5 Jenis Vitamin yang Baik untuk Program Hamil

Untuk kesuksesan program hamil, perlu konsumsi vitamin juga, lho!

23 Juli 2021

5 Jenis Vitamin Baik Program Hamil
Pexels/mikhail-nilov

Memiliki anak merupakan tujuan dan harapan setiap pasangan yang telah menikah. Bahkan, banyak pasangan yang merencanakan program kehamilan untuk memiliki anak.

Banyak cara yang bisa dilakukan dalam program kehamilan. Salah satunya adalah menerapkan pola hidup sehat, baik dari makanan yang dikonsumsi dan rutin berolahraga, hingga berkonsultasi dengan dokter.

Untuk mendukung program hamil, Mama perlu memperoleh asupan nutrisi maupun vitamin yang baik untuk kesuksesan program hamil. Maka, Mama dianjurkan untuk mengonsumsi beberapa jenis vitamin, sehingga dapat membantu mempersiapkan tubuh sekaligus memberikan asupan nutrisi pada janin.

Menurut dr. Daud Kristianto, SpOG, Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan dari Mayapada Hospital Bogor BMC, menyebutkan ada beberapa jenis kandungan vitamin yang bagus untuk program hamil.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, berikut Popmama.com telah merangkumnya. Yuk kita simak, Ma!

1. Asam folat menjadi kebutuhan paling umum dalam promil

1. Asam folat menjadi kebutuhan paling umum dalam promil
Unsplash/Maddi Bazzocco

Asam folat merupakan vitamin B kompleks yang digunakan oleh tubuh untuk membuat sel darah merah.

Dilansir dari cdc.gov, asam folat sangat penting karena dapat membantu mencegah cacat lahir utama pada otak bayi (anencephaly) dan tulang belakang (spina bifida).

Jenis vitamin ini memiliki banyak manfaat untu program hamil lho, Ma. Asam folat bermanfaat untuk kesuburan dan kehamilan, serta baik untuk mencegah kelainan pada bayi.

Asam folat dapat ditemukan pada makanan kacang-kacangan, alpukat, jus jeruk alami, sayuran hijau, dan sereal.

Editors' Picks

2. Vitamin D yang dapat meningkatkan kualitas sel telur

2. Vitamin D dapat meningkatkan kualitas sel telur
Unsplash/Ramille Soares

Vitamin D berfungsi untuk meningkatkan kualitas dan produksi sel telur yang sehat. Selain itu, vitamin D juga dapat meningkatkan kemungkinan embrio tertanam dalam rahim, dan juga sebagai antioksidan.

Dilandir dari shadygrovefertility.com, vitamin D telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan. Bagi perempuan yang mencoba untuk hamil, vitamin D sangat baik bagi kesuburan dan membuat kehamilan yang sehat. 

Vitamin D diproduksi oleh tubuh ketika terpapar sinar matahari, dan juga dapat ditemukan dalam makanan sehat yang dikonsumsi. Misalnya susu, minyak ikan kod, salmon, hati sapi, dan sereal.

3. Vitamin C bisa meningkatkan kesuburan

3. Vitamin C bisa meningkatkan kesuburan
Unsplash/Sheraz Shaikh

Dikutip dari parents.com, vitamin C bisa meningkatkan penyerapan zat besi dan produksi progesteron. Untuk perempuan yang memiliki defek fase luteal, masalah yang ditandai dengan kurangnya progesteron, menambah vitamin C dalam konsumsi harian bisa  meningkatkan kesuburan. Pada laki-laki, vitamin ini membantu meningkatkan kesehatan dan motilitas sperma

Asupan vitamin C bisa didapatkan dari jeruk, mangga, stroberi, kacang polong, tomat, dan kentang.

4. Vitamin E mengatasi ketidakseimbangan hormon

4. Vitamin E mengatasi ketidakseimbangan hormon
Yummy/NaFitri

Salah satu fungsi vitamin E untuk program kehamilan adalah membantu menebalkan dinding rahim yang tipis. Ketebalan dinding rahim yang ideal memang penting bagi pembuahan dan kehamilan.

Selain itu, vitamin E juga dapat membantu mengatasi ketidakseimbangan hormon dan proses metabolisme yang lambat.

Selain dalam bentuk suplemen, vitamin E juga bisa didapatkan dari alpukat, ubi jalar, sayuran hijau, biji-bijian, kacang almond, dan kacang tanah.

5. Kolina meningkatkan kesehatan otak pada awal kehidupan janin

5. Kolina meningkatkan kesehatan otak awal kehidupan janin
Unsplash/Louis Hansel

Kolina sangat penting untuk meningkatkan kesehatan otak pada awal kehidupan janin. Selain itu, kolina juga bermanfaat untuk mencegah penurunan kognitif pada janin.

Namun, secara keseluruhan, kolina sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pada semua tahap kehidupan janin lho, Ma!

Kolina dapat diperoleh dari berbagai makanan, dan umumnya dalam bentuk fosfatidilkolin dari lesitin. Antara lain seperti hati sapi, telur, ikan kod segar, salmon, kembang kol, brokoli, dan minyak kedelai.

Itulah beberapa jenis vitamin dan makanan yang bagus untuk meningkatkan kesuksesan program hamil. Jangan lupa untuk tetap melakukan konsultasi kepada dokter ya karena setiap kondisi perempuan yang merencanakan kehamilan bisa saja berbeda satu sama lainnya. Semoga bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.