TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Sayuran untuk Kesuburan Laki-laki dan Perempuan, Kaya Manfaat

Asupan wajib untuk pasangan yang segera ingin punya momongan

7 Juli 2022

10 Sayuran Kesuburan Laki-laki Perempuan, Kaya Manfaat
Pexels/Sam Lion

Kehamilan menjadi kabar yang sering dinantikan pasangan suami istri. Namun, tidak semua pasangan bisa langsung mendapatkan momongan setelah menikah. Dibutuhkan usaha dan kondisi kesuburan yang baik agar cepat hamil.

Salah satu cara yang biasanya dilakukan adalah dengan mengikuti program kehamilan (promil). Untuk mendorong terjadinya kehamilan, suami dan istri tentu harus berusaha meningkatkan kesuburan. 

Caranya, dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk kesuburan tubuh, seperti sayuran atau buah-buahan. Nah, apa saja sayuran untuk kesuburan laki-laki dan perempuan?

Berikut 10 sayuran untuk kesuburan laki-laki dan perempuan yang telah Popmama.com rangkum dari berbagai sumber. 

1. Brokoli

1. Brokoli
Pexels/Oliver Schulz

Hampir semua sayuran-sayuran hijau baik dikonsumsi perempuan yang ingin hamil. Apalagi sayuran hijau dengan warna yang gelap, seperti brokoli yang tergolong sayuran untuk kesuburan laki-laki dan perempuan.

Sayuran ini mengandung banyak vitamin B dan folat yang dapat meningkatkan ovulasi. Selain itu, asam folat dapat mengurangi risiko keguguran. Dalam program pengobatan infertilitas, folat terbukti dapat meningkatkan peluang kehamilan.

Kandungan diindolylmethane dalam brokoli juga menyeimbangkan kadar estrogen pada laki-laki.

Kamu bisa mengolah brokoli dengan beragam cara dan kreasi, seperti menumis, merebus, atau mengukus. Supaya menu masakan brokoli tidak membuat cepat bosan.

Selain itu, kamu juga dapat menyantap menu masakan brokoli bersama pasangan selama program kehamilan.

2. Bayam

2. Bayam
Pexels/Karolina Grabowska

Sama seperti brokoli, bayam adalah sayuran untu kesuburan laki-laki dan perempuan. Bayam mengandung kalsium, zat besi dan folat.

Nutrisi folat dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan ovulasi. Sehingga kesuburan kamu meningkat dan bisa segera hamil. Kandungan lain dalam bayam juga dapat mencegah terjadinya catat lahir pada janin. 

Untuk pengolahannya, kamu tidak perlu khawatir. Bayam mudah ditemukan di toko sayur atau pasar.

Cara memasaknya pun termasuk mudah. Hanya dimasak sayur bening saja, bayam sudah menjadi menu makanan yang nikmat.

Jadi, selain enak disantap, bayam berdampak positif bagi kesuburan kamu dan pasangan. 

3. Tomat

3. Tomat
Tomat/Nataliya Vaitkevich

Tomat juga tergolong sayuran untuk kesuburan laki-laki dan perempuan. Dilansir European Journal of Nutrition, tomat mengandung lycopene yang baik untuk kesuburan.

Kandungan lycopene di dalam tomat terbukti dapat meningkatkan kualitas sel sperma. Lycopene juga meningkatkan kemampuan gerak sperma. Sehingga sel ini bisa mencapai sel telur secepatnya agar terjadi pembuahan.

Tidak hanya itu saja, kandungan lycopene dapat menjaga bentuk sperma tetap normal. Sehingga, sperma terhindar dari kemungkinan kelainan.

Kelainan sperma sendiri berpengaruh besar tingkat kesuburan. Semakin baik kondisi sperma, maka keberhasilan pembuahan semakin besar peluangnya. 

Cara memasak tomat pun terbilang mudah dan bisa dikreasikan sesuai selera. Tomat bisa ditambahkan ke dalam sop ayam. Selain itu, tomat bisa dinikmati sebagai jus. 

4. Tauge

4. Tauge
Pixabay/규민 최

Dilansir International Conference on Public Health, dalam riset Effect of Green Bean Sprouts Extract on Sperm Quality among Mice Exposed with Monosodium Glutamate, tauge terbukti ampuh mengurangi kerusakan sperma akibat radikal bebas, seperti asupan MSG yang berlebihan.

Konsumsi MSG yang berlebihan dapat  mengurangi kadar hormon estrogen dan follicle-stimulating hormones (FSH) pada perempuan. Padahal, dua hormon tersebut bagus untuk kesuburan.

Tak heran apabila tauge menjadi sayuran untuk kesuburan laki-laki dan perempuan. 

Tauge memiliki kandungan nutrisi yang sebagian besar bagus untuk kesuburan. Dalam secangkir tauge, terdapat 3 gram vitamin C, 15% folat, 16% zat besi, 31 kalori, dan 6 gram karbohidrat.

