5 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Hamil Anak Kedua

Ingin punya anak kedua tetapi masih ragu? Lebih baik Mama cek persiapan sebelum hamil

20 Juni 2019

5 Hal Harus Dilakukan Sebelum Hamil Anak Kedua
Whattoexpect.com

Melihat anak pertama mulai tumbuh besar, tiba-tiba muncul keinginan Mama untuk memberikan Si Kecil adik. Tetapi masih ada beberapa hal yang membuat Mama ragu untuk memulainya. Mungkin Mama masih belum yakin untuk kembali menjalani kehamilan, atau sulit membayangkan bagaimana repotnya mengasuh dua anak?

Apa pun alasannya, kehadiran anak kedua memang perlu dipersiapkan dengan baik. Dilansir dari laman What to Expect, ada beberapa hal yang perlu Mama perhatikan sebelum memutuskan hamil anak kedua. 

1. Pulihkan ketahanan fisik

1. Pulihkan ketahanan fisik
Freepik/senivpetro

Setelah melahirkan kemarin, mungkin fisik Mama masih terasa ‘payah’. Hal ini wajar terjadi, mengingat tenaga yang dihabiskan untuk melahirkan dan mengasuh anak pertama cukup besar. Tubuh Mama membutuhkan waktu untuk memulihkan kondisinya pasca kehamilan dan kelahiran agar dapat berfungsi kembali dengan baik. 

Biasanya Mama membutuhkan waktu selama 1 hingga 2 tahun agar tubuh siap hamil kembali.

Coba kembalikan ketahanan fisik Mama dengan mulai berolahraga. Latihan fisik dapat mengembalikan kebugaran tubuh.

Namun, jangan langsung melakukan latihan yang terlalu berat. Pilihlah olahraga ringan terlebih dahulu, seperti banyak berjalan kaki, stretching, yoga, atau senam ringan.

Mama juga tidak perlu repot meninggalkan si Kecil ke luar rumah untuk mulai berolahraga. Cukup luangkan waktu 20-30 menit untuk senam di rumah agar Mama bisa tetap mengawasi si Kecil. Mama juga bisa meminta tolong orang terdekat di rumah untuk menjaga si Kecil.

Agar tidak repot, lakukan saat anak tertidur ya, Ma! 

2. Jaga pola makan

2. Jaga pola makan
Freepik/yanalya

Menyusui membuat Mama ‘kalap’ makan apa pun yang ada di depan mata. Tapi jika Mama memutuskan untuk kembali hamil anak kedua, ini waktunya untuk memperbaiki pola makan. Tidak jauh berbeda saat merencanakan kehamilan pertama, konsumsi makanan bergizi dan vitamin juga diperlukan sebelum hamil anak kedua.

Perbanyak konsumsi sayuran segar dan buah-buahan dalam menu makan Mama. Pilih juga makanan rendah lemak jenuh dan kurangi asupan gula tambahan.

Kacang dan biji-bijian juga membantumu meningkatkan asam folat yang baik bagi pertumbuhan janin nantinya. Selain itu, hindari makanan berpengawet dan junkfood ya, Ma! 

Editors' Picks

3. Mulai pemeriksaan medis

3. Mulai pemeriksaan medis
Pixabay/valeopardo

Temui dokter kandungan dan bicarakan soal keinginan untuk memiliki anak kedua. Mulai periksakan kondisi tubuh untuk mengetahui apakah Mama sudah siap hamil atau belum.

Cek juga apakah ada komplikasi yang Mama alami pasca persalinan, seperti diabetes, tekanan darah tinggi, atau masalah tiroid. Jika ada, tangani dahulu masalah kesehatan yang Mama alami hingga dinyatakan sehat.

Setelahnya, dokter gigi menjadi destinasi kedua setelah dokter kandungan. Mama pasti tahu bahwa kesehatan gigi dan gusi juga penting bagi kehamilan. Jadi, periksa lagi apakah kesehatan gigi kamu masih terjaga dan sehat.

Baca juga:

4. Persiapan keuangan

4. Persiapan keuangan
Freepik/schantalao

Selain kondisi fisik, keuangan menjadi satu hal yang perlu dipertimbangkan sebelum hamil anak kedua. Setelah kehadiran sang adik nanti sudah pasti biaya hidup keluarga juga akan bertambah.

Belum lagi memenuhi kebutuhan si calon kakak yang masih punya banyak keinginan.

Mama dan suami bisa mulai membuat anggaran untuk mempersiapkan kehadiran anak kedua nanti. Pertimbangkan apakah pendapatan keluarga cukup untuk memenuhinya. 

5. Apakah anak pertama Mama sudah siap menjadi kakak?

5. Apakah anak pertama Mama sudah siap menjadi kakak
Freepik/yanalya

Mama bisa sesekali menanyakan padanya, apakah anak Mama sekarang sudah siap memiliki adik? Buatlah si Kakak terbiasa dengan kehadiran bayi dengan mengajaknya berinteraksi dengan bayi lain yang ditemui dan lihat bagaimana reaksinya.

Perlahan, ajarkan juga si Kakak untuk mandiri, seperti membereskan mainannya sendiri atau membantu Mama mengambilkan sesuatu.

Itulah 5 hal yang perlu Mama perhatikan sebelum mempersiapkan kehamilan anak kedua. Catatan ini juga berlaku untuk persiapan hamil anak selanjutnya.

Baca juga:

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!