Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Saat Program Bayi Tabung

Tingkatkan peluang keberhasilan hamil dengan diet sehat, Ma

22 Mei 2019

Makanan Minuman Baik Dikonsumsi Saat Program Bayi Tabung
Freepik/Senivpetro

Ketika Mama saat ini sedang merencanakan hamil dengan menerapkan program bayi tabung, seperti IVF alias in fitro vertilization (IVF). Bayi tabung dilakukan dengan cara menggabungkan telur dan sperma di luar tubuh.

Kemudian, sel telur yang sudah dibuahi dan sudah dalam fase siap akan dipindahkan ke dalam rahim wanita. Begitulah penjelasan sederhana dari program bayi tabung.

Nah, saat menjalani program bayi tabung, diet sehat alias menerapkan pola makan sehat pun menjadi salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan.

Beberapa jenis makanan dan minuman tertentu diyakini dapat membantu meningkatkan peluang hamil dengan membuat tubuh lebih sehat. Asupan nutrisi pun dibutuhkan tubuh supaya lebih siap hamil.

Berikut Popmama.com rangkum rekomendasi makanan dan minuman yang baik dikonsumsi saat program bayi tabung:

1. Sumber zinc alami

1. Sumber zinc alami
Pexels/Pixabay

Salah satu aspek kunci yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi adalah kadar hormon yang tepat, sehingga membantu mengatur seluruh aktivitas di organ reproduksi secara efektif.

Setiap fluktuasi kadar hormon dalam tubuh Mama dapat menyebabkan ovarium berfungsi secara tidak menentu atau bahkan sel telur tidak diproduksi dengan benar.

Konsumsi sumber alami zinc pun dianggap baik karena dapat membantu menyeimbangkan level hormon. Oleh karena itu, selama program hamil ada baiknya Mama memenuhi kebutuhan zinc harian.

Mama bisa mendapatkan zinc secara alami dari produk susu, biji-bijian, kentang, dan kacang-kacangan, serta daging merah seperti daging sapi.

2. Karbohidrat

2. Karbohidrat
Pexels/Buenosia Carol

Mengonsumsi karbohidrat sehat dalam tubuh dapat membantu memasok sejumlah energi, yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas sepanjang hari.

Termasuk saat Mama sedang melakukan program bayi tabung, di mana tubuh juga memerlukan cukup asupan karbohidrat demi kelancaran program.

Oleh sebab itu, konsumsi karbohidrat secara alami dari buah-buahan dan biji-bijian dalam diet sehari-hari pun sangat baik dilakukan Mama saat sedang program bayi tabung. Sehingga tubuh pun memiliki energi yang cukup sepanjang hari, Ma.

3. Asam folat

3. Asam folat
Pexels/Zamani Sahudi

Tak cuma saat hamil, asam folat juga penting untuk dikonsumsi selama program hamil. Termasuk saat tengah menjalani program bayi tabung.

Ya, khusus saat program bayi tabung konsumsi asam folat dibutuhkan untuk memastikan bahwa embrio yang terbentuk sehat dan bebas dari gangguan perkembangan.

Mama bisa mendapatkan cukup asupan asam folat dari banyak sumber alami termasuk dari kacang polong, bayam, brokoli, kiwi, daging unggas, tahu, dan juga susu.

Editors' Picks

4. Lemak

4. Lemak
Pexels/Buenosia Carol

Penting bagi Mama untuk mengonsumsi jenis lemak yang tepat supaya tubuh tetap sehat dan terpenuhi kebutuhan nutrisinya. Salah satu jenis lemak yang sebaiknya dihindari adalah makanan dengan lemak trans. Termasuk dari gorengan dan fast food.

Sebaliknya, pilihlah jenis lemak yang sehat dan lemak tak jenuh karena dapat memberikan tubuh cadangan energi. Jenis lemak ini juga dapat memecah unsur-unsur nutrisi dari makanan dan memungkinkan tubuh lebih mudah menyerapnya.

Sumber lemak sehat bisa ditemukan di kacang-kacangan, jagung, minyak zaitun, dan minyak biji rami.

5. Alpukat

5. Alpukat
Pexels/Valeria Boltneva

Alpukat dikenal sebagai salah satu jenis buah yang sehat untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun tahukah Mama bahwa buah ini juga sangat baik dikonsumsi saat sedang program bayi tabung?

Banyak penelitian menunjukkan bahwa keberadaan lemak tak jenuh tunggal dalam tubuh perempuan saat program bayi tabung sangat penting. Nah, alpukat mengandung tinggi lemak tak jenuh.

Selain itu, mengonsumsi alpukat juga baik bagi Mama karena dapat menyehatkan dan melancarkan siklus ovulasi.

6. Makanan yang kaya protein

6. Makanan kaya protein
Pexels/Dana Tentis

Produksi hormon dalam tubuh Mama secara langsung atau tidak langsung memengaruhi perkembangan sel telur di indung telur. Proses ini pun bergantung pada konsumsi protein dalam tubuh.

Protein membantu menyediakan energi dan membantu dalam proses perkembangan sel dalam tubuh.

Sumber alami protein bisa didapat dari berbagai jenis seafood, daging, dan telur. Selain itu, protein juga bisa didapat dari kacang-kacangan.

7. Air putih

7. Air putih
Pexels/Daria Shevtsova

Air putih menjadi salah satu jenis minuman yang sehat dikonsumsi selama program bayi tabung. Biasakan untuk minum setidaknya minimal 8 gelas air per hari untuk membantu menyehatkan tubuh.

Kadar air yang cukup dapat membantu menjaga keseimbangan yang baik dari berbagai elemen di dalam tubuh, serta melancarkan sirkulasi tubuh.

Jadi, sebisa mungkin pilihlah air putih untuk membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh, ya. Bawa selalu botol air minum sendiri supaya tidak lupa untuk rutin minum air putih.

Demikian informasi tentang jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dikonsumsi saat program hamil. Tetap sehat ya, Ma!

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!