8 Makanan dan Minuman Alami untuk Tingkatkan Kualitas Sel Telur Mama

Memilih asupan sehat juga membantu menjaga kesuburan, lho

7 Juli 2019

8 Makanan Minuman Alami Tingkatkan Kualitas Sel Telur Mama
Unsplash/Kelly Sikkema

Untuk meningkatkan peluang hamil, calon Mama perlu menjaga kesehatan. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi.

Selain membantu menyehatkan tubuh, tahukah Mama bahwa hal ini juga turut membantu meningkatkan kualitas sel telur?

Dikutip dari CBS News, sel telur perempuan adalah salah satu komponen penting dalam proses pembuahan dan ovulasi. Jika sel telur memiliki kualitas yang baik, peluang hamil Mama pun bisa meningkat.

Oleh sebab itu, saat Mama sedang dalam program hamil, memilih menu makanan dan minuman yang sehat pun bisa membantu mewujudkan impian Mama. 

Berikut 8 makanan dan minuman alami yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan kualitas sel telur seperti dirangkum Popmama.com:

1. Alpukat

1. Alpukat
Unsplash/Kelly Sikkema

Kandungan lemak tinggi dalam alpukat diketahui dapat membantu meningkatkan kualitas sel telur. Alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal (lemak baik yang dibutuhkan tubuh) yang membantu menjaga kesehatan organ reproduksi.

Selain enak, alpukat juga mudah dikonsumsi secara langsung. Mama juga bisa mengolahnya menjadi berbagai menu seperti dimasukkan dalam sandwich, salad atau bahkan dibuat menjadi jus segar.

2. Kacang-kacangan

2. Kacang-kacangan
Unsplash/Maddi Bazzocco

Kekurangan zat besi dalam tubuh dapat menyebabkan masalah dengan proses ovulasi. Untuk membantu mengatasi hal ini, Mama bisa memperbanyak konsumsi kacang-kacangan dalam makanan sehari-hari.

Kacang merupakan sumber zat besi, vitamin serta mineral lain yang penting untuk kesehatan kesuburan. Selain bisa dimasukkan dalam hidangan utama, kacang juga bisa Mama jadikan camilan yang praktis.

3. Buah kering

3. Buah kering
Unsplash/Maksim Shutov

Buah kering menjadi salah satu sumber protein, vitamin, dan mineral yang baik untuk kualitas sel telur. Salah satunya adalah kacang brazil alias brazil nuts.

Jenis kacang ini mengandung tinggi selenium, yakni mineral yang dapat mengurangi kerusakan kromosom pada sel telur. Selenium adalah antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan memungkinkan sel telur tetap berada dalam kualitas terbaik.

4. Biji wijen

4. Biji wijen
Unsplash/Charles

Biji wijen atau sesame seeds juga baik dikonsumsi saat program hamil karena kaya akan seng dan membantu produksi hormon yang bertanggung jawab untuk meningkatkan kualitas sel telur.

Selain itu, biji wijen juga kaya akan lemak tak jenuh tunggal. Biji wijen bisa mudah diolah dan dikonsumsi, salah satunya dapat ditambahkan ke dalam sereal dan salad sarapan Mama.

Editors' Picks

5. Buah-buahan beri

5. Buah-buahan beri
Unsplash/Debby Hudson

Dilansir Parenting First Cry, buah beri memiliki sifat antioksidan kuat yang diyakini mampu melindungi sel telur dari radikal bebas. Antioksidan juga mampu menjaga kualitas sel telur.

Buah beri bisa dikonsumsi langsung maupun dibuat menjadi minuman segar seperti smoothie. Selain itu, beri juga sangat cocok dicampur dalam sereal, yoghurt dan salad. Disarankan untuk makan setidaknya tiga porsi buah beri setiap minggu agar kesuburan tetap terjaga.

6. Sayuran berdaun hijau

6. Sayuran berdaun hijau
Freepik/Rawpixel.com

Mama doyan makan sayur? Yuk pilih sayuran berdaun hijau supaya sel telur tetap terjaga kualitasnya. Sayur seperti bayam dan kangkung tinggi akan folat, zat besi, mangan, kalsium, dan vitamin A.

Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, konsumsi setidaknya dua porsi sayuran hijau dalam makanan sehari-hari.

Sayuran berdaun hijau mudah diolah menjadi sayur kuah bening, ditumis atau bahkan dibuat menjadi smoothie, Ma.

7. Jahe

7. Jahe
Freepik

Jahe menjadi salah satu superfood yang bisa Mama konsumsi untuk mendapatkan manfaat bagi kesehatan. Termasuk bagi kesehatan sistem kesuburan dan sel telur.

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan kinerja organ pencernaan. Jahe diketahui dapat membantu meringankan masalah dalam sistem reproduksi, mengatur siklus haid dan mengurangi peradangan pada organ reproduksi.

Salah satu cara terbaik untuk memasukkan jahe dalam menu sehari-hari adalah dengan minum teh yang dicampur jahe.

8. Kayu manis

8. Kayu manis
Unsplash/Vanesa Conunaese

Tak cuma jahe, bahan alami lain yang juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga kualitas sel telur adalah kayu manis. Kayu manis dikenal mampu meningkatkan fungsi ovarium dan mendorong produksi sel telur yang tepat dengan merangsang resistensi insulin.

Perempuan yang didiagnosis dengan Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS) dapat menambahkan kayu manis ke dalam asupan sehari mereka. Seperempat sendok teh kayu manis dapat dicampurkan setiap hari baik dalam sereal atau ditabur di atas roti panggang kesukaan Mama.

Nah, demikian informasi tentang contoh makanan dan minuman alami untuk bantu tingkatkan kualitas sel telur Mama. Jangan lupa untuk juga banyak minum air putih supaya tubuh tetap sehat, Ma.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;