bukan posisinya, melainkan kapan waktu yang tepat untuk berhubungan seks.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Berhubungan Seks agar Cepat Hamil?

Kapan Waktu Tepat Berhubungan Seks agar Cepat Hamil
Freepik

Waktu yang tepat untuk melakukan hubungan seks agar cepat hamil adalah di saat masa subur. Jika siklus menstruasimu normal dan teratur, maka kamu bisa dengan mudah menentukan kapan harus berhubungan seks.

Para ahli pun tidak membatasi seberapa sering pasangan harus melakukan hubungan seks di masa subur. Jadi, kamu dan pasangan pun tidak masalah jika melakukannya setiap hari.

Lalu, bagaimana jika siklus menstruasi kita tidak teratur? Nah, kamu bisa menggunakan alat pelacak kesuburan yang bisa dibeli di apotek. Melalui alat tersebut, kamu bisa mengetahui dengan mudah, apakah sedang berada di masa subur atau tidak.

Bagaimana Posisi Tidur setelah Berhubungan Seks yang Bisa Meningkatkan Peluang Kehamilan?

Bagaimana Posisi Tidur setelah Berhubungan Seks Bisa Meningkatkan Peluang Kehamilan
Freepik/svetlanasokolova

Prime Fertility Center di Bangkok mengungkap alasan kenapa perempuan belum juga hamil padahal sudah sering berhubungan seks bahkan di masa suburnya.

Ternyata, salah satu alasannya sesederhana karena mereka tidak tetap terlentang di kasur setelah melakukan hubungan seks. Prime Fertility Center pun menjelaskan tentang pentingnya untuk tetap terlentang setelah berhubungan seks.

Saat baru saja masuk ke dalam vagina, sperma masih berbentuk cairan kental yang lengket dan masih belum bisa bergerak. Biasanya akan mulai berubah lebih cair setelah 15-30 menit dan kemudian ia bisa bergerak menuju dan membuahi sel telur.

Karena itulah, perempuan yang sedang program hamil direkomendasikan untuk tidur terlentang di kasur selama 15-30 menit dengan menggunakan bantal di area pinggul dan pangkal paha untuk memastikan sperma berada di tempat yang tepat.

Nah, itu tadi posisi tidur setelah berhubungan seks agar cepat hamil. Jika kamu sudah mencobanya dan belum juga hamil, segera konsultasikan dirimu dan pasangan ke dokter ahli fertilitas, ya. Semoga keinginanmu punya anak segera terkabul!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk