5 Hal Penting yang Bisa Buat Mama Segera Hamil

Berhubungan seks yang tepat bisa tingkatkan peluang kehamilan lho Ma

15 Desember 2018

5 Hal Penting Bisa Buat Mama Segera Hamil
Freepik/4045

Jika kamu dan pasangan sudah memiliki rencana untuk segera miliki keturunan, kamu pasti mulai mencari tahu tentang apa saja persiapan sebelum memasuki kehamilan.

Agar rencana kamu bisa berjalan sesuai harapan, sebaiknya Mama dan pasangan melakukan beberapa cara yang bisa mempercepat kehamilan.

Catat yuk Ma rangkuman Popmama.com tentang 5 persiapan kehamilan yang harus dilakukan Mama dan pasangan.

1. Mengetahui kalender ovulasi

1. Mengetahui kalender ovulasi
Unsplash/Brooke Lark
Ketahui kalender ovulasi

Jagalah jadwal menstruasi agar tetap teratur. Menstruasi yang teratur memudahkan kamu mengetahui waktu ovulasi atau masa subur. Masa subur adalah waktu terbaik untuk berhubungan intim agar mendapatkan kehamilan.

Siklus ovulasi perempuan pada umumnya yaitu hari ke-14 yang dihitung dari hari pertama menstruasi sebelumnya.

Popmama Tools: Ovulation Calculator

2. Berhubungan seks secara tepat

2. Berhubungan seks secara tepat
Freepik/teksomolika
Waktu berhubungan seks yang tepat

Ingin segera hamil bukan berarti melakukan hubungan seks dengan frekuensi tinggi. Hal tersebut justru bisa menurunkan kualitas dan kuantitas sperma laki-laki. Berhubungan seks yang baik adalah dengan mengatur jadwalnya, idealnya sehari dua kali dilakukan menjelang atau saat ovulasi.

Bagi calon papa, hindari mandi air panas sebelum making love karena akan menurunkan kualitas sperma. Posisi seks yang bisa dicoba untuk meningkatkan peluang kehamilan diantaranya misionaris.

Agar cepat hamil diperlukan penetrasi yang dalam agar sperma mudah mencapai mulut rahim untuk bertemu sel telur yang telah matang.

Editors' Picks

3. Jaga berat badan

3. Jaga berat badan
verywell.com
Menjaga berat badan agar cepat hamil

Bagi perempuan, berat badan mempengaruhi kesuksesan kehamilan. Penelitian membuktikan perempuan yang terlalu gemuk maupun terlalu kurus mengalami kesulitan untuk hamil. Alasannya adalah embrio sulit berkembang pada tubuh perempuan yang mengalami kegemukan.

Sebab lain menurut medis juga mengatakan bahwa perempuan dengan berat badan berlebih mengalami siklus haid yang tidak normal sehingga kesulitan dalam program kehamilan.

Sementara perempuan kurus justru lebih sulit hamil dibandingkan yang gemuk karena hormon estrogen yang rendah dan sulitnya embrio menempel pada tubuh. Hal ini disebabkan kurangnya gizi pada tubuh mereka untuk bereproduksi.

Maka jagalah berat badan mama di angka ideal yaitu pada rentan 18-25 Indeks Masa Tubuh dengan cara makan-makanan bergizi dan olahraga secara teratur.

Baca juga: 5 Alasan Olahraga Pagi Cocok untuk Menurunkan Berat Badan

Baca juga: 5 Artis yang Sukses Diet Menurunkan Berat Badan

4. Perbanyak konsumsi asam folat

4. Perbanyak konsumsi asam folat
Freepik/nensuria
Asam folat bisa didapat dari alpukat

Asam folat adalah asupan wajib bagi pasangan yang sedang menjalani program kehamilan. Kandungan nutrisi asam folat terbukti efektif meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma laki-laki.

Sedangkan pada perempuan, nutrisi asam folat efektif menutrisi indung telur sehingga menghasilkan sel telur berkualitas baik.

Makanan yang tinggi asam folat didapat dari buah-buahan dan kacang-kacangan seperti alpukat, pisang, bit merah, melon, strawberi, jagung, pepaya matang, brokoli, bayam, kubis, selada, tauge, kacang lentil, kacang almond, kacang hijau, dan kacang polong. Konsumsi juga suplemen asam folat untuk memenuhi asupan nutrisi agar mempercepat kehamilan.

5. Hindari stres berlebih

5. Hindari stres berlebih
Freepik/yanalya
Lakukan meditasi untuk menghindari stres

Stres merupakan hal yang paling harus dihindari jika calon mama dan calon papa sedang merencenakan kehamilan. Alasan medisnya adalah saat stres emosi perempuan tidak stabil sehingga mempengaruhi produksi hormon reproduksi seperti estrogen dan progesteron. Kedua hormon tersebut akan mempengaruhi siklus haid dan ovulasi.

Adapula pakar kesehatan luar negeri yang mengatakan saat perempuan stres muncul hormon kortisol. Hormon ini akan mengganggu metabolisme tubuh sehingga kerja organ-organ reproduksi menjadi tidak optimal.

Beberapa penyebab tadi tentu mengganggu siklus haid dan ovulasi, padahal keduanya adalah kunci dari pembuahan jika ingin hamil. Begitu juga dengan calon ayah jika mengalami stress, kemampuan sperma membuahi sel telur pun akan menurun.

Itulah tadi beberapa hal penting yang bisa membuat Mama segera hamil. Cobalah untuk memperhatikan hal di atas. Semoga perencanaan kehamilan mama bisa bisa berjalan dengan lancar ya.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!