Vitamin C dan folat sendiri efektfik meningkatkan kesuburan. Untuk program kehamilan, vitamin C, vitamin C, dan Zinc dapat menangkal radikal bebas. Sehingga, tubuh perempuan dan laki-laki dapat melakukan pembuahan dengan optimal.

Untuk laki-laki, vitamin C dan vitamin E dapat meningkatkan produksi jumlah sperma. Bahkan, dua vitamin tersebut dapat meningkatkan gerak sperma serta memperbaiki bentuk sperma.

Terlebih, pada dasarnya, vitamin C dan vitamin E pun secara umum memang mampu meningkatkan jumlah sperma serta memperbaiki gerakan dan bentuk sperma.

Editors' Picks

5. Kubis

5. Kubis
Pexels/Quang Nguyen Vinh

Sayuran untuk kesuburan laki-laki dan perempuan yang selanjutnya adalah kubis. Kandungan diindolylmethane di dalam kubis berguna untuk mengurangi pendarahan hebat.

Dalam program kehamilan, kubis disarankan untuk dikonsumsi karena mengurangi risiko endometriosis pada perempuan.

Endometrioisis merupakan jaringan yang persis seperti lapisan rahim. Namun, lapisan ini tumbuh di organ tubuh lain, seperti ovarium dan tuba fallopi. Lapisan ini mengganggu proses pembuahan. Sehingga menyebabkan perempuan sulit untuk hamil.

6. Asparagus

6. Asparagus
Pexels/Nataliya Vaitkevich

Asparagus bukan hanya sayuran untuk idet karena rendah kalori. Asparagus juga termasuk sayuran untuk kesuburan laki-laki dan perempuan. 

Banyak nutrisi yang terkandung dalam sayuran hijau ini, mulai dari asam folat, vitamin A, vitamin C, sampai vitamin K. Semua nutrisi tersebut ampuh meningkatkan kesuburan.

Asparagus dinilai sebagai sayuran penyubur kandungan lantaran rendah kalori dan mengandung banyak nutrisi penting yang dapat meningkatkan kesuburan.

Sayangnya, jenis sayuran cukup sulit didapatkan di Indonesia. Hanya toko-toko tertentu yang menjualnya. Kamu akan kesulitan mencari asparagus di pasar tradisional.

Hindari membeli asparagus kalengan karena banyak kandungan garam. Apabila terpaksa mengonsumsi asparagus kalengan, carilah produk yang rendah sodium, ya. 

7. Bit

7. Bit
Pexels/Chris F

Penyebutan bit sebetulnya masih jadi perdebatan. Beberapa orang mengira bit sebagai buah. Namun, tak sedikit orang yang menganggap bit sebagai sayuran atau umbi-umbian.

Terlepas dari penyebutannya, bit merupakan sayuran untuk kesuburan laki-laki dan perempuan. Fakta ini masih jarang diketahui.

Padahal, sayuran bit dapat meningkatkan alirah ke rahim. Sehingga, bit cocok untuk melancarkan proses pembuahan. 

Bit juga baik dikonsumsi selama perencanaan kehamilan atau masa kehamilan. 

8. Ubi jalar

8. Ubi jalar
Pixabay/Daniel Albay

Sayuran untuk kesuburan laki-laki dan perempuan berikutnya adalah ubi jalar. Kaya akan vitamin A, ubi jalar dapat melindungi dan menguatkan dinding rahim. 

Fungsi vitamin A lainnya adalah meningkatkan kesuburan laki-laki dan perempuan. Selain itu, ubi jalar dapat meningkatkan kemampuan organ reproduksi.

9. Kale

9. Kale
Pexels/Anna Guerrero

Bentuk kale mirip dengan bayam. keduanya pun memiliki kegunaan yang sama, yakni sayuran untuk kesuburan laki-laki dan perempuan.

Tinggi asam folat dan zat besi, kale merupakan sayuran tepat untuk program kehamilan. Kedua nutrisi tersebut dapat mencegah kemandulan.

Kamu bisa mengonsumsi kale sebagai salad sehat. Tambahkan sayuran lain agar nutrisi tubuh terpenuhi maksimal. Apabila ingin variasi masakan lain, kamu dan pasangan bisa mencoba keripik kale yang dipanggang.

10. Paprika

10. Paprika
Pexels/Polina Tankilevitch

Dilanisr Eat Right, paprika bermanfaat untuk meningkatkan ovulasi karena kaya zat besi. Selain itu, kandungan vitamin C dalam kale juga dapat menjaga kekebalan tubuh. Sehingga, tubuh tetap prima ketika masa pembuahan.

Berdasarkan kandungannya, paprika dipercaya sebagai sayuran untuk kesuburan laki-laki dan perempuan. Paprika juga terbilang enak dikonsumsi. Kamu dan pasangan tak perlu khawatir dengan rasanya. 

Itulah 10 sayuran untuk kesuburan laki-laki dan perempuan. Selama program kehamilan, sebaiknya kamu dan pasangan mengonsumsi jenis sayuran tersebut secara rutin.

Jangan lupa konsultasi asupan makanan pada dokter, ya. Supaya kamu dan pasangan mendapatkan rekomendasi makanan yang mendukung kesuburan.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk