Manfaat Taoge untuk Kesuburan dan Kesehatan Reproduksi

Apakah Mama dan Papa doyan makan taoge?

5 Juli 2021

Manfaat Taoge Kesuburan Kesehatan Reproduksi
Freepik/Mrsiraphol

Untuk meningkatkan kesuburan dan mempercepat peluang kehamilan, makan makanan bergizi menjadi salah satu cara yang bisa Mama lakukan.

Beberapa makanan tertentu diketahui mengandung nutrisi baik yang dapat menyehatkan organ reproduksi. Tak cuma bagi tubuh Mama, nutrisi-nutrisi ini juga penting bagi Papa, lho.

Taoge adalah salah satu jenis makanan yang diyakini baik bagi kesuburan.

Makanan ini pun kerap banyak dikonsumsi oleh pasangan suami istri yang sedang melakukan program hamil.

Sebenarnya apa saja ya manfaat konsumsi taoge untuk kesuburan? Berikut Popmama.com rangkum informasinya untuk Mama.

Editors' Picks

1. Kandungan nutrisi taoge

1. Kandungan nutrisi taoge
Reps-id.com

Berwarna putih segar, taoge mengandung berbagai macam kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Misalnya seperti vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, serta vitamin E.

Selain itu, taoge juga mengandung banyak mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, kalium, serat, folat, asam amino dan protein.

Namun demikian, jika Mama memiliki riwayat masalah asam urat, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi taoge, ya. Ini karena taoge berasal dari kacang-kacangan yang jika dikonsumsi berlebihan dapat meningkatkan kadar asam urat.

2. Manfaat taoge bagi kesuburan

2. Manfaat taoge bagi kesuburan
Freepik/jcomp

Di balik bentuknya yang kecil, taoge memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh secara umum. Termasuk di antaranya untuk mencegah penyakit seperti kanker dan serangan jantung, menguatkan tulang, melancarkan pencernaan, serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Bagi Mama dan Papa yang sedang menjalani program hamil, konsumsi taoge pun sangat baik dilakukan secara teratur.

Dikutip dari Express UK, kandungan dalam taoge seperti serat dan protein baik bagi kesehatan kesuburan.

Untuk laki-laki, taoge diketahui memiliki kandungan vitamin E yang dapat membantu meningkatkan kualitas dan motilitas sperma. Jika sperma memiliki kualitas yang baik, peluang keberhasilan pembuahan ke sel telur pun kian meningkat.

Seperti diketahui, vitamin E adalah salah satu jenis antioksidan yang dapat melindungi sperma dari serangan radikal bebas. Dengan demikian, sperma pun menjadi lebih sehat dan berkualitas.

Sementara itu, bagi perempuan kandungan vitamin E dalam taoge dapat membantu mengurangi gangguan siklus haid dan gangguan menopause. Masalah-masalah tersebut diketahui dapat mengganggu kesuburan dan menurunkan peluang kehamilan.

Sebagai sumber antioksidan, vitamin E bagi Mama juga dapat membantu memperlambat proses penuaan dini dan mencegah kanker payudara.

3. Cara menyimpan dan mengolah taoge

3. Cara menyimpan mengolah taoge
Freepik/Foodiesfeed

Saat hendak membeli taoge, ada beberapa tips yang perlu Mama ketahui supaya bisa mendapatkan yang berkualitas baik. Dikutip dari Parenting First Cry, pilihlah taoge yang tampak segar dan berwarna putih cerah. Hindari memilih taoge yang tampak sudah layu, putih pucat dan berbau apek.

Setelah dibeli, segera olah taoge. Apabila masih ada sisa yang akan disimpan, segera masukkan ke dalam kulkas. Ingat ya, kulkas tempat menyimpan taoge juga harus dalam kondisi bersih. Simpan dalam wadah yang beralaskan tisu dan tutup rapat, maksimal disimpan selama 4-5 hari.

Apabila Mama ingin mengolah taoge, hindari mengonsumsinya dalam kondisi mentah, ya. Makan taoge mentah sering dikaitkan dengan beberapa risiko kesehatan, terutama saat Mama sedang program hamil atau sedang hamil di trimester pertama.

Menurut US Food and Drug Administration, tidak aman bagi ibu hamil dan perempuan yang sedang menjalani program hamil mengonsumsi taoge mentah.

Ini karena taoge mentah mengandung beberapa jenis bakteri, seperti Salmonella, Listeria, dan E. coli. Bakteri-bakteri ini dapat masuk ke biji kecambah melalui celah di kulitnya. Bakteri ini pun terus tumbuh dalam kondisi lembap. Jadi, meski tampak bersih, taoge yang masih mentah tetap berpotensi menimbulkan penyakit lho, Ma.

Khusus bagi ibu hamil, terutama di trimester pertama, bakteri-bakteri ini dapat menyebabkan efek yang sangat berbahaya. Salah satunya listeriosis, yang dapat menyebabkan keguguran, kelahiran prematur, dan infeksi pada janin.

Jadi jika Mama ingin makan taoge, pastikan taoge dimasak sampai matang sempurna. Ini supaya bakteri dalam taoge mati dan menghilangkan risiko infeksi bakteri. Jika dikonsumsi mentah atau setengah matang, bakteri bisa saja masih bertahan hidup, Ma.

Apabila Mama ragu, konsultasikan tentang konsumsi taoge ini dengan dokter, ya. Jangan lupa barengi juga makan makanan bergizi dengan gaya hidup sehat lain, seperti rutin berolahraga dan istirahat cukup.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk