Benjolan di Ketiak Saat Hamil, Berbahayakah?

Benjolannya semakin membesar, bahayakah?

12 Oktober 2019

Benjolan Ketiak Saat Hamil, Berbahayakah
pixabay/FotografieLink

Pada saat hamil, Mama pasti mengalami banyak perubahan kondisi tubuh. Mulai dari mood swing, tangan dan kaki membengkak, dan perubahan tubuh lain akibat aktivitas hormonal.

Salah satu perubahan yang sering Ibu hamil alami adalah pembengkakan pada bawah ketiak dekat dengan payudara. Terkadang pembengkakan ini membuat nyeri sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Namun, apakah benjolan atau pembengkakan ini berbahaya baik bagi Mama atau pun si Kecil?

Berikut Popmama.com telah merangkum penjelasan tentang benjolan tersebut.

1. Apa itu benjolan di ketiak saat hamil?

1. Apa itu benjolan ketiak saat hamil
pixabay/Pexels

Dalam tubuh seseorang, terdapat kelenjar getah bening yang berperan sebagai banteng pertahanan yang merespons kondisi-kondisi yang berpotensi merugikan tubuh.

Kelenjar ini akan membengkak sebagai bentuk pertahanan tubuh, pembengkakan inilah yang terjadi sebagai bentuk perubahan tubuh yang terjadi saat kehamilan.

Jaringan kelenjar susu sedang mempersiapkan diri untuk kelak menyusui si Kecil.

Editors' Picks

2. Kenapa bisa terjadi?

2. Kenapa bisa terjadi
pixabay/Greyerbaby

Seperti telah disebutkan, pembengkakan terjadi karena pembengkakan jaringan kelenjar susu yang berada dekat ketiak.

Benjolan ini sangat wajar dialami oleh Ibu hamil dan akan hilang secara berangsur-angsur ketika Mama menyusui bayi nantinya.

3. Apakah berbahaya?

3. Apakah berbahaya
pixabay/DigitalMarketingAgency

Di beberapa kasus memang Ibu hamil mengalami pembengkakan atau peradangan kelenjar getah bening. Biasanya pembengkakan akan mengempis dengan sendirinya seiring dengan berjalannya waktu.

Akan tetapi, di beberapa kasus ada juga yang menunjukkan gejala kanker. Atau memang cairan getah bening yang keluar ini membengkak karena infeksi bakteri, jamur, atau virus pada lengan atau payudara.

Konsultasikan dulu ke dokter jika Mama khawatir dengan pembengkakan yang terjadi.

4. Bagaimana cara penanganannya?

4. Bagaimana cara penanganannya
pixabay/WenPhotos

Bengkak biasanya diiringi dengan rasa sakit dan nyeri pada bagian tertentu baik itu di pusat bengkak atau di sekitarnya. Ibu hamil biasanya tidak dianjurkan minum sembarang obat karena khawatir memengaruhi kondisi janin.

Tapi, jika sakit dari bengkak itu mulai mengganggu, Mama bisa memijat ketiak, mengompresnya dengan air hangat, minum jus lemon, atau minum air perasan kunyit.

Lemon dan kunyit punya kandungan antiinflamasi yang bisa mengurangi dampak pembengkakan.

5. Adakah pengobatannya?

5. Adakah pengobatannya
pixabay/boristrost

Jika Mama memutuskan untuk menggunakan obat-obatan untuk meredakannya, jangan lupa konsultasikan terlebih dahulu ke dokter kandungan.

Biasanya dokter akan memberikan antibiotic, antivirus, atau antijamur. Hal ini untuk menghilangkan bakteri, virus, parasit, atau jamur.

Selain itu, dokter juga memberikan ibuprofen untuk menghilangkan nyeri dan demam. Obat yang diberikan pun khusus untuk Ibu hamil agar tidak membahyakan si Kecil.

Jadi, Ma, jika Mama sedang hamil dan mengalami benjolan di bawah ketiak, jangan terlalu khawatir ya. Hal itu wajar terjadi meski memang kadang rasa sakitnya cukup mengganggu dalam melakukan aktivitas.

Jika sudah begitu, jangan lupa konsultasikan ke dokter kandungan agar Mama tahu cara penanganan dan penyebabnya. Sehat selalu ya, Ma!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.