Apa Manfaat Terong Ungu untuk Kesuburan? Yuk Intip Infonya, Ma!

Ada beberapa jenis makanan yang diyakini bisa membantu program hamil

21 Oktober 2019

Apa Manfaat Terong Ungu Kesuburan Yuk Intip Infonya, Ma
Pixabay/Peggychoucair

Pola makan sangat memengaruhi kondisi kesehatan tubuh seseorang, termasuk kesehatan kesuburan. Beberapa jenis makanan pun dianggap memiliki kandungan khas yang bisa membantu memperlancar program hamil.

Ini membuat beberapa orang kerap mencoba banyak mengonsumsi jenis-jenis makanan tersebut guna membantu menjaga kesuburannya.

Beberapa di antara jenis makanan yang diyakini baik bagi kesuburan yakni semangka, sayuran, daging ayam, susu, minyak zaitun dan kacang-kacangan.

Selain itu, terong ungu juga disebut-sebut memiliki manfaat untuk kesuburan. Seperti apa faktanya? Berikut Popmama.com rangkum informasinya untuk Mama.

1. Kandungan nutrisi terong ungu

1. Kandungan nutrisi terong ungu
Pixabay/Stokpic

Terong ungu sering dianggap sebagai sayuran, meskipun secara teknik lebih tepat disebut sebagai buah. Dilansir Healthline, ini karena terong ungu tumbuh dari tanaman berbunga dan mengandung biji.

Ada banyak varietas terong ungu yang bervariasi dalam ukuran dan warna. Tetapi yang paling populer adalah terong ungu.

Dikenal memiliki tekstur yang unik dan rasa yang enak, terong juga bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung banyak nutrisi. Terong ungu memiliki kandungan karbohidrat, serat, protein, mangan, folat, vitamin K dan vitamin C.

Terong ungu juga mengandung sejumlah kecil nutrisi lain seperti niacin, magnesium dan tembaga.

Selain mengandung berbagai vitamin dan mineral, terong ungu pun memiliki antioksidan dalam jumlah tinggi. Seperti diketahui, antioksidan adalah zat yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh zat berbahaya yaitu radikal bebas.

Penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan dapat membantu mencegah berbagai jenis penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker.

Nah, terong ungu kaya akan anthocyanin, sejenis pigmen dengan sifat antioksidan yang efektif melindungi sel terhadap kerusakan dari radikal bebas berbahaya.

Editors' Picks

2. Manfaat terong ungu untuk kesuburan

2. Manfaat terong ungu kesuburan
Pixabay/Marinatemebaby

Dikutip dari What Women Want, terong ungu termasuk dalam jenis-jenis makanan yang dapat menyehatkan kesuburan, sekaligus meningkatkan libido pada laki-laki maupun perempuan. Oleh sebab itu, terong ungu dianggap baik dikonsumsi saat sedang program hamil.

Sebuah studi terbaru di Mesir membuktikan bahwa terong ungu membantu mengatasi impotensi pada laki-laki. Konsumsi terong ungu juga membantu meningkatkan hasrat seksual pada laki-laki dan perempuan karena kandungan vitamin, mineral, dan antioksidannya yang tinggi.

Komponen nutrisi dalam terong ungu berperan merangsang ekskresi testosteron dan progesteron pada laki-laki maupun perempuan, yang keduanya sangat diperlukan untuk proses pembuahan.

Jadi, dapat dikatakan bahwa terong ungu dapat meningkatkan kesuburan, serta baik bagi stamina. Bahkan disebut-sebut terong ungu juga baik untuk mencegah kanker prostat.

Baca juga:

3. Cara memilih dan mengolah terong ungu

3. Cara memilih mengolah terong ungu
Pixabay/Feherandras

Untuk memilih terong ungu, pastikan Mama memilih kulitnya halus, mengkilap, dan dalam kondisi tidak banyak rusak.

Jika ingin menguji kematangannya, tekan dengan lembut menggunakan jari di permukaan kulit terong. Apabila meninggalkan bekas, tandanya terong sudah matang. Jangan lupa untuk memilih terong yang lebih kecil karena cenderung lebih manis.

Sementara itu, dikutip dari LA Times, untuk menyimpan terong ungu Mama dapat meletakkannya di suhu kamar selama 1-2 hari. Jika ingin disimpan lebih lama dari waktu tersebut, dinginkan, tetapi jangan terlalu lama. Pendinginan terlalu lama dapat membuat terong ungu cepat rusak.

Nah, untuk mengolah terong ungu, sebenarnya cara masak apapun bisa digunakan. Misalnya seperti digoreng, dibakar, dipanggang, dan bahkan dikukus. Masing-masing menghasilkan tekstur dan rasa yang berbeda, tetapi semuanya tetap akan terasa lezat, kok.

Itulah manfaat makan terong ungu bagi kesuburan. Apakah kamu dan pasangan juga suka makan terong ungu?

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